Sejumlah aplikasi mengumumkan layanan mereka down akibat Gedung Cyber 1 di Kuningan, Jakarta Selatan terbakar pada Kamis (2/12) siang.

Deretan Aplikasi yang Down Akibat Kebakaran Gedung Cyber

Wanovy | Teknologi | 03-12-2021

Sejumlah aplikasi mengumumkan layanan mereka down akibat Gedung Cyber 1 di Kuningan, Jakarta Selatan terbakar pada Kamis (2/12) siang.

Gedung Cyber terletak di kawasan Mampang Prapatan, tepatnya di jalan Kuningan Barat Raya No 8, Jakarta Selatan. Sesuai namanya, Cyber menjadi gedung perkantoran yang paling cocok untuk jenis usaha digital.

Pasalnya, Gedung Cyber memang menjadi salah satu lokasi penyimpanan server atau data center sejumlah perusahaan teknologi di Indonesia.

Gangguan terhadap sejumlah aplikasi dan layanan ini pun banyak dilaporkan di media sosial Twitter. Salah seorang warganet bernama Daniel Tantra Wiratama, mendapati bahwa aplikasi saham IPOT dan Ajaib miliknya mengalami masalah.

Dalam sebuah tangkapan layar aplikasi Ajaib yang disertakan Daniel, tertulis notifikasi berbunyi "Mohon perhatian. Data center mengalami insiden kebakaran, sementara akan terjadi gangguan dalam bertransaksi".

Pihak perusahaan pun telah mengkonfirmasi bahwa aplikasi mereka terganggu karena kebakaran di data center.

Selain kedua aplikasi investasi tersebut, penyedia layanan web hosting Niagahoster dan Rumahweb serta game Ragnarok Online juga mengumumkan gangguan akibat kebakaran Gedung Cyber, yang menjadi tempat data center mereka.

Peristiwa ini juga dilaporkan membuat layanan M-Tix di aplikasi CinemaXXI juga tumbang. Pengguna tidak dapat melakukan top-up saldo dan pembelian tiket bioskop secara online. Sementara fitur lain seperti jadwal film dan informasi teater masih berfungsi dengan normal.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi dan layanan yang down akibat dampak dari peristiwa kebakaran tersebut:

1. Ajaib

2. Indo Premier Sekuritas atau IPOT (investasi saham)

3. Shopee (e-commerce)

4. Ragnarok Online (game online)

5. Niagahoster (web hosting)

6. Rumahweb (web hosting)

7. Antara (situs berita)

8. MTix di aplikasi CinemaXXI (tiket bioskop)

9. BeKind (blockchain)

Untuk diketahui, kebakaran yang terjadi di Gedung Cyber 1, Mampang, Jakarta Selatan saat ini sudah dalam pengamanan petugas kebakaran.

Berdasarkan penuturan saksi di lokasi, di Jl Kuningan Barat Daya Raya, Kamis (2/12/2021) api muncul di lantai dua gedung tersebut sekitar pukul 12.30 WIB.

Kebakaran ini menelan korban satu orang yang tewas. "Yang dua pingsan kalau satu kita duga meninggal. Dugaan sementara meninggal," kata Kasudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Helbert PL Gaol, di lokasi, Kamis (2/12/2021).

"Karena mengisap asap karena tidak ada luka bakar ataupun luka lain," ucapnya.

Dinas Penanggulangan Kebakaran & Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta telah mengerahkan 40 unit mobil damkar.

Tag : #gedung cyber    #kebakaran    #aplikasi    #down   

Baca Juga