Data KPAI diduga bocor

Data Komisi Perlindungan Anak Indonesia Bocor, Kok Bisa?

rini | Nasional | 21-10-2021

PARBOABOA, Jakarta - Database Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) diduga bocor, bahkan data-data tersebut telah dijual secara ilegal di situs RaidForumS oleh sebuah akun C77.

Pemilik akun tersebut menawarkan dua database yakni kpai_pengaduan_csv dan kpai_pengaduan2_csv pada 13 Oktober lalu. Untuk membuktikan keaslian isi database tersebut, pemilik akun memberikan beberapa sampel data pengaduan dari berbagai daerah di Indonesia.

Diduga data bocor tersebut merupakan data yang memuat identitas masyarakat yang pernah membuat pengaduan di KPAI, berupa nama, nomor identitas, kewarganegaraan, telepon, HP, agama, pekerjaan, pendidikan, alamat, email, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, provinsi, kota, dan usia.

Namun keaslian database tersebut belum dikonfirmasi, KPAI juga belum memberikan pernyataan mengenai kebocoran data tersebut. Jika memang benar, peretasan tersebut menjadi bukti lemahnya perlindungan data di instansi Indonesia.

Sebelumnya data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bocor juga diperjual belikan di situs RaidForums. Selain itu data Komisi Pemilihan Umum juga pernah bocor dan dijual di situs RaidForums.

situs RaidForums merupakan sebuah situs yang digunakan para hacker untuk memjual data yang berhasil diretas. Situs ini juga bisa dipalai oleh para hacker bertukar informasi mengenai peretasan.  

Tag : nasional, data kpai bocor, kpai, dijual di raidforums, akun c77, peretasan data

Berita Terkait