Desain Rumah Timur Tengah Minimalis (Dok:artikel Rumah123.com)

7 Inspirasi Desain Rumah Timur Tengah Minimalis

Ester | Rumah | 21-05-2022

PARBOABOA – Salah satu wilayah yang menjadi inspirasi banyak orang dalam menemukan ide atau inspirasi rumah saat ini adalah Timur Tengah. Timur Tengah dinilai selalu memiliki desain rumah yang cukup unik dan cocok diterapkan di Indonesia.

Tidak hanya itu, desain rumah yang mereka tampilkan juga memiliki ciri khas tersendiri. Hal itu dapat dilihat dari setiap model-model rumah yang selalu mereka gunakan.

Mungkin saat ini kamu sedang mencari inspirasi desain rumah minimalis ala Timur Tengah. Di bawah ini kami akan memberikan rekomendasinya untukmu dan tentunya bisa kamu terapkan pada rumah kamu.

Salah satu ciri khas dalam desain rumah Timur Tengah minimalis adalah penggunaan atap datar. Atap dinilai menjadi salah satu komponen yang paling penting dalam desain rumah dan menjadi sebuah cara untuk memberikan kenyamanan untuk setiap penguhuni di dalamnya.

Tidak hanya itu, pemilihan atap yang baik dan benar dalam desain rumah minimalis Timur Tengah juga sangat berpengaruh untuk hawa rumah yang mereka punya. Seperti yang kita ketahui, daerah Timur Tengah memiliki daerah gurun pasir yang dominan dan hawa yang panas.

Jadi akan lebih baik untuk mengaplikasikan atap yang datar di kawasan ini. Hal itu tentunya dapat menjadi inspirasi untuk kalian yang sedang mencari desain rumah untuk wilayah yang panas. Tidak hanya untuk wilayah yang panas, kamu juga dapat menggunakan desain rumah timur tengah minimalis untuk model rumah kamu.

Selain atap, masih banyak lagi gaya atau ciri khas desain rumah Timur Tengah minimalis jadi simak terus ulasan kami di bawah ini untuk mengetahuinya.

1. Atap Datar

Desain rumah timur tengah atap datar (Pinterest/Me)

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, desain rumah Timur Tengah minimalis umumnya memiliki atap yang datar. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir masuknya hawa panas ke dalam rumah dan membuat semua penghuni nyaman untuk tinggal di dalamnya.

Selain itu, model atap ini juga sering diterapkan banyak orang karena memiliki desain yang menarik dan memberikan kesan mewah untuk sebuah rumah. Jadi meskipun konsepnya minimalis, rumah kalian tetap terlihat mewah dari luar.

2. Tambahan Ornamen

Rumah Timur Tengah dengan tambahan ornamen (Skyscraper.com)

Selain dikenal dengan desain rumah yang memiliki atap datar, Timur Tengah juga dikenal dengan konsep rumah mereka yang dihiasi banyak sekali ornamen. Ornamen-ornamen khas Timur Tenagh ini memberikan keunikan dan karakter tersendiri untuk sebuah rumah, sehingga menarik di mata banyak masyarakat.

Ornamen Timur Tengah ini juga memiliki banyak variasi yang bisa kamu jadikan referensi untuk rumah kamu. Jadi, rumah kamu akan terlihat lebih kreatif dan elegan namun tetap memberikan kesan minimalis saat dipandang.

3. Rooftop

Rumah Timur Tengah dengan adanya Rooftop (Pinterest/Me)

Rooftop adalah salah satu ciri khas desain rumah Timur Tengah. Desain ini memberikan kesan modern dan nyaman untuk setiap penghuni yang tinggal di dalamnya. Selain itu, adanya tambahan rooftop juga membuat siapa saja tertarik untuk sekedar memandang rumah kamu atau singgah di dalamnya.

Kamu dapat menambahkan kanopi material kaca atau kayu untuk menambahkan desain elegan yang khas untuk rumah kamu. Jadi rumah kamu tidak akan terlihat biasa-biasa saja.

4. Jendela Terbuka

Rumah Timur Tengah dengan desain jendela terbuka (Pinterest/Me)

Selanjutnya adalah desain jendela terbuka. Jendela terbuka sering sekali diterapkan oleh masyarakat Timur Tengah. Selain memberikan udara tambahan yang masuk karena hawa panas, desain ini juga dapat menjadi salah satu kesan yang unik untuk kamu ikuti.

Desain jendela terbuka ini dapat membantu memberikan sirkulasi udara yang baik di dalam rumah. Biasanya, banyak orang yang memanfaatkan desain ini pada sisi balkon, teras, dan lain sebagainya yang sekiranya membutuhkan akses udara yang besar.

5. Warna Netral atau Kecoklatan

(Pinterest/Antonovich-design)

Salah satu ciri khas dari desain rumah Timur Tengah yang paling terkenal adalah warna-warna yang senada. Biasanya, rumah-rumah yang berada di sana memiliki warna tone seperti putih, cream, coklat, dan lain sebagainya.

Warna ini dipilih banyak penduduk disana agar warna rumah dan nuansa padang pasir tetap menyatu. Tidak hanya itu, jika diperhatikan lebih lanjut warna-warna ini juga memberikan kesan aesthetic untuk sebuah rumah.

6. Mewah seperti Apartement

(Pinterest/Antonovich-design)

Bisa dibilang, desain rumah dari Timur Tengah kerap memberikan nuansa yang mirip apartment. Dengan dinding tebal, kokoh, dan besar menjadikan rumah di daerah Timur Tengah seperti apartment di Indonesia.

Kamu dapat mengikuti desain ini untuk menambahkan aksen mewah dan modern di dalam rumah kamu. Tak hanya memberikan kesan mahal, dengan desain apartment rumah kamu juga akan memiliki rumah yang indah, mewah, dan aman untuk ditempati.

7. Tirai yang Menjuntai

(Pinterest/Hadleycourt)

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, desain rumah yang khas dari Timur Tengah adalah model yang mirip dengan apartement. Hal ini tentunya membutuhkan tirai yang panjang dan menjuntai ke bawah untuk menutupi jendelanya.

Jadi kamu dapat menambahkan gorden besar di dalam rumah kamu untuk memberikan aksen Timur Tengah klasik dan minimalis. Dengan desain ini, rumah kamu tentunya akan sangat keren dan indah jika dipandang orang.

Tag : #rumah islami    #desain rumah    #rumah    #rumah timur tengah   

Baca Juga