Ilustrasi desain rumah minimalis sederhana

7 Desain Rumah Minimalis Sederhana Yang Bisa Jadi Inspirasi Kamu

Wanovy | Rumah | 08-02-2022

PARBOABOA - Inspirasi desain rumah minimalis seperti apa sih yang bagus? Mungkin kamu masih belum menentukan yang cocok. Apalagi bagi kamu yang ingin merenovasi rumah atau membangun rumah sendiri bergaya minimalis.

Seperti kita tahu, rumah adalah tempat pulang ketika sudah waktunya istirahat bersama keluarga. Pastinya semua orang menginginkan punya rumah yang bagus dan bisa memberikan kenyamanan untuk keluarga nya.

Membangun rumah sendiri tentunya membutuhkan biaya yang cukup banyak, karena itulah kebanyakan orang hanya akan membangun rumah sekali saja.

Biasanya akan merenovasi saja tanpa bangun rumah karena memang harganya yang mahal sehingga butuh waktu lama mengumpulkan nya.

Karena itulah setiap orang yang membangun rumah pastinya ingin bangun rumah yang bagus sekalian agar bisa terasa nyaman dipandang.

Apalagi bangun rumah harus menunggu lama, maka dari itu kamu harus mencari bagaimana desain rumah minimalis yang sekiranya bisa digunakan sebagai referensi dalam membuat rumah.

Nah, artikel kali ini Parboaboa akan memberikan sejumlah ide desain rumah minimalis yang bisa menjadi inspirasi.

Ada rumah satu lantai, rumah dua lantai, rumah minimalis, hingga rumah bergaya villa atau rumah peristirahatan.

Desain Rumah Minimalis

Rumah minimalis memang menjadi pilihan bagi mereka yang ingin hunian yang simpel namun tetap menarik. Berikut beberapa desain rumah minimalis yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Rumah Minimalis 1 Lantai

Jangan khawatir! Model rumah satu lantai pun bisa berdesain minimalis modern. Bahkan, lebih mudah pula. Dengan luas rumah yang cukup besar, paling tidak kamu bisa punya dua kamar. Namun, bila cuma satu kamar pun tidak masalah.

Dari segi desain, ruangan depan dekat pintu masuk, seperti biasa dijadikan ruang tamu. Namun, dapat sekaligus sebagai ruang makan dan dapur.

Kemudian, untuk belakang dapat menjadi kamar tidur dan kamar mandi serta dapat dijadikan ruangan bermain atau bersantai lainnya jika kalian inginkan. Nah, sementara kalau luas rumah cuma memungkinkan satu kamar. Tidak masalah!

Kamu juga bisa gantikan ruangan santai sebagai kamar mandi rumah, atau bagian taman di belakang rumah sebagai kamar mandi atau memindahkan dapur ke sana. Bagaimana sederhana dan masuk akal bukan?

2. Rumah Minimalis Modern

Bagi kamu yang membutuhkan parkir mobil pastinya akan memilih desain rumah minimalis yang satu ini karena memang minimalis tapi tetap ada parkiran. Ada taman kecil di depan nya dan batu alam juga yang membuatnya lebih indah dilihat, apalagi ditambah cat rumah yang sejuk di bagian pintu dan jendela agar terasa lebih adem.

Model rumah minimalis dengan taman dibagian depan memang memberikan kesan indah, apalagi terdapat rumah yang minimalis seperti ini. Ditambah lagi dengan lahan yang cukup luas untuk menaruh mobil dan bermain anak-anak di depan rumah sehingga terlihat nyaman.

3. Rumah Minimalis Tipe 21

Di Indonesia, para developer cenderung membedakan jenis rumah yang mereka bangun kemudian dipasarkan dengan nama berdasarkan luas bangunan. Salah satunya adalah model rumah minimalis sederhana tipe 21, yang memiliki luas bangunan 21 m². Panjang dan lebar bangunannya bisa beragam, contohnya ukuran 6 meter x 3,5 meter yang menjadi bangunan seluas 21 m².

Model rumah minimalis sederhana tipe 21 biasanya terdiri dari 1 kamar tidur yang dapat ditempati 2 orang, sebuah ruang tamu yang langsung terhubung dengan dapur, serta sebuah kamar mandi.

Rumah minimlis yang satu ini cocok untuk para pasangan muda yang belum memiliki anak. Jangan lupa, supaya rumah terlihat lapang, gunakan furnitur yang modelnya minimalis, seperti meja TV, rak display, coffee table, dan sofa minimalis.

4. Rumah Minimalis Tipe 36

Model rumah minimalis sederhana lain bisa ditemui pada unit dengan tipe 36. Biasanya unit-unit dengan tipe ini memiliki luas 6x6m atau 9x4m2.

Umumnya tipe rumah ini cukup untuk membuat 2 kamar tidur, satu buah ruang tengah yang juga bisa difungsikan menjadi area keluarga yang sekaligus area makan. Berikut adalah contoh-contoh tampak depan dari rumah tipe 36.

Rumah dengan tipe 21 dan 36 memang memiliki lahan yang terbatas, untuk itu kita perlu pintar-pintar untuk memanfaatkan setiap lahan yang ada. Karena jika kita mau memanfaatkan lahan depan, artinya kita akan mengurangi alokasi lahan di bagian belakang.

Sementara jika kita hendak memaksimalkan halaman belakang, maka kita perlu mengurangi area taman bagian depan, atau area garasi.

5. Rumah Minimalis Bercat Putih

Desain rumah minimalis sederhana 1 lantai ini memiliki eksterior dengan cat putih, gaya minimalis bisa terlihat jelas pada hunian tapak ini.

Selain bercat putih, sebagian dinding dan tiang rumah mengaplikasikan batu alam yang warnanya tidak terang.

6. Rumah Minimalis dengan Halaman yang Luas

Berikutnya adalah rumah minimalis modern dengan halaman yang luas, cocok kalau kamu memiliki lahan yang luas.

Perpaduan warna coklat dan putih memperlihatkan rumah minimalis yang kekinian, desain ini bisa menjadi inspirasi buat kamu.

7. Rumah Minimalis 3 Kamar

Dengan tiga kamar, rasanya rumah harus besar dan luas. tidak juga. Kalian bisa membagi-bagi ruangan kamar di titik berbeda rumah. Tidak selamanya kamar harus saling bertempelan atau bersampingan.

Desain rumah minimalis sederhana yang satu ini kamar tidur memang jadi lebih kecil, tapi jika kamu dapat menempatkan furniture dan tata ruangan yang tepat, maka rumah tetap nyaman.

Demikianlah beberapa model rumah minimalis yang bisa kamu jadikan referensi agar hunian lebih menarik dan nyaman untuk ditinggali. Semoga bermanfaat!

Tag : #rumah    #desain rumah    #rumah minimalis   

Baca Juga