Contoh Parkiran mobil di bawah terik sinar matahari langsung

Dampak Buruk Sering Parkir Mobil di Bawah Sinar Matahari

Sondang | Otomotif | 11-01-2022

PARBOABOA, Siantar – Memiliki mobil tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Namun bangga saja tidak cukup, kita harus tahu cara merawat mobil apalagi ketika memarkirkannya.

Untuk memarkirkan mobil, tidak boleh di bawah terik sinar matahari langsung. Sebab, panas dari sinar matahari dapat menimbulkan sejumlah kerusakan yang cukup serius pada mobil.

Inilah dampak buruk sering parkir mobil di bawah sinar matahari

1. Cat mobil memudar

Kerusakan yang paling cepat muncul jika keseringan parkir di bawah sinar matahari adalah cat mobil yang cepat memudar. Hal itu dikonfirmasi oleh Dealer Technical Support Department Head PT Toyota-Astra Motor (TAM), Didi Ahadi.

"Betul, cat mobil bisa pudar bahkan rusak bila terus terusan kena sinar matahari langsung. Terutama pada bagian atap dan kap mesin yang posisinya horizontal dan cukup lebar " ujar Didi.

Seiring berjalannya waktu, warna mobil akan semakin pudar bahkan kusam. Terlebih warna mobil putih yang perlahan-lahan bisa menguning.

2. Bodi plastik mobil kusam

Tidak semua bagian bodi mobil terbuat dari besi atau metal. Seperti panel bagian spion, cowl di bawah kaca mobil, sampai bagian over fender yang bisanya terbuat dari plastik.

Bagian-bagian ini tentu sangat rentan terhadap paparan sinar matahari langsung. Akibatnya, bodi plastik tersebut menjadi kusam dan rapuh.

"Kalau sering dijemur bisa bikin bodi plastik ini kusam dan rapuh," kata Didi.

3. Karet wiper rusak

Kemudian, karet wiper pada kaca mobil juga bisa rusak jika keseringan parkir di bawah sinar matahari. Suhu yang tinggi membuat karet kaca mobil naik hingga mengalami kelembaban dan elastisitasnya menurun.

"Karet wiper jadi mudah getas dan pecah-pecah saat suhu kaca mobil tinggi," jelas Didi.

Kondisi ini kemudian dapat membuat sapuan air di kaca mobil jadi tidak maksimal. Oleh karena itu, gunakanlah alat khusus untuk sedikit menggangkat karet wiper dari kaca mobil.

4. Kulit jok rusak

Selain itu, panas matahari juga berpengaruh ke bagian interior terutama jok moobil. Suhu yang tinggi dapat menyebabkan pembingkus jok yang bisanya terbuat dari kulit atau sintetis bisa mudah rusak.

"Panas ini yang membuat kulit jok jadi mudah pecah-pecah dan rusak," jelasnya lagi.

Didi Menyarankan untuk memakai chemical khusus yang dibuat untuk perawatan kulit jok.

Itulah sejumlah dampak buruk sering parkir mobil di bawah sinar matahari.

Tag : #otomotif    #perawatan mobil    #tips otomotif   

Baca Juga