Desain Rumah 2 Lantai Sederhana dan Biaya, foto: redaksi.waspada.co.id

Desain Rumah 2 Lantai Sederhana dan Biaya Pembangunannya

Wanovy | Rumah | 30-03-2022

PARBOABOA - Kamu sedang mencari referensi desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya pembangunannya? Jangan khawatir, kamu bisa lihat desain terbaik dan perkiraan harganya di artikel ini. Yuk, disimak!

Desain Rumah 2 Lantai Sederhana dan Biaya

Rumah hunian bertingkat 2 lantai adalah hal yang sudah semakin umum ditemui saat ini. Rumah yang dibangun secara vertikal umumnya jauh lebih efisien dibandingkan dengan rumah satu lantai karena tanah yang ada bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Selain itu juga, harga dari tanah yang terus mengalami peningkatan juga menjadi alasan lain mengapa rumah 2 lantai semakin diminati.

Supaya kamu bisa mengetahui desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya yang harus kamu keluarkan, Parboaboa sudah siapkan inspirasinya di artikel kali ini. Check it out!

1. Desain Rumah 2 Lantai Sederhana dengan Material Kayu

(Sumber: propertipekanbaru.com)

Desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya 100 juta bisa dibuat dengan bahan kayu. Kayu juga bisa menjadi bahan yang bagus untuk membuat rumah dengan 2 lantai.

Budget 100 juta masih bisa kamu andalkan untuk membuat rumah sesuai dengan kebutuhanmu dan keluarga.

Walau rumah kayu identiknya seperti hunian di pedesaan, namun jika konsepnya dibuat sedikit minimalis modern, maka kamu tetap bisa membangun sebuah rumah dengan 2 lantai untuk 4-5 anggota keluarga.

2. Desain Rumah 2 Lantai Terbaik Tipe 36

(Sumber: House Plans)

Membeli tanah berukuran kecil adalah hal yang sangat baik. Selain harganya yang masih sangat terjangkau, kamu juga bisa dengan mudah dalam merancang desain rumah 2 lantai sederhana yang bertipe 36.

Meskipun ukurannya sangat terbatas, rumah bertipe 36 ini sangatlah disukai dan termasuk ke dalam salah satu tipe rumah yang sangat mudah untuk diperjualbelikan.

Desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya yang perlu kamu keluarkan untuk tipe 36 ini tidaklah besar sehingga kamu bisa dengan mudah untuk mewujudkannya sendiri.

Salah satu kelebihan dari rumah tipe 36 sederhana adalah kamu bisa memanfaatkan seluruh ruang yang ada secara maksimal tanpa harus pusing untuk menyisakan tempat kosong yang terbuang begitu saja pada rumahmu.

3. Rumah 2 Lantai dengan Material Batu Bata

(Sumber: propertipekanbaru.com)

Material bata juga menjadi salah satu bahan membuat rumah yang low budget. Bata dikenal sebagai bahan yang ekonomis dan biasa dimanfaatkan untuk membuat bangunan-bangunan konstruksi, termasuk rumah.

Dengan budget 100 juta, kamu bisa coba merealisasikan rumah impian bersama keluarga tercinta. Batu bata menawarkan kekuatan tekan yang tinggi.

Kemampuan untuk melepaskan dan menyerap kelembaban membantu mengatur suhu dan kelembaban di dalam struktur.

Desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya 100 juta tidak lagi mustahil kok selama kamu pandai menggunakan material yang disebutkan di atas.

Selama ada tekat dan keinginan, maka yakinlah bahwa kamu bisa membangun rumah impian dengan low budget!

4. Rumah 2 Lantai Sederhana Tipe 45

(Sumber: 99.co)

Inspirasi desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya pembangunan yang murah selanjutnya adalah tipe 45.

Desain ini memiliki ukuran luas lantai utama 45 meter persegi, sementara lantai atas dapat disesuaikan.

Meskipun desainnya sederhana, akan tetapi memunculkan kesan yang menarik. Desain rumah 2 lantai sederhana tipe 45 menjadi salah satu tipe yang banyak digandrungi dan biaya pembangunannya juga cukup terjangkau.

5. Rumah 2 Lantai Sederhana 6 x 12

(Sumber: 99.co)

Memiliki rumah 2 lantai sederhana dengan bergaya kekinian bisa dilakukan dengan memaksimalkan konsep.

Contohnya adalah desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya murah seperti ini, yang lebih mengedepankan fungsi setiap ruangnya.

Dalam merancang desain rumah 2 lantai ukuran 6×12 ini, kamu bisa menciptakan ruangan tanpa dinding pembatas sehingga tampak lebih luas.

Tak menutup kemungkinan, kamu juga bisa mewujudkan desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya 200 juta.

6. Rumah Minimalis yang Semakin Disukai

(Sumber: artikel.rumah123.com)

Desain rumah minimalis memang semakin disukai terutama oleh generasi milenial lantaran memang simpel.

Saat melihat desain rumah 2 lantai ini, ada unsur lain yang mempercantik rumah yaitu tanaman yang ditempatkan di sejumlah tempat.

7. Rumah Minimalis di Lahan Sempit

(Sumber: artikel.rumah123.com)

Pilihan untuk memilih desain rumah 2 lantai bisa dilakukan kalau memiliki lahan sempit, desain seperti ini tentunya sesuai.

Bentuk simpel dengan memanfaatkan material beton dan kaca bisa mengatasi keterbatasan lahan.

Tips Membangun Rumah dengan Biaya Murah

Sudah puas dengan desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya diatas? Sekarang saatnya kamu fokus untuk merencanakan pembangunannya.

Jika memimpikan punya rumah desain minimalis 2 lantai, kamu harus merencanakannya dengan baik, meskipun kamu menggunakan jasa desain interior.

Hal ini dimaksudkan agar kamu mendapatkan rumah sesuai dengan keinginan dan budget.

Dikutip dari cermati.com, berikut ini tips atau cara membangun rumah minimalis yang keren dan nyaman dua lantai:

1. Susun rencana yang matang

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah menyusun rencana pembangunan rumah minimalis dengan mantap. Kamu harus memiliki komitmen kuat sejak awal mengingat pembangunan rumah akan membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit.

2. Lihat kondisi tanah dan lingkungan sekitar

Sebelum membangun rumah, kamu harus memiliki lahannya terlebih dahulu. Pastikan tekstur, kondisi, dan ukuran tanah di lokasi yang sudah kamu pilih, sehingga kamu bisa menyesuaikan untuk rumah. Perhatikan pula kondisi lingkungan sekitar karena kamu dan keluarga akan tinggal dan menetap di sana.

3. Pilih konsep yang tepat

Jika kamu sudah menikah dan memiliki anak, bangun rumah minimalis berkonsep keluarga dua tingkat. Namun bila masih single dan ingin rumah lebih unik, kamu bisa memilih rumah minimalis satu tingkat dengan konsep rumah kayu, kontemporer, atau lainnya.

4. Tentukan Tipenya

Jangan lupa untuk memilih tipe rumah yang tepat, di mana rumah tersebut sesuai dengan kebutuhan dan ketersedian lahan yang kamu miliki. Selain itu, pemilihan tipe rumah minimalis ini juga harus kamu sesuaikan dengan bujet.

5. Susun denah dan estimasi biayanya

Selanjutnya bisa mulai menyusun denah rumah yang akan kamu bangun secara detail, sehingga kamu dapat membuat perhitungan biayanya.

Buat denah yang akurat dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan, agar kelak rumah ini bisa memberikan kenyamanan maksimal.

Jangan lupa untuk mulai menghitung biaya pembangunannya, termasuk dengan mengecek harga bahan bangunan dan sebagainya.

6. Sesuaikan dengan kondisi keuangan

Berapa dana yang kamu miliki untuk membangun rumah sederhana 2 lantai? Pertanyaan ini sangat karena eksekusi tak akan berhasil tanpa dana.

Membangun rumah sangat dipengaruhi kondisi keuangan. Cek tabungan, dan sesuaikan pembangunan rumah dengan kemampuan finansial kamu.

7. Pilih Material yang Terjangau namun berkualitas

Hindari membeli bahan-bahan material mewah, terutama jika budget membangun rumah minimalis pas-pasan.

Cari bahan bangunan yang berkualitas, namun dengan harga terjangkau. Pasti ada kok, asal pintar memilihnya.

Biaya Membangun Rumah Sederhana 2 Lantai

Apabila kamu sudah memahami tips untuk membangun sebuah rumah sederhana 2 lantai, kini buatlah perhitungan biayanya terlebih dahulu supaya tidak mengacaukan finansial kamu saat proses pembangunan sudah berlangsung.

Di bawah ini adalah rincian biaya membangun rumah 2 lantai sederhana yang bisa menjadi referensi:

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menghitung terlebih dahulu besaran upah kerja dari tukang bangunan. Sebagai contoh, anggaplah kamu menggunakan tukang bangunan harian dengan rincian: Rp200.000 per harinya.

Berdasarkan estimasi umum, apabila kamu ingin membangun rumah 2 lantai dengan ukuran luas bangunan sebesar 100 meter persegi maka kamu perlu mengeluarkan biaya bahan bangunan sebesar Rp300 hingga Rp400 juta.

Namun, apabila kamu ingin mempercantik rumah dengan taman, siapkan lagi budget tambahan sebesar Rp10 juta untuk mendapatkan taman yang menarik di rumahmu.

Demikianlah pembahasan mengenai desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya membangunnya yang bisa menjadi referensi bagi kamu ketika ingin membangun rumah impian. Semoga membantu!

Tag : #rumah sederhana    #biaya rumah    #model rumah    #rumah minimalis    #rumah 2 lantai    #inspirasi rumah    #desain rumah    #rumah modern   

Baca Juga