Kembali Beraksi, Densus 88 Berhasil Amankan Sejumlah Teroris

Kembali Beraksi, Densus 88 Berhasil Amankan Sejumlah Teroris

Sondang | Hukum | 09-11-2021

PARBOABOA, Surabaya - Densus 88 Antiteror Polri berhasil menangkap dua terduga teroris jaringan Jamaah Islamiyah di wilayah Jawa Timur pada Selasa (9/11). Dengan demikian, total ada lima terduga teroris yang ditangkap di wilayah tersebut.

"Telah ditangkap AN di Kecamatan Pare, Kediri, dan MA di Sumenep tadi siang sekitar pukul 11.32 WIB," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan, Selasa (9/11).

Ramadhan mengungkapkan, AN pernah terlibat sebagai fasilitator pengamanan madlubin atas nama tersangka J dan IR ke Jambi. AN juga menjabat sebagai pengasuh di LPDU (Lembaga Pemberdayaan Dana Umat) Baitul Hikmah Kediri dan terkoneksi CDR dengan A alias H.

Sementara itu, MA adalah Korda wilayah Sumenep-Madura. Ia juga pernah menjadi tuan rumah sekaligus peserta dalam pertemuan dengan Tim Laznah di kediamannya pada Juni 2020.

Sebelumnya, Densus juga telah menangkap tiga terduga teroris dari jaringan Jamaah Islamiyah (JI) di daerah beberapa di Jawa Timur, Selasa (9/11).

Mereka adalah BA yang ditangkap di Bojonegoro, AS ditangkap di Gresik, serta RH alias AH yang ditangkap di Kediri. Dalam penangkapan di Gresik, Densus menyita sejumlah bukti berupa 60-an buku tentang jihad, dari rumah AS.

Kepala Desa (Kades) setempat, Mardi Utomo membenarkan bahwa rumah AS sempat digeledah Densus 88 Polri.

"Sesuai apa yang saya lihat tadi, sekitar 60an buku yang disita, sepintas bacaan tentang Jihad, lalu ada tiga laptop," ucapnya.

Mardi mengatakan, AS selama ini dikenal bekerja sebagai tukang servis benda elektronik. AS juga diketahui kerap bersosialiasi dengan masyarakat.

"Petugas datang ke sini untuk menggeledah, ada dari Polsek Driyorejo dan Polres Gresik, kurang lebih 20an orang, pakaian polisi, sisanya pakaian preman," katanya.

Tag : #densus 88    #teroris    #jawa timur    #jamaah islamiyah   

Baca Juga