Danau Toba dan Keindahan alamnya

Danau Terindah di Indonesia, Wajib dikunjungi

rini | Daerah | 29-10-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Keindahan alam adalah satu kemewahan yang melingkari kehidupan masyarakat Indonesia. Ada banyak pulau, gunung, pantai dan danau yang dapat dikunjungi. Ada banyak sekali danau yang terbentuk secara alami dan memiliki daya tarik tersendiri di Indonesia. Berbeda dengan sungai dan laut, ketenangan air di danau seakan menghinoptis seseorang untuk mengunjunginya.

Meskipun kondisi pandemi saat ini, memang mengganggu aktivitas masyarakat yang ingin berwisata. Tapi demi kebaikan bersama para traveler memang lebih baik menahan diri dari bepergian.

Berikut beberapa danau terindah yang bisa dijadikan destinasi liburan setelah pandemi mereda:

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau yang terletak di Sumatera Utara ini telah dikenal hingga ke luar negeri. Danau dengan luas 100 km dan lebar 30 km ini tercipta dari letusan gunung Toba. Danau ini dilengkapi dengan pemandangan alam yang hijau, sejuk, dan asri.

Di tengah-tengah danau terdapat Pulau Samosir. Pulau tersebut masih sangat asri dan kental akan budaya tradisional masyarakat Batak yang mendiami pulau tersebut.

2. Danau Sentani, Papua

Danau terindah lainnya terletak di Bumi Papua. Danau ini memiliki luas 9.000 hektar dan meupakan danau terluas di Papua. Danau ini berlokasi di lereng cagar alam Cycloop dengan ketinggian 75 mdpl. Di danau ini terdapat 22 pulau yang ditempati masyarakat dari suku Sentani.

Danau Sentani memiliki sumber daya alam yang sangat kaya. Ada berbagai spesies ikan air tawar yang hidup di dalam danau ini. Beberapa di antaranya menjadi spesies endemik Sentani.

3. Ranu Kumbolo, Jawa Timur

Ranu Kumbolo adalah danau yang terletak di kaki Gunung Semeru dan berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Danau ini kerap disebu sebagai surga tersembunyi karena berada di ketinggian 2.390 mdpl. Untuk mencapai danau ini, pendaki harus melewati jalur pendakian yang cukup berat.

Warna air danaunya yang biru serta kabut yang menyelimuti area sekitar bukit membuat tempat ini sangat memukau mata para pengunjungnya. Ranu Kumbolo juga menawarkan keindahan pepohonan hijau dari atas bukit. Pemandangan matahari terbenam dan terbit di danau ini juga sangat memukau.

4. Danau Singkarak, Sumatera Barat

Danau Singkarak terletak di Sumatera Barat, danau ini memiliki luas 107,8 km². Danau Singkarak juga cukup dikenal di kalangan turis domestik, hal ini dikarenakan Danau Singkarak memiliki event tahunan yang berkelas internasional yang bernama Tour De Singkarak, yaitu ajang lomba balap sepeda yang diikuti oleh pembalap sepeda dari berbagai negara.

Danau ini menyajikan pemandangan alam tak kalah memukau. Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan ketika berkunjung ke danau ini, misalnya berenang, naik sampan, bahkan memancing.

5. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Danau Labuan Cermin merupakan salah satu Tempat Wisata mempesona yang terletak di Desa Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Propinsi Kalimantan Timur. Danau ini terkenal karena kejernihan air nya yang sangat bening. Bahkan ketika terdapat objek diatas danau tersebut nampak seperti diatas kaca, dan ranting ranting yang terdapat di dasar danau dapat terlihat sangat jelas sekali.

Ada keunikan tersendiri dari rasa airnya karena jika di permukaan danau rasa airnya tawar, sementara untuk air di bagian bawah Danau Labuan Cermin ini mempunyai rasa asin.

Tag : hiburan, danau terindah, danau toba, danau sentani, ranu kumbolo

Berita Terkait