Rapor Pemain Indonesia Selama Fase Grup Piala AFF 2020 (Foto:PSSI)

Deretan Pemain Timnas Indonesia dengan Rapor Tertinggi pada Fase Grup Piala AFF 2020

Michael | Sepakbola | 21-12-2021

Parboaboa.com – Nama pemain PSS Sleman, Irfan Jaya berhasil mencuri perhatian. Dia menjadi pahlawan kemenangan Timnas Indonesia atas Malaysia dengan skor 4-1 pada pertandingan pamungkas kedua tim di Grup B Piala AFF 2020 hari Minggu (19/12/2021).

Irfan Jaya mencetak dua gol dan satu assist pada kemenangan ini. Selain dua gol dan satu assist tersebut, Irfan Jaya juga tidak kenal lelah memberikan ancaman bagi lini pertahanan Harimau Malaya-julukan Timnas Malaysia.

Melansir laman Lapangbola, penampilan Irfan Jaya pada pertandingan ini diganjar nilai 8,47. Bagi Irfan Jaya, poin ini menjadikannya sebagai salah satu pemain Timnas Indonesia dengan rating tertinggi pada fase grup AFF 2020.

Secara rata-rata, pemain kelahiran 1 Mei 1996 tersebut mendapat nilai 6,98 untuk penampilannya pada fase grup. Selain Irja, ada sejumlah pemain lain yang juga mendapat rating tinggi pada fase grup AFF 2020.

Siapa para pemain tersebut? Berikut sepuluh di antaranya yang kami kutip dari sumber terpercaya.

Irfan Jaya

Irfan Jaya menempati posisi puncak dalam daftar sepuluh penggawa Timnas Indonesia dengan rating tertinggi sepanjang fase grup Piala AFF 2020. Dalam empat penampilannya pada fase grup, Irfan mendapat nilai rata-rata 6,98.

Irja -sapaan karib Irfan Jaya- menjadi pilihan utama di sektor sayap Timnas Indonesia. Dalam 288 menit bermain, ia mencetak tiga gol dan dua assist. Irja pun mencatatkan 57 umpan akurat. Selain itu, pemain PSS Sleman tersebut juga mencetak tiga tackle sukses dan enam sapuan.

Pratama Arhan

Urutan kedua dalam daftar sepuluh penggawa Timnas Indonesia dengan rating tertinggi sepanjang fase grup Piala AFF 2020 ditempati Pratama Arhan. Pemain 19 tahun tersebut mendapat nilai rata-rata 6,92 untuk tiga kali penampilannya pada fase ini.

Dalam fase grup, Arhan tampil tiga kali sebagai starter. Sementara, pada satu pertandingan sisanya, ia absen karena kurang fit. Dalam 221 menit bermain, ia mencetak satu gol dan dua assist. Selain itu, Arhan juga mencatatkan 47 umpan akurat. Pemain PSIS Semarang ini juga kokoh dalam bertahan dengan catatan empat tackle sukses, dua sapuan, satu blok, dan tiga intersep.

Evan Dimas Darmono

Di peringkat ketiga dalam daftar sepuluh penggawa Timnas Indonesia dengan rating tertinggi sepanjang fase grup Piala AFF 2020 ada nama Evan Dimas. Pemain 26 tahun tersebut mendapat nilai rata-rata 6,71 untuk empat kali penampilannya pada fase ini.

Dalam fase grup, Evan dua kali tampil sebagai starter dan dua kali sebagai pengganti. Dalam 221 menit bermain, ia mencatatkan dua gol dan dua assist. Ia memiliki catatan umpan akurat sebesar 116 dan dua dribble sukses. Selain itu, pemain Bhayangkara FC tersebut juga mencatatkan dua tackle sukses dan satu intersep.

Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam menempati posisi empat dalam daftar sepuluh penggawa Timnas Indonesia dengan rating tertinggi sepanjang fase grup Piala AFF 2020. Pemain 22 tahun tersebut mendapat nilai rata-rata 6,69 untuk empat kali penampilannya pada fase grup ini.

Sepanjang fase grup, Asnawi menjadi pilihan utama mengisi posisi fullback kanan Skuad Garuda. Dalam 340 menit bermain, ia mencatatkan satu gol dan lima umpan kunci. Pemain Ansan Greeners tersebut juga mencatatkan 40 tackle sukses, delapan sapuan, satu blok, dan tiga intersep.

Rachmad Irianto

Posisi lima dalam daftar sepuluh penggawa Timnas Indonesia dengan rating tertinggi sepanjang fase grup Piala AFF 2020 ditempati Rachmat Irianto. Pemain 22 tahun tersebut mendapat nilai rata-rata 6,56 untuk empat penampilannya pada fase grup ini.

Pada fase grup, Rian tampil tiga kali sebagai starter dan sekali sebagai pengganti. Dalam 256 menit bermain, ia mencetak dua gol. Selain itu, Rian juga mencetak delapan assist, empat sapuan, tiga blok, dan lima intersep. Pemain Persebaya tersebut juga mencatatkan 97 umpan akurat dan satu dribble sukses.

Witan Sulaeman

Di peringkat keenam dalam daftar sepuluh penggawa Timnas Indonesia dengan rating tertinggi sepanjang fase grup Piala AFF 2020 ada nama Witan Sulaeman. Pemain 20 tahun tersebut mendapat nilai rata-rata 6,48 untuk empat penampilannya pada fase grup ini.

Pada fase grup, Witan tampil sekali sebagai pengganti dan tiga kali sebagai starter. Dalam 304 menit bermain, ia mencatatkan satu gol dan dua assist. Selain itu, pemain Lechia Gdansk tersebut juga mencatatkan akurasi umpan sebesar 76,5 persen.

Rizky Ridho

Rizky Ridho menempati urutan ketujuh dalam daftar sepuluh penggawa Timnas Indonesia dengan rating tertinggi sepanjang fase grup Piala AFF 2020. Pemain 20 tahun tersebut mendapat ponten rata-rata 6,45 untuk dua kali penampilannya pada fase grup ini.

Pada fase grup, Rizky tampil dua kali sebagai starter. Dalam 181 menit bermain, ia mencatatkan satu tackle sukses, tujuh sapuan, tiga blok, dan enam intersep. Selain itu, penggawa Persebaya Surabaya tersebut juga mencetak satu umpan kunci.

Nadeo Argawinata

Urutan kedelapan dalam daftar sepuluh penggawa Timnas Indonesia dengan rating tertinggi sepanjang fase grup Piala AFF 2020 ditempati Nadeo Argawinata. Dalam dua kali penampilannya, kiper 24 tahun tersebut mendapat nilai rata-rata 6,37.

Pada fase grup, Nadeo dua kali tampil sebagai starter. Dalam 180 menit bermain, kiper Bali United tersebut mencatatkan tiga kali penyelamatan dan sekali kebobolan. Selain itu, Nadeo juga mencatatkan tiga sapuan sepanjang mengawal gawang Skuad Garuda pada fase grup ini.

Fachruddin Aryanto

Di posisi sembilan dalam daftar sepuluh penggawa Timnas Indonesia dengan rating tertinggi sepanjang fase grup Piala AFF 2020 ada nama Fachruddin Aryanto. Pemain 32 tahun ini mendapat nilai rata-rata 6,36 dalam tiga kali penampilannya pada fase grup.

Fachruddin dua kali tampil sebagai starter dan sekali sebagai pengganti. Dalam 199 menit tampil, ia mencatatkan satu tackle, enam sapuan, tiga blok, dan lima intersep.

Alfeandra Dewangga

Alfeandra Dewangga menempati peringkat kesepuluh dalam daftar sepuluh penggawa Timnas Indonesia dengan rating tertinggi sepanjang fase grup Piala AFF 2020. Pemain 20 tahun tersebut mendapat nilai rata-rata 6,33 untuk empat kali penampilannya pada fase grup ini.

Dewangga menjadi pilihan utama Shin Tae Yong pada fase grup ini. Pemain PSIS Semarang ini membalasnya dengan penampilan solid. Dalam 360 menit tampil, ia mencatatkan empat tackle sukses, 15 sapuan, tiga blok, dan 16 intersep.

Selain itu, ia juga memiliki kemampuan bagus dalam melepas umpan. Ia mencatatkan 144 umpan sukses dengan akurasi sebesar 80 persen.

Lihat juga video selengkapnya di Youtube Parboaboa.

Tag : #timnas indonesia    #piala aff 2020   

Baca Juga