Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia

Deretan 5 Sungai Terpanjang di Indonesia, Cek Lokasinya

rini | Nasional | 03-11-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak kekayaan alam yang sangat banyak. Kekayaan hayati di laut, indahnya pemandangan dari gunung, danau, pantai. Indonesia juga mempunyai sungai dengan berbagai ukuran dari yang paling kecil hingga yang paling besar tersebar di seluruh nusantara.

Dari 5 sungai terpanjang di Indonesia, tidak satupun terletak di Pulau Jawa loh. Yuk intip lokasi sungai paling panjang di Indonesia:

1. Sungai Kapuas, Kalimantan Barat

Sungai kapuas memiliki panjang 1.143 kilometer. Sungai Kapuas melintasi sejumlah daerah, hulu sungai ini berada di Pegunungan Muller hinggat Selat Karimata. Di sekitar sungai ini juga banyak dihuni oleh Suku Dayak dan Melayu. 

Sungai Kapuas menjadi komponen utama penunjang aktifitas masyarkakat suku Dayak, selain sebagai sarana transportasi sungai Kapuas juga berperan sebagai sumber mata pencaharian nelayan sekitarnya. Sungai ini juga menjadi rumah bagi lebih dari 700 jenis ikan air tawar. Bahkan, 12 jenis ikan di antaranya merupakan ikan langka dan 40 jenis lainnya terancam punah.

2. Sungai Mahakam, Kalimantan Timur

Sungai terpanjang kedua juga terletak di Pulau Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Timur.  Sungai Mahakam mempunyai panjang 920 km. Aliran sungai ini bermuara di Selat Makassar.

Sungai Mahakam memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat di sekitar. Di antaranya, aliran Sungai Mahakam dimanfaatkan untuk jalur transportasi dan irigasi.  Selain itu, sungai ini juga menjadi rumah bagi mamalia air tawar yang terancam punah, yaitu pesut mahakam. Ada sekitar 140 spesies ikan asli Mahakam.

3. Sungai Barito, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan

Sungai Barito mengalir diantara Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Selatan. Air sungai ini akan mengalir dari hulu yang berada di Pegunungan Schwaner dan terus mengalir hingga bermuara di Laut Jawa dengan panjang 909 kilometer.

Di atas sungai ini terdapat pasar apung yang merupakan pasar tradisional dimana transaksi jual beli dilakukan di atas perahu. Selain itu, masyarakat juga memanfaatkan sungai untuk kegiatan mencari ikan.

4. Sungai Batanghari, Sumatera Barat

Sungai Batanghari berada di Kabupaten Solok, Sumatera Barat dan mengalir hingga Jambi. Panjangnya mencapai 800 kilometer. Sungai Batanghari mengalirkan air dari Gunung Rasan dan berakhir di Laut Cina Selatan. Hulu sungai ini berada di Gunung Rasan. Sebagian wilayah Sungai Batanghari termasuk dalam Kawasan Taman Kerinci Seblat.

Sebagian area Sungai Batanghari termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Sayangnya, aktivitas pertambangan dan eksploitasi hutan membuat alur sungai menjadi berubah.

5. Sungai Musi, Sumatera Selatan

Sungai musi terletak di Provinsi Sumatera Selatan dengan total panjang 750 km, hulu sungai terletak di Pegunungan Bukit Barisan dan bermuara di Selat Bangka.

Sungai ini membelah Kota Palembang menjadi dua wilayah. Sehingga dibangun Jembatan Ampera yang menghubungkan dua wilayah tersebut. Jempatan Ampera menjadi ikon Kota Palembang dan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang.

Sejak dulu, bahkan dari zaman Kerajaan Sriwijaya hingga saat ini, Sungai Musi terkenal sebagai sarana transportasi bagi masyarakat. Sehingga tidak heran jika di sana banyak kapal-kapal yang lalu lalang melintasi Sungai Musi.

Tag : nasional, sungai terpanjang indonesia, kapuas, mahakam, barito, batanghari, musi

Berita Terkait