Desain Rumah Ala Arab (Dok: Propertyinside.id)

Yuk Intip Desain Rumah Ala Arab Untuk Rumah Minimalis

Mei | Rumah | 22-05-2022

PARBOABOA - Desain rumah merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum membangun sebuah rumah.

Ada begitu banyak model desain rumah yang dapat kalian tiru untuk memiliki rumah yang nyaman serta enak untuk dipandang mata, salah satunya adalah desain rumah ala Arab.

Desain rumah ala Arab merupakan salah satu referensi model rumah yang tepat buat kalian yang sangat suka dengan gaya budaya Timur.

Tidak hanya itu, desain rumah ala Arab ini sebenarnya juga dapat kalian terapkan jika kalian hendak membangun rumah dengan ukuran mimalis.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai desain rumah ala Arab untuk ukuran minimalis. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya.

Desain Rumah Ala Arab Untuk Rumah Minimalis

1. Kental dengan arsitektur khas Timur tengah yang dikombinasikan dengan warna krem

(Archello.com)

Salah satu ciri khas dari desain rumah ala Arab adalah didominasi dengan pemilihan warna krem serta mengadung unsur arsitektur khas budaya Timur Tengah.

Pemilihan warna krem pada bangunan rumah tidak hanya dijadikan sebagai sebuah nilai estetika saja, melainkan juga bertujuan agar membentuk suatu rumah yang lapang serta membawa kenyamanan bagi tuan rumah.

Untuk mengantisipasi rumah terlihat monoton dan juga gersang, kalian dapat menambah aksen pepohonan yang hijau dengan sentuhan tropis yang membawa kesan asri pada pekarangan rumah.

2.  Memiliki bentuk datar serta mengotak

(Behance/moslemarc)

Ciri desain rumah ala Arab pada umumnya adalah memiliki bentuk yang bulat. Namun jika kalian ingin membuat bentuk yang berbeda, kalian juga dapat melakukan modifikasi dengan membuat bentuk mengotak dengan sudut-sudut tegas dan besar menghasilkan desain rumah yang sangat menarik untuk diaplikasikan pada sisi eksterior.

Untuk tambahan, kalian dapat menambah pilar atau fasad rumah minimalis milik kalian, sehingga dapat memberikan sentuhan yang mewah pada bangunan rumah.

3.  Memilih desain rumah dengan tema borderless

(Archello.com)

Tips desain rumah ala Arab berikutnya yang dapat kalian coba adalah dengan memilih tema borderless pada rumah minimalis milik kalian.

Pemilihan tema rumah yang satu ini dapat membuat efek tiga dimensi pada rumah minimalis milik kalian.

Dalam memilih tema yang satu ini, kalian dapat memadukan unsur estetika denmgan dipadukan dengan bentuk ruangan yang cenderung besar dan juga tampak lebih luas lagi jika dilihat dari sisi depan rumah.

4.  Tetap hangat walaupun sederhana

(Archello.com)

Manfaat membuat desain rumah ala Arab berikutnya adalah rumah kan terlihat lebih hangat walaupun rumah masih dengan bangunan yang sederhana.

Sebenarnya tidak hanya mewah dan menggunakan bangunan yang tinggi. Desain rumah ala Arab juga dapat kalian terapkan untuk ukuran yang minimalis.

Selain dikenal dengan dekorasi eksterior yang cenderung menarik, pemilihan warna coklat muda pada bangunan juga ternyata membuat kesan rumah menjadi lebih santai serta hangat.

5.  Mirip dengan istana megah

(Archello.com)

Ciri desain rumah ala Arab berikutnya adalah cenderung mirip dengan istana yang megah. Hal ini disebabkan karena budaya Timur Tengah memang sangat kental dengan desain nya menyerupai istana megah.

Sentuhan rumah berupa bangunan fasad yang membulat yang dipadukan dengan motif aksen kontemporer dengan warna coklat membuat desan rumah ala Arab ini sangat kental dengan nuansa istana.

Namun tidak hanya itu saja, beberapa perlengkapan serta aksesoris tambahan lainnya yang terdapat di depan rumah juga menambah aksen istana pada rumah minimalis milik kalian.

6.  Terdapat unsur klasik minimalis dengan tambahan kubah

(Archello.com)

Nah, selaipn dikenal dengan aksen warna krem nya, ternyata ciri khas desain rumah ala Arab juga dapat dilihat dari pembuatan sisi kubah pada sisi tengah bangunan.

Pembuatan kubah pada bagian tengah bangunan sebenarnya bertujuan untuk membuat rumah menjadi lebih nyaman dan juga lapang, khususnya pada bagian atap rumah.

7.  Pekarangan hijau dengan aksen tropis

(Artofit.org)

Ciri desain rumah ala Arab berikutnya yang dapat kalian coba adalah dengan mendekorasi pekarangan rumah dengan aksen topis untuk menambah kesan rumah yang lebih asri dan juga menarik untuk dipandang mata.

8.  Memilih desain rumah yang terbuka

(Emporio Architect)

Jika kalian sangat menyukai rumah dengan sistem sirkulasi udara yang baik, maka kalian dapat menerapkan desain rumah ala Arab.

Hal ini disebabkan karena pada desain rumah yang satu ini biasanya akan terdapat banyak bagian sisi rumah yang sengaja dibiarkan untuk terbuka.

Biasanya bagian terbuka tersebut akan dibuat pada bagian balkon minimalis atau pada fasad depan yang dapat kalian manfaatkan untuk teras rumah.

Desain rumah seperti ini akan membuat rumah minimalis kalian memiliki sistem sirkulasi udara yang baik.

Nah, itulah beberapa desain rumah ala Arab yang dapat kalian coba dalam membentuk sebuah model rumah yang kental akan aksen Timur Tengah. Desain ini dapat kalian terapkan untuk berbagai macam ukuran rumah, bahkan untuk ukuran minimalis sekalipun.

Tag : #rumah islami    #desain rumah    #rumah    #arsitektur    #model rumah    #budaya timur tengah   

Baca Juga