Desain rumah tropis modern, foto: Grid.ID

10 Ide Desain Rumah Tropis Modern Minimalis yang Cocok di Indonesia

Wanovy | Rumah | 03-08-2022

PARBOABOA - Iklim panas dan lembap di Indonesia memang paling pas untuk menerapkan desain rumah tropis modern.

Arsitektur tropis modern sebenarnya cukup simpel dan bahan yang digunakan pun lebih mudah ditemukan.

Kayu menjadi fitur utama dari arsitektur tropis, ini sekaligus memberikan nuansa santai dan lebih dekat dengan alam.

Selain itu gaya desain ini bukan hanya untuk mempercantik tampilan, tapi juga melindungi rumah agar tahan terhadap cuaca ekstrim.

Tren desain rumah tropis modern telah menyihir banyak orang, sehingga jamak yang mulai mendekorasi rumahnya bahkan dengan bujet sangat besar.

Sebenarnya, kamu tak perlu merombak habis isi hunian baik luar maupun dalam. Yang perlu dilakukan hanyalah renovasi kecil dengan elemen dan ciri khas dari desain rumah tropis modern.

Penasaran, bagaimana desain rumah tropis modern minimalis? Yuk, simak inspirasinya dibawah ini!

1. Konsep Rumah Tropis Minimalis

Konsep rumah tropis modern minimalis ini memiliki beberapa ciri khas yang dipadukan dengan gaya minimalis.

Seperti desain model tropis pada umumnya, desain ini memiliki bentuk atap miring. Atap miring memiliki dua fungsi, yaitu untuk meningkatkan sirkulasi udara dan untuk menangkis air hujan.

Atap yang tinggi juga digunakan untuk melancarkan pengaliran udara di rumah. Nuansa minimalis pada gambar diatas dapat dilihat dari konsep open space dan bentuk bangunan yang digunakan.

2. Rumah Tropis Modern yang Ideal

Dengan warna netral dan ukuran lahan yang tidak terlalu besar, contoh ini adalah rumah tropis modern yang ideal untuk dimiliki.

Contoh ini memiliki skema warna netral yang tidak menyerap panas. Ini membantu menjaga kesejukkan rumah sehingga tidak panas di dalam rumah.

Depan rumah juga dilengkapi dengan taman kecil yang bisa kamu lengkapi dengan tanaman tropis.

Atap tinggi dengan bentuk miring adalah elemen yang penting untuk menjaga suhu tetap stabil. Kamu juga bisa menambahkan jendela besar untuk memaksimalkan sirkulasi udara.

3. Desain Rumah Tropis Tradisional

Tidak hanya gaya modern, desain rumah tropis modern juga bisa Kamu bangun dengan gaya tradisional.

Di contoh ini, Rumah tradisional joglo Jawa dipadukan dengan fasilitas modern. Perpaduan antara modern dan tradisional ini bisa cocok dengan pemilihan skema warna yang tepat.

Kolam renang, serta tanaman hijau tropis yang indah bisa membuat desain rumah tropis tradisional kamu terasa mewah.

4. Distort House

Desain rumah tropis modern 1 lantai ini terinspirasi dari gaya arsitektur tradisional Indonesia. Penggunaan material kayu memberikan sentuhan tropis yang konvesional namun modern.

Warna yang digunakan juga putih sehingga netral untuk dipakai bersamaan dengan elemen  kayu, sehingga membuat hunian tampak nyaman dan cerah.

Selain itu, ada banyak bukaan dan ruang terbuka hijau sehingga sirkulasi udara dan cahaya di hunian ini sangatlah baik.

5. Modular House Dubldom

Bangunan ini menggunakan kaca sebagai material pembuatan dinding. Sehingga kamu dapat leluasa melihat kondisi di luar rumah.

Elemen kaca ini pula yang menjadi akses utama cahaya untuk masuk ke dalamnya.

Kemudian perabotan kayu yang digunakan memberikan aksen seperti rumah singgah di pinggir danau. Kamu akan merasa seolah tinggal di luar negeri.

6. Rumah Tropis Modern Deeroemah

Berbicara tentang arsitektur rumah tropis modern, tentu berkaitan erat dengan lingkungan. Elemen inilah yang sangat kentara terlihat pada bangunan Deeroemah.

Kamu bisa melihat beragam tanaman rambat sirih gading, daun suji, dan keindahan juntaian tanaman air mancur merah dalam desain eksterior hunian ini.

Hijau pepohonan pun berpadu asri dengan genteng merah dan deretan bambu, menjadi aksesori alami yang menghiasi dinding kaca dan tembok putih.

7. Penggunaan Material Bata Merah

Tak harus merombak semua hunian rumah dengan gaya rumah tropis modern, cukup di beberapa ruangan yang dirasa perlu saja, salah satunya di kamar tidur.

Jika kamu memiliki tampilan dinding kamar yang biasa saja, mari kreasikan dengan batu bata ekspos di salah satu sisinya.

Tapi, pemasangan batu bata tergolong cukup mahal. Jangan khawatir, tak perlu yang asli, saat ini banyak yang menjual 3D wallpaper yang bisa langsung kamu gunakan di dinding kamar.

Cukup bersihkan dinding dari debu, buka lapisan perekat wallpaper, pasang dan ratakan agar tidak menimbulkan gelembung saat finishing.

Bagaimana, cukup mudah ‘kan?

8. Jendela Besar dan Penggunaan Sliding Door

Mengganti dinding dengan jendela atau pintu sliding door memang membutuhkan biaya lebih, tapi hasil yang didapatkan akan membuat tampilan rumah lebih stylish dan modern.

Tapi, jika kamu tak ingin membuat kantong jebol, cukup ganti 2-3 jendela full kaca tanpa bingkai. Efeknya akan membuat ruangan terlihat luas dengan cahaya yang masuk lebih banyak.

Lalu, tambahkan gorden berbahan voile yang tipis dan ringan namun tetap elegan dan minimalis.

9. Rumah Tropis Modern dengan Plafon Tinggi

Desain rumah tropis modern dengan plafon yang tinggi dapat memperbaiki sistem sirkulasi udara sehingga rumah terasa lebih sejuk dan nyaman.

Selain plafon, rumah dapat didesain dengan void, plafon yang menembus hingga lantai dua. Void dapat memperlancar aliran udara dan membuat ruangan terkesan lega.

10. Rumah Tropis Modern dengan Konsep Kayu

Bahan kayu adalah bahan yang efektif untuk meredam dingin. Kita dapat menghemat energi karena tidak perlu menggunakan pendingin ruangan terlalu sering.

Terlebih lagi, kayu mudah diukir sehingga dapat memberikan kesan artistik dan unik ke rumah.

Nah, itulah tadi beberapa inspirasi desain rumah tropis modern yang bisa kamu jadikan referensi. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com ya!

Tag : #rumah tropis modern    #rumah modern    #model rumah    #rumah    #desain rumah    #rumah tropis tradisional    #rumah minimalis   

Baca Juga