Salah satu danau terdalam di dunia yaitu Baikal, Russia (travellink-indonesia.com)

5 Danau Terdalam di Dunia yang Buat Merinding sekaligus Takjub

Wulan | Internasional | 16-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Bicara soal danau terdalam di dunia, kira-kira apa yang muncul di benakmu?

Indonesia diketahui memiliki danau dengan kedalaman maksimum yang mencapai 600 meter, yakni Danau Matano di Sulawesi Selatan.

Namun, meski masuk kedalam kategori danau terdalam, kedalaman danau ini tidak ada apa-apanya dibandingkan 5 negara terdalam di dunia berikut ini.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan lengkapnya!

1. Danau Baikal, Russia (1.637 Meter)

Danau Baikal merupakan danau pertama terdalam di dunia. Terletak di Russia, kedalaman maksimum dari danau ini mencapai lebih dari 1 kilometer. Terlebih, danau ini merupakan danau tertua di dunia karena danau ini sudah ada sejak 25 juta tahun yang lalu. Selain itu, danau ini juga disebut sebagai danau paling produktif karena dapat menghasilkan 20% dari semua air tawar yang ada di bumi.

2. Danau Tanganyika (1.436 meter)

Danau Tanganyika adalah danau terdalam kedua di dunia. Danau air tawar ini terletak di Zambia, Burundi, Tanzania, dan Republik Demokratik Kongo. Danau Tanganyika merupakan danau yang relatif panjang dan sempit dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Sayangnya, praktik penangkapan ikan komersial modern sejak tahun 1950-an telah berkontribusi pada penangkapan ikan yang berlebihan.

3. Laut Kaspia, Eropa (1.025 Meter)

Meskipun airnya tidak tawar, Laut Kaspia disebut sebagai danau karena karakteristiknya yang dikelilingi oleh daratan. Atau lebih tepatnya, terdapat 5 negara yang mengelilingi danau yang satu ini, yakni Russia, Azerbaijan, Turkmenistan, Kazkhstan, dan Iran. Panjang Laut Kaspia hampir 750 mil (1.200 km), terbentang dari utara ke selatan. Sementara itu lebarnya rata-rata sejauh 200 mil (320 km). Soal kedalamannya, sangat beragam, yaitu sepertiga peraiannya di utara sangat dangkal dengan kedalamannya rata-rata sekitar 20 kaki (6 meter), sedangkan sepertiga lagi di bagian selatan kedalaman rata-ratanya mencapai 1.000 kaki (300 meter).

4. Danau Vostok (900 meter)

Berpindah ke Benua Antartika, Danu Vostok merupakan danau glasial terbesar di dunia. Kedalaman dari danau ini diperkirakan mencapai 1 kilometer dan air di dalamnya disebut sudah terisolasi selama 15 hingga 125 juta tahun. Rata-rata suhu dari danau ini adalah -3 derajat Celsius dan alasan mengapa danau ini masih berbentuk cair meskipun suhunya di bawah titik beku adalah karena pengaruh tekanan tinggi dari berat es.

5. Danau O'Higgins/San Martin (836 meter)

Danau terdalam kelima di dunia yaitu Danau O’Higgins/San Martin, terletak di daerah Andes Patagonian yang jarang penduduknya. Air di danau ini bersumber dari Gletsser O’Higgins yang mengalir dari arah barat. Daya tarik yang membuat danau ini memiliki karakteristik unik adalah warnanya yang sangat indah. Hal ini disebabkan oleh proses suspensi pada bebatuan yang ada di dalam danau tersebut.

Tag : #danau    #terdalam di dunia    #internasional    #danau terdalam di dunia    #danau baikal    #danau tanganyika    #laut kaspia   

Baca Juga