Derrek Muller, pemilik Kanal YouTube Veritasium Rela Menyewa Helikopter sungguhan demi memecahkan soal fisika

Demi Jawab Soal Fisika, Seorang YouTuber Rela Sewa Helikopter Sungguhan

Wanovy | Teknologi | 08-11-2021

Demi memecahkan rasa penasaran untuk selamanya, seorang YouTuber akhirnya menyewa helikopter sungguhan untuk mengetahui jawaban mana yang benar.

Pertanyaan viral itu sendiri muncul dalam ujian kualifikasi bagi Tim Fisika Amerika Serikat tahun 2014. Kunci jawaban dari pertanyaan ujian tersebut menunjukkan bahwa jawaban yang benar adalah D.

Namun banyak akademisi yang sanksi akan jawaban tersebut dan mempertanyakan kebenarannya, sehingga dimulailah perdebatan sengit yang tak kunjung usai hingga akhirnya kanal YouTube “Veritasium” melakukan eksperimen nyata menggunakan helikopter sungguhan.

Di awal video, Derek Muller, pemilik saluran YouTube bertema pendidikan bernama Veritasium itu membacakan pertanyaan untuk penonton.

“Sebuah helikopter terbang secara horizontal dengan kecepatan konstan. Sebuah kabel seragam yang sangat fleksibel tergantung di bawah helikopter.”

“Gesekan udara pada kabel tidak dapat diabaikan. Manakah dari diagram berikut yang paling menunjukkan bentuk kabel saat helikopter terbang di udara ke kanan?”

Sementara pilihan ganda dari pertanyaan itu adalah sebagai berikut:

A. Tali membentuk pola lurus ke bawah

B. Tali membentuk pola diagonal ke arah kiri

C. Tali membentuk pola melengkung ke arah kiri, mirip huruf "J"

D. Tali membentuk pola melengkung ke arah kanan, mirip huruf "J" terbalik E. Tali membentuk pola melengkung seperti huruf "S".

Dirinya pun mulai kebingungan tentang jawaban yang benar, alih-alih menggunakan alat tulis biasa seperti buku dan pena, Muller membuat kesepakatan sponsor untuk menguji skenario dan mengakhiri perdebatan ini untuk selamanya.

Saat helikopter sudah mengudara, tali tambang itu pun diturunkan hingga menjuntai ke bawah. Lalu, sesuai skenario yang disebutkan dalam soal, helikopter yang dinaiki Muller pun melaju ke arah kanan dengan kecepatan konstan.

Ternyata hasilnya, tali tambang membentuk garis lurus diagonal ke arah kiri. Maka dari itu, jawaban yang benar atas pertanyaan kontroversial ini adalah opsi "B".

Jawaban yang dihasilkan dari eksperimen Muller ini tepat sama persis seperti jawaban asli dari soal tersebut. Dalam lembar solusi yang diunggah di laman resmi American Association of Physics Teachers, (AAPT) pertanyaan nomor 19 itu memiliki jawaban benar "B".

"Karena jumlah gesekan udara sebanding dengan setiap titik panjang tali yang tergantung ke bawah helikopter, maka: kabel akan tergantung pada garis lurus diagonal," bunyi penjelasan dari AAPT.

Tak puas mendapatkan jawaban yang benar, Muller mencoba melakukan eksperimen lain pada tali tambang tadi, yakni dengan mengaitkan beban pada ujung talinya.

Apakah tali itu akan membentuk pola yang berbeda dari jawaban dari pertanyaan nomor 19? Jawabannya adalah, iya.

Pada skenario pertama, Muller mengaitkan bola besi (kettlebell) dengan bobot 9 kg pada ujung tali tambang.

Ternyata hasilnya, tali tambang terlihat membentuk pola huruf "J" terbalik. Dengan begitu, pilihan "D" menjadi jawaban paling tepat, dalam skenario pertama menggunakan beban kettlebell.

"Pola seperti ini terbentuk karena tali tambang bagian bawah harus menopang kettlebell, yang mana berat dan tidak banyak air resistance," kata Derek Muller.

Setelah melakukan eksperimen kecilnya, ia menemukan D adalah jawaban yang tepat.

Menurut kunci jawaban yang diposting di situs web Asosiasi Guru Fisika Amerika (AAPT), ada poin yang menyebut “harus ada komponen horizontal pada gaya di mana kabel menempel pada helikopter.”

Kendati begitu, Muller menunjukkan dalam eksperimennya bahwa jawabannya bisa saja berubah tergantung dengan benda yang melekat pada tali. “Anda bisa mendapatkan jawaban B, C atau D,” katanya.

Tag : derrek muller, fisika, helikopter, youtuber, veritasium

Berita Terkait