Desain dapur dan ruang makan jadi satu, foto: Rumah Impian

10 Inspirasi Desain Dapur dan Ruang Makan Jadi Satu Sederhana

Wanovy | Rumah | 23-07-2022

PARBOABOA - Bingung menentukan desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana? Jangan khawatir! Ternyata hal tersebut tidak sesulit seperti yang dibayangkan. Kamu bisa mengaplikasikannya sesuai selera, luas, hingga konsep yang digunakan.

Apakah kamu berencana menerapkan konsep area dapur dan ruang makan dalam satu ruangan?

Bagi pemilik rumah minimalis, menerapkan konsep tersebut merupakan hal yang tepat.

Menyatukan dapur dan ruang makan dapat mengatasi keterbatasan lahan, lo.

Namun, tak sedikit yang kebingungan bagaimana cara mendesain keduanya supaya tampil lebih apik.

Penempatan furnitur, pemilihan warna cat, hingga dekorasi dinding yang tepat bisa membuat suasana menjadi lebih menarik.

Untuk menambah preferensi kamu, simak inspirasi desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana berikut ini, yuk!

1. Desain rumah 36 meter persegi yang efisien

Jadikan desain kitchen set kamu mampu menyesuaikan kebutuhan sehari-hari, baik itu aktivitas reguler, sekadar berkumpul-kumpul, ataupun perayaan besar.

Rancang island table yang ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Saat acara bersama keluarga besar, island table ini bisa diperpanjang hingga menyatu dengan bay window, sehingga ruang makan bisa berkapasitas hingga 6-7 orang.

2. Storage ruang yang tersembunyi

Satukan ruang keluarga, ruang makan, dapur menjadi satu open space tanpa diberi sekat atau partisi sehingga interior terasa luas.

Dengan ruang yang lebih lega, hal ini membantu mengakomodasi gaya hidup penghuni rumah modern yang kian menggemari berkumpul bersama keluarga dan kolega dalam pertemuan yang lebih informal.

Selain itu, cermin dapat diterapkan di salah satu sisi ruang untuk mempertegas kesan luas pada ruang.

3. Desain dapur dan ruang makan dengan meja kecil

(Sumber: blogspot.com)

Pada desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana ini, terdapat meja makan kecil yang bergabung dengan kabinet dapur.

Meja kecil ini terletak di sudut yang tegak lurus dengan kitchen set yang juga berbentuk lurus. Menerapkan warna hijau dan putih, kesan fresh terlihat pada desain dapur dan ruang makan ini.

Desain dapur dan ruang makan ini cocok untuk pasangan keluarga muda yang modern, dinamis, dan belum sering menggunakan dapur.

Di sebelah lemari dapur gantung, terdapat rak yang menempel di dinding sebagai kotak penyimpanan meletakkan barang praktis tanpa perlu membuka atau menutup lemari.

4. Desain dapur dan ruang makan bernuansa kayu

(Sumber: Pinterest.com)

Nuansa kayu untuk desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana dapat kamu jadikan salah satu rekomendasi favorit.

Desain dapur dan ruang makan ini semakin lengkap dengan material kayu dan batu marmer.

Material lantai kayu memberikan kesan hangat dan bersahabat, membuat penghuni rumahnya merasa betah.

Meja berukuran sedang dengan beberapa storage di bawahnya sangat cocok untuk arsitektur rumah minimalis karena tidak memakan banyak ruang.

5. Desain dapur dan ruang makan mewah

(Sumber: @home-designing.com)

Manfaatkan ukuran yang luas dengan pembagian zonasi yang tepat. Kamu bisa mendesainnya secara mewah dengan pemilihan furnitur dan dekorasi.

Adanya lampu gantung dia atas meja makan bisa membuat suasana jadi lebih menarik.

6. Desain modern di area dapur tertutup

(Sumber: @home-designing.com)

Konsep dapur tertutup mempunyai daya tarik sendiri. Nah, mendesain dapur dan ruang makan minimalis dalam satu ruangan bisa menjadi pilihan tepat.

Desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana model tertutup dan modern yang satu ini bisa kamu tiru, lo.

Dekorasi yang menarik seperti lukisan, hiasan meja makan, televisi, hingga plafon unik memunculkan kesan yang menarik. Dijamin, kegiatan makan bersama dengan keluarga jadi lebih intim.

7. Dapur terasa segar dan nampak alami

Pastikan area dapur memiliki ventilasi yang cukup sehingga uap air ataupun asap yang dihasilkan oleh proses memasak tidak terperangkap di dalam rumah.

Sebagai gambaran, kamu dapat memanfaatkan pintu geser sebagai pembatas antara area dapur dan outdoor, sehingga ventilasi ruangan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Sementara untuk membuatnya nampak alami, kamu dapat menggunakan elemen kayu dengan finishing berwarna bening sehingga serat kayu dapat terekspos dengan baik.

Selain itu, furnitur rotan seperti kursi juga dapat memperkuat kesan back to nature yang ingin dihadirkan.

Sebagai tambahan, kamu juga dapat meletakan elemen dekorasi pada area yang sulit dijangkau, seperti bagian atas kabinet dapur.

8. Built-in cabinet untuk ruang yang lebih rapi dan terstruktur

Mengaplikasikan built-in cabinet pada kitchen appliances dapat menghadirkan layout yang efisien untuk dapur dengan luas yang terbatas.

Kitchen island yang berguna sebagai tempat persiapan memasak juga bisa dialih fungsikan untuk tempat bersantap santai

9. Desain ruang makan dan dapur dengan gaya vintage

Desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana selanjutnya mengusung gaya vintage dengan dominasi warna putih untuk memberikan kesan lapang pada hunian.

Area dapur ini berukuran minimalis yaitu 2x1 meter dengan material keramik subway tiles pada dinding dapur.

Sedangkan ruang makan didesain berada disamping dapur dengan furnitur kursi berbentuk letter L yang fungsional.

Menggunakan kursi dengan desain kabinet dibawahnya bisa kamu manfaatkan sebagai tempat penyimpanan perlengkapan dapur yang lainnya

10. Desain ruang makan dan dapur dengan gaya skandinavia

Kamu ingin memiliki desain dapur dan ruang makan yang terasa homey? Desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana berikut ini yang mengusung gaya skandinvian bisa menjadi referensi bagi kamu. 

Dapur ini desain dengan kitchen island, sehingga meja yang berada ditengah bisa kamu manfaatkan sebagai meja makan.

Dapur dan ruang makan ini memiliki ukuran yang minimalias yakni 2x2 meter namun tetap terasa lapang karena dominasi warna putih yang merupakan salah satu ciri khas gaya skandinavian. Tambahkan juga furnitur kayu untuk membuat suasana terasa lebih hangat.

Nah, itulah tadi beberapa desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana yang bisa kamu tiru. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com ya!

Tag : #desain dapur    #dapur terbuka    #model rumah    #rumah    #ruang makan    #rumah minimalis    #halaman belakang   

Baca Juga