Desain rumah Jepang, foto: Gramedia

10 Inspirasi Desain Rumah Modern ala Jepang

Wanovy | Rumah | 26-07-2022

PARBOABOA - Jepang adalah negeri sejuta pesona dengan daya tarik luar biasa yang tidak perlu diragukan lagi. Selain terkenal dengan budayanya yang unik, negeri sakura ini juga dikenal dengan desain rumahnya yang cukup unik.

Rumah Jepang minimalis merupakan salah satu desain yang disebut mampu menggabungkan tampilan tradisional dan modern dengan sangat baik.

Jika Anda tertarik untuk membangun rumah gaya Jepang minimalis yang memukau, berikut Parboaboa.com sudah menghimpun beberapa desain rumah Jepang yang bisa dijadikan inspirasi. Simak langsung yuk inspirasinya!

1. Desain rumah Jepang minimalis modern

Anda bisa memadukan elemen-elemen arsitektur Jepang dengan desain modern. Contoh desain rumah Jepang ini memadukan koridor engawa dengan desain terbuka sehingga rumah tidak terkesan sumpek.

Pintu geser shoji juga digunakan untuk menciptakan sirkulasi udara di rumah yang lancar. Mirip dengan desain rumah bambu Jepang namun versi masa kini, bukan?

2. Kolam di dalam ruangan

Ini dia desain rumah Jepang unik lain yang bisa menciptakan atmosfer sejuk dalam ruangan. Air yang merupakan simbol kedamaian dan kesejahteraan, menghasilkan oksigen yang dapat membuat udara di rumah terasa lebih segar.

Suara gemercik air pun dipercaya bisa membuatmu merasa rileks. Oleh karena itu, bukanlah hal aneh jika kolam dalam ruangan mampu memberikan efek menenangkan bagi penghuni rumah Jepang ini.

Selain menciptakan suasana sejuk dan rileks, kehadiran kolam ikan minimalis dalam ruangan tentu saja punya nilai estetika yang tinggi.

Kombinasi air, ikan dan tanaman air akan memberikan tekstur menarik yang bisa mempercantik rumah Jepang yang Anda desain ini.

3. Rumah dengan Sliding Door

Salah satu desain rumah Jepang yang paling unik adalah adanya taman kecil yang dibangun di tengah bangunan.

Mengusung konsep “bringing outdoor to indoor”, taman kecil ini bertujuan membantu sirkulasi udara segar tetap lancar dan cahaya alami dapat masuk ke seluruh sudut rumah.

Maka itu, tidak jarang kalau rumah Jepang memiliki ventilasi yang lebih banyak dibandingkan rumah gaya lain.

Biasanya, ruangan yang berada di sekitar taman dibatasi dengan pintu geser, atau yang pada rumah Jepang tradisional disebut shoji.

Penggunaan pintu geser ini dimaksudkan agar cahaya matahari tidak terhalangi dan transisi antara dalam dan luar ruangan jadi seminimal mungkin.

Nah, kalau Anda mencari inspirasi desain rumah Jepang yang lebih modern, pintu geser dari kaca bisa menjadi alternatif.

Selain cahaya matahari dapat masuk, Anda pun bisa menikmati keindahan taman dari dalam ruangan.

4. Desain rumah Jepang Zen Garden

Anda bisa menerapkan prinsip-prinsip desain gaya Jepang dengan bahan dan gaya modern. Seperti contoh ini, desain rumah Jepang modern ini tetap mematuhi gaya tradisional Jepang.

Elemen khas Jepang seperti koridor engawa, zen garden dan pintu geser shoji tetap ada namun dibuat dengan gaya modern.

5. Rumah Jepang tradisional

Desain rumah ala Jepang memiliki bentuk khas yang tidak bisa dilepaskan. Secara keseluruhan, desain Jepang tradisional menggunakan bahan kayu.

Di contoh ini, beberapa elemen tradisional jelas terlihat, seperti koridor engawa dan atap miring yang lebar.

Pintu shoji juga mengedepankan prinsip open space design yang ditemukan di gaya rumah tradisional.

6. Desain Rumah Panggung Jepang

Tidak puas dengan desain rumah Jepang yang tradisional? Anda juga bisa mendesain rumah Anda ala Jepang kuno.

Rumah panggungnya yang dilengkapi dengan jendela dan juga tembok kayu khasnya akan membuat suasana Jepang seolah-olah pindah ke rumah Anda.

Rumah-rumah panggung ala Jepang ini biasanya dapat Anda temukan di atas kolam maupun danau buatan.

7. Desain Tradisional Rumah Jepang 2 Lantai

Tidak hanya satu lantai, Anda juga bisa mendesain rumah lantai 2 khas Jepang seperti desain rumah Jepang minimalis 2 lantai di atas.

Tingkatan atap, jendela khas, tembok kayu lengkap dengan tanaman di halaman rumahnya dapat Anda aplikasikan di Indonesia.

Hal ini akan membuat rumah Anda berbeda dari sekitar dan unik juga menarik jika dilihat dari jauh.

8. Ruang Santai Khas Rumah Jepang

Kembali pada konsep Zen yang menjadi orientasi desain ala rumah Jepang, sediakan satu ruang khusus untuk bersantai dengan suasana tenang dan damai. Ruangan ini bisa digunakan untuk meditasi, yoga, atau sekadar berkumpul bersama keluarga.

Tambahkan bantal-bantal sofa duduk yang empuk dan lengkapi ruangan dengan elemen alam.

Misalnya saja tanaman hias favorit atau miniatur air mancur, yang suaranya dapat menyejukkan ruangan dan membuatmu merasa rileks.

Jangan simpan TV atau media elektronik lainnya di ruangan ini karena dapat merusak suasana tenang yang berusaha diciptakan.

Dengan mengatur furnitur dan suasana yang tepat, Anda punya ruangan tersendiri agar bisa menikmati interior rumah Jepang yang sejuk, tenang dan nyaman dengan sebaik mungkin.

Jika dilihat sekilas, desain rumah Jepang memiliki kemiripan dengan banyak desain interior kontemporer lain yang berfokus pada tampilan simpel, rapi, dan minimalis.

Namun, fokus ruangan pada elemen natural dan penggunaan furnitur dengan tinggi minimal memberikan sentuhan tradisional yang khas, berbeda dari desain lainnya.

9. Adanya Elemen Wabi Sabi

Pernah mendengar istilah filosofi wabi sabi dari Jepang? Sempurna dan bahagia walau dalam ketidaksempurnaan merupakan makna dari istilah tersebut.

Filosofi hidup dari Jepang ini memang sudah umum diketahui. Tak hanya dalam kehidupan sehari-hari, prinsip ini pun turut tercermin dalam bentuk dan konsep bangunan.

Desain rumah Jepang terkenal akan kesederhanaannya. Walaupun sederhana dan terkesan minimalis, rumah Jepang tetap bisa membuat penghuninya nyaman dan terasa homey.

Rumah Jepang cenderung mengembalikan konsep kesederhanaan dalam kehidupan sehari-hari pada bentuk bangunan yang nyaman.

10. Menggunakan Tangga Tansu

Rumah di wilayah perkotaan Jepang biasanya memiliki luas yang sangat terbatas. Untuk memaksimalkan luas ini, desain rumah Jepang hadir dalam bentuk tangga tansu.

Tansu merupakan tangga sekaligus kabinet yang dapat dipindah dengan mudah sesuai kebutuhan penghuninya.

Tangga tansu juga cukup fleksibel untuk digunakan pada berbagai jenis hunian, baik itu rumah konvensional ataupun hunian modern berupa apartemen.

Biasanya tansu memiliki palet warna minimalis yang cantik dan mudah digabungkan dengan berbagai furniture lainnya di dalam rumah.

Nah, itulah tadi beberapa inspirasi desain rumah ala Jepang yang bisa Anda jadikan referensi. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com!

Tag : #rumah jepang    #desain rumah    #model rumah    #rumah    #rumah minimalis    #rumah tradisional   

Baca Juga