Ilustrasi artis yang ikut ramaikan tren jual NFT: Luna Maya

Ikutan Tren NFT, Ini Deretan Artis dan Tokoh Indonesia yang Jualan NFT

Wanovy | Teknologi | 15-01-2022

PARBOABOA - Kehadiran Non-Fungible Token (NFT) memang memberikan kesempatan baru kepada para seniman untuk memonetisasi karya mereka dalam bentuk seni digital. Bahkan, sederet aris Indonesia juga ikut jual NFT.

NFT merupakan model baru transaksi aset secara digital dengan memanfaatkan blockchain, sistem serupa yang juga dipakai dalam transaksi Bitcoin dan kawan-kawannya. Bedanya, NFT bukanlah alat transaksi dan hanya berperan sebagai aset tunggal yang tidak bisa diduplikasi.

Seperti kita tahu, NFT kini sedang naik daun di Indonesia terlebih setelah kemunculan Ghozali Everyday. Pemuda berusia 22 tahun ini kaya mendadak usai foto selfienya sejak 2017-2022 laku keras di OpenSea, platform perdagangan atau marketplace NFT terbesar di dunia.

Namun sebelum nama Ghozali mencuat, ternyata sejumlah tokoh dan artis Tanah Air telah lebih dulu mencoba jualan NFT.

Berikut ini beberapa publik figur Indonesia yang sudah mulai menjual karyanya dalam bentuk NFT yang dikutip dari berbagai sumber.

Berikut ini sederet artis Indonesia jual NFT di Open Sea dengan harga fantastis:

1. Luna Maya

Pada Juni 2021 lalu, aktris Luna Maya digandeng kreator NFT asal Jepang, Tokau untuk meluncurkan karya digital dalam jumlah terbatas, yaitu 10 item.  Aset NFT tersebut lantas dijual melalui salah satu platform NFT populer, Bakery Swap.

Selain di sana, aset NFT Luna Maya juga dijual di platform NFT lainnya seperti Binance. Di Binance, karya NFT buatan Tokau berjudul "Luna Maya 'Queen of the Moon'" dijual dengan harga mulai dari 5 Binance Coin (BNB) atau sekitar Rp 34 juta.

2. Syahrini

Dikenal sebagai artis papan atas dengan kehidupan yang serba mewah, Syahrini ternyata menaruh perhatian pada trend jual beli NFT tersebut. Syahrini menjual NFT pertamanya yang berjudul "Syahrini's Metaverse Tour".

Tidak hanya satu, ada 17.800 unit aset NFT yang dijual Syahrini melalui platform NFT Binance, yang masing-masing dibanderol dengan harga 20 Binance USD (BUSD) atau sekitar Rp 286.000.

3. Anang Hermansyah

Penyanyi senior Anang Hermansyah pada akhir tahun 2021 kemarin juga mengungkapkan keinginannya untuk menjual NFT. Kabarnya, ia bakal menjual NFT salah satunya yang berhubungan dengan perjalanan karier hingga kehidupan personal. Suami Ashanty ini mengaku mengenal NFT dari CEO IDM Co-Op MC Basyar.

4. Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diketahui telah membuat akun NFT di OpenSea pada November 2021. Tujuannya, NFT tersebut bisa menjadi bursa bagi karya seni digital dari pelaku ekonomi kreatif (ekraf) untuk menjangkau pasar global.

Dia mengaku sudah melakukan uji coba dengan menjual karya lukisan dari seniman bernama Solihin asal Bandung. Ridwan Kamil sendiri selain dikenal sebagai pejabat daerah juga dikenal sebagai arsitek dengan karya-karyanya yang luar biasa.

5. Arnold Poernomo (Chef Arnold)

Mulai menggali pengetahuan sejak tahun 2017 mengenai aset kripto, Arnold Poernomo atau yang akrab disapa Chef Arnold menjadi salah satu selebritas tanah air yang ikut terjun ke dunia cryptocurrency.

Juri salah satu kompetisi memasak terbesar di Indonesia ini diketahui mengelola lima koin digital, antara lain, Ethereum (ETH), Binance (BNB), Polkadot (DOT), dan Enjin (ENJ) dan Zipmex (ZMT).

Di samping itu, pria yang berkolaborasi dengan anak Presiden RI, Joko Widodo, dalam bisnis kuliner tersebut juga menjadi salah satu pesohor dunia hiburan tanah air yang memiliki minat pada NFT. Ketertarikannya kepada NFT ditunjukkan oleh pria kelahiran tahun 1988 itu dengan memasang salah satu NFT bergambar monyet (kongz) sebagai foto profil akun Twitter-nya di @ArnoldPoernomo.

6. Kevin Susanto

Melalui akun Instagram @kevinsusanto, mantan artis cilik ini juga rutin membagikan koleksi NFT miliknya, salah satunya adalah Monkey Kingdom NFT. Pria berusia 28 tahun ini juga membubuhkan “NFT Enthusiast” di bio Instagram-nya tersebut.

Sebagai informasi, Kevin adalah pengusaha sekaligus pendiri beberapa perusahaan start-up, seperti EnviGo!, Goola, dan Gaaram. Dalam kariernya sebagai artis cilik, ia diketahui menyanyikan lagu rohani Kristen dan sudah merilis sebanyak 16 album.

7. Denny JA

Di samping artis, pengusaha dan penulis buku kenamaan Denny Januar Ali (JA) juga menjual lukisan tentang dirinya yang berjudul "A Portrait of Denny JA - 40 Years in the World of Ideas" pada 16 April 2021 lalu.

Bukan hanya sekadar gambar digital, lukisan yang menyerupai wajah Denny ini dirancang berdasarkan 102 sampul buku karya Denny JA yang ia tulis selama 40 tahun berkarya. Adapun pelukisnya adalah Galam Zulkifli.

Denny menjual lukisan tersebut melalui platform OpenSea dengan akun Studio-DennyJA. Beberapa hari kemudian, tepatnya pada 22 April 2021 lalu, lukisan tersebut ditawar dan berhasil dibeli oleh AlanLoe-JR dengan harga 27,5 WETH atau sekitar Rp 1 miliar.

8. Bumilangit

Bumilangit resmi meluncurkan karya seni digital berbasis teknologi blockchain, NFT melalui karakter Gundala dan Sri Asih pada Desember 2021.

Dalam unggahan di Instagram @gundalaofc pada 21 Desember 2021, disebutkan karya NFT Bumilangit ini berbentuk video/GIF/image dari masing-masing superhero. Hak milik tiap unit NFT ini akan dimiliki oleh satu pembeli saja.

"NFT sekarang jadi sebuah barang koleksi digital sekaligus asset yang bisa diperdagangkan. Buat kamu yang sudah punya asset crypto berupa Etherium bisa membeli NFT Bumilangit di https://opensea.io/BumilangitDigital," tulis akun Instagram @gundalaofc dikutip detikcom Selasa (4/1/2022).

Nah, itulah sederet artis dan tokoh Indonesia yang ikut meramaikan tren NFT.

Tag : #kripto    #nft    #ghozali everyday    #artis    #jual nft   

Baca Juga