Desain dapur kecil terbuka dibelakang rumah, foto: Ruang Arsitek

10 Desain Dapur Kecil Terbuka Dibelakang Rumah Kekinian

Wanovy | Rumah | 30-06-2022

PARBOABOA - Desain dapur minimalis terbuka dibelakang rumah banyak diminati karena simpel. Selain itu, udara di ruang memasak jadi terasa lebih segar dan bebas asap karena berada di area terbuka.

Saat ini sudah mulai banyak rumah-rumah modern yang menerapkan konsep dapur terbuka. Pasalnya, konsep desain terbuka dianggap memiliki keunggulan dari segi biaya dan desain.

Dengan konsep terbuka, area memasak tidak lagi memerlukan ventilasi dapur tambahan seperti exhaust fan atau cooker hood.

Selain itu, dapur dengan konsep terbuka juga dapat membuat suasana jadi terlihat lebih luas dan memiliki udara yang segar.

Bagaimana, tertarik menggunakan desain dapur terbuka di rumah? Berikut ini Parboaboa sajikan beberapa desain dapur kecil terbuka dibelakang rumah yang dapat menjadi inspirasi!

1. Memasang Tirai Bambu

Kalau memiliki desain dapur kecil terbuka dibelakang rumah seperti ini, kamu bisa memasang tirai bambu sebagai pemisah antara dapur dengan taman belakang.

Saat cuaca terang, kamu bisa melipat tirai ini, sementara ketika turun hujan maka kamu bisa menurunkannya.

2. Dapur Bersih dengan Konsep Terbuka

Konsep desain dapur kecil terbuka dibelakang rumah ini tentunya cocok kalau kamu memiliki taman minimalis belakang rumah.

Kamu bisa merancang dapur bersih untuk menyiapkan makanan ringan ketimbang mempunyai dapur kotor.

3. Dapur Terbuka Belakang Rumah Menggunakan Sliding door

Meski terdapat mini bar, dapur mungil ini tetap kelihatan luas karena dibuat dengan konsep terbuka dengan pembatas sliding door kaca.

Penggunaan sliding door seperti ini memang direkomendasikan karena bisa mempermudah akses dapurmu.

Lagipula cahaya matahari juga bisa langsung masuk ke dapur dan membuat ruangan tampak lebih terang. Lumayan irit lampu, kan?

4. Desain Dapur Terbuka Sederhana dengan Tone Warna Bumi

Karena langsung menghadap ke taman belakang rumah, dapur jadi kelihatan lebih lega dan terang.

Desain dapur minimalis terbuka di belakang rumah seperti ini memang rentan debu, makanya gunakan tirai bambu di bagian samping dapur untuk menghalaunya.

Selain debu, penggunaan tirai bambu juga dapat dimanfaatkan untuk menghalau angin supaya api kompor tetap stabil saat dipakai memasak.

5. Dapur Terbuka Sekaligus Ruang Makan

Tempat makan ruang terbuka yang berada di dalam ruang indoor menciptakan suasana kekeluargaan yang kental.

Apalagi bila digabungkan dengan ruang makan. Hasilnya akan hemat tempat dan tentunya menjadi tempat favorit untuk berkumpul.

6. Dapur Minimalis Terbuka Berbahan Kayu

Bahan kayu yang identik dengan hunian minimalis memang mampu membuat suasana dalam ruang terasa hangat.

Kamu bisa menggunakan material kayu dalam desain dapur terbuka. Hasilnya tentu akan berestetika apalagi bila mempunyai jendela yang cukup besar di dalamnya.

7. Dapur Semi Outdoor Minimalis

Desain dapur kecil terbuka dibelakang rumah memang kini sedang digandrungi. Kesejukan dari udara alami akan terasa dan pernafasan tentunya akan jauh lebih baik.

Desain ruang dapur terbuka semi outdoor salah satunya. Bisa kamu tempatkan pada area belakang rumah yang mengarah ke taman maupun kolam renang pribadi.

8. Desain Dapur Terbuka tanpa Kitchen Set

Desain dapur kecil terbuka dibelakang rumah juga bisa terlihat modern dan nyaman meski tanpa penggunaan kitchen set.

Seperti tampak pada gambar, sebuah dapur yang berada di belakang rumah terasa nyaman dan teduh dengan meja cor dapur sederhana.

Meja cor tersebut menggunakan keramik dengan warna senada dengan lantai dan backsplash, sehingga memberikan kesatuan desain.

Sementara pada bagian kolong meja, dapur tanpa kitchen set ini ditambah penutup tirai agar tampilan terlihat rapi.

9. Desain Dapur Kecil dan Ruang Makan

Lahan yang tersisa di belakang rumah terbatas?

Jangan khawatir, lahan kecil menyerupai lorong juga dapat dimanfaatkan untuk membuat dapur sederhana.

Buatlah meja dapur cor dengan sink dan backsplash. Kamu juga bisa menambahkan kursi dan meja makan berukuran mungil di area tersebut sebagai ruang makan kecil.

Untuk kenyamanan memasak dan kegiatan makan, sebaiknya gunakan atap tertutup, tetapi jangan lupa tambahkan ventilasi agar ruangan tidak terasa sesak.

10. Desain Dapur Terbuka Yang Menyatu Dengan Halaman Belakang

Memanfaatkan ruang sempit dibagian belakang rumah sebagai dapur menjadi ide yang layak untuk dicoba.

Desain dapur kecil terbuka dibelakang rumah yang satu ini memiliki konsep yang ciamik karena didesain menyatu dengan halaman belakang.

Jika ruangan terlalu sempit, kamu tetap dapat memanfaatkannya dengan maksimal, lho. Salah satunya adalah dengan membuat meja bar yang diletakkan pada jendela berbatasan dengan bagian luar dan dalam rumah.

Kamu juga dapat menambahkan beberapa kursi sebagai pelengkap. Area ini dapat dimanfaatkan untuk tempat nongkrong sembari menikmati suasana asri di halaman belakang, bukan?

Nah, itulah tadi beberapa desain dapur kecil terbuka dibelakang rumah yang bisa kamu jadikan referensi. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com ya!

Tag : #desain dapur    #dapur terbuka    #model rumah    #rumah    #rumah minimalis    #halaman belakang   

Baca Juga