Ilustrasi seseorang yang overthingking (Dok:tribunnewswiki.com)

Waspada, Inilah Dampak Buruk Overthinking Bagi Kesehatan Tubuh

Dimas | Kesehatan | 24-05-2022

PARBOABOA, Jakarta - Istilah Overthingking mungkin sudah tidak asing lagi terdengar oleh masyarakat di zaman sekarang ini. Istilah itu sering digunakan untuk menggambarkan perilaku seseorang yang memikirkan segala sesuatu secara berlebihan.

Overthingking sendiri berasal dari kata “Over” dan “thingking” yang artinya berfikir secara berlebihan. Hal ini adalah kondisi dimana seseorang tenggelam dalam pemikiran di otaknya sendiri yang menghasilkan suatu kecemasan dan kekhawatiran pada diri sendiri.

Overthingking bukanlah jenis penyakit gangguan mental. Namun, bisa dikaitkan dengan gangguan kesemasan umum atau Generalized Anxiety Disorder (GAD). Overthingking bisa dipicu oleh adanya kekhawatiran akan suatu hal, mulai dari masalah sepele dalam kehidupan sehari-hari, masalah besar, hingga trauma akan kejadian dimasa lalu, yang membuat seseorang tidak bisa berhenti memikirkan dan selalu membayangkan hal tersebut.

Jika seseorang mengalami overthingking, biasanya ada gejala-gejala yang ditimbulkan, seperti sulit untuk tidur, selalu merasa lelah, tidak percaya dengan penilaian diri sendiri, merasa takut akan masa depan, serta sakit secara fisik.

Dampak Buruk Overthingking Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mempengaruhi Fungsi Otak

Overthinking ini bisa mempengaruhi fungsi dari otak. Hal ini disebabkan  oleh stres akibat overthinking. Kemudian, kristol bisa merusak dan membunuh sel-sel otak pada hipokampus.

Adapun overthinking yang kronis dapat merubah fungsi otak dengan mengubah struktur dan konektivitasnya. Hal ini, menyebabkan masalah mental, seperti gangguan kecemasan.

2. Mempengaruhi Sistem Pencernaan

Dampak buruk selanjutnya yakni bisa mempengaruhi sistem pencernaan. Sama seperti fungsi otak, hal ini juga disebabkan oleh stres akibat overthingking. Biasanya, masalah pencernaan seperti penyakit radang usus, sindrom iritasi usus besar, perubahan motilitas saluran cerna dan sekresi lambung, peningkatan permeabilitas usus dan perubahan mikrobiota usus, sering menyerang orang-orang yang mengalami stres akibat overthingking.

3. Mengganggu Fungsi Jantung

Rasa khawatir yang berlebihan, dinilai bisa mengganggu fungsi dari jantung. Biasanya, orang-orang dalam kondisi overthingking akan mengalami gangguan kardiovaskular seperti, munculnya rasa sakit di dada, takikardia, serta pusing.

4. Merusak Kesehatan Kulit

Overthinking secara terus-menerus, bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Kecemasan berlebihan memperburuk sejumlah gangguan kulit seperi psoriasis, dermatitis atopic, pruritus, alopecia, areata, dan dermatitis seboroik.

5. Meningkatkan Risiko Kanker

Seseorang dalam kondisi overthingking disebut memiliki risiko terserang kanker. Hal itu disebabkan oleh aktivitas konstan sumbu hipotalamus hipofisis adrenal yang merusak respons imun.

Cara Mengatasi Overthingking

1. Sadari Saat Mulai Berpikir Berlebihan

Kesadaran adalah langkah pertama untuk mengakhiri pikiran yang berlebihan. Perhatikan cara berpikir Anda, jika pikiran mulai mengulang-ulang suatu peristiwa, atau mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, sadari bahwa pikiran kita sedang tidak produktif.

2. Tantang Pikiran

Pikiran negatif memang menghanyutkan. Untuk itu, ketika Anda mulai memikirkan hal buruk yang belum tentu terjadi, segera sadari pikiran negatif ini. Kemudian, belajarlah untuk mengenali dan mengganti kesalahan berpikir tersebut sebelum hal itu membuat Anda stres.

3. Lakukan Mindfulness

Masa lalu tak mungkin bisa diulang. Memikirkan hari esok juga belum tentu terjadi dan hanya membuat kita terjebak dalam kecemasan. Untuk itu, cobalah berkomitmen untuk lebih fokus pada masa kini atau melakukan praktik berkesadaran (mindfulness).

4. Cari Pengalih Perhatian

Anda bisa mengalihkan overthingking dengan melibatkan diri untuk akivitas yang Anda sukai. Anda bisa mencoba mengalihkan overthingking dengan mempelajari keahlian baru, melakukan olahraga, atau menjadi sukarelawan di organisasi sosial.

Mungkin sulit untuk memulai sesuatu yang baru ketika Anda diliputi oleh khekhawatiran. Jika Anda mengalami overthingking, cobalah menyisihkah waktu sekitar 30 menit setiap hari untuk menuliskan hal-hal yang membuat Anda merasa cemas.

Kemudian, luangkan waktu untuk mencari solusi. tuk hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan (seperti reaksi orang lain terhadap suatu situasi), berusahalah untuk melepaskannya.

Demikianlah seputar informasi mengenai dampak buruk overthingking bagi kesehatan tubuh. Jika Anda mengalami overthingking, segera atasi dengan cara-cara diatas dan mulailah berfikir positif. Semoga Bermanfaat!

Tag : #overthinking    #stres    #kesehatan    #kesehatan tubuh    #kesehatan mental    #risiko kanker   

Baca Juga