Desain tangga sempit sederhana terbaru, sumber: IDNTimes

Desain Tangga Rumah Sempit Sederhana Terbaru

Wanovy | Rumah | 04-03-2022

PARBOABOA - Desain tangga rumah sempit sederhana adalah bagian penting dari arsitektur bagi kami yang memiliki lahan terbatas.

Tidak hanya itu, baik estetika, biaya hingga pemanfaatan ruang harus direncanakan dengan maksimal.

Ruangan sempit dan terbatas kini menjadi hal biasa yang harus disesuaikan oleh setiap pemilik rumah modern.

Dalam keadaan seperti itu, setiap aspek desain perlu dipikirkan dengan matang untuk memanfaatkan ruang dengan sebaik-baiknya.

Setiap fitur perlu diakomodasi dalam ruangan yang sempit. Karena itu desain tangga rumah sempit sederhana menjadi hal yang perlu diperhitungkan.

Mungkin banyak orang yang mempertanyakan soal luas ruangan serta penggunaan tangga sebagai akses ke lantai dua pada rumah modern berukuran sempit.

Seperti yang kita tahu, ya, tangga biasanya memakan space cukup besar di dalam rumah. Namun, beberapa desain tangga di bawah ini, ternyata bisa dipilih sebagai solusi untuk ruangan sempit atau desain rumah modern kamu, lho.

Penasaran apa saja? Berikut Parboaboa rangkum desain tangga rumah sempit sederhana terbaru yang bisa kamu jadikan inspirasi.

1. Model Tangga Rumah Sempit Sederhana Bentuk Spiral

(Sumber: Severge)

Desain tangga rumah sempit sederhana putar bisa dibilang hampir menyerupai model tangga spiral, yang membedakannya hanya tangga berputar tidak memiliki poros pondasi di tengah. Seperti juga dengan tangga spiral, desain tangga berputar ini efektif untuk menghemat ruang.

2. Model Tangga Rumah Sempit Melengkung Berjarak

(Sumber: seni rupa)

Tangga tegak lurus dan tanpa pegangan memang cukup menyulitkan untuk digunakan, bahkan bagi kamu yang memiliki kondisi prima. Itulah alasannya mengapa tangga dengan bentuk huruf L masih jadi pilihan terbaik meskipun memakan tempat.

Untuk ruang sempit kamu bisa mengakalinya dengan desain tangga yang melengkung dan anak tangga berjarak. Desain tangga rumah sempit sederhana jenis ini akan terlihat berbeda dan memberikan ruang yang luas dengan sudut sedikit melengkung.

Anak tangga yang berjarak juga dapat membantu kamu menghemat penggunaan ruang. Kamu pun tetap bisa menggunakan teralis besi sebagai pegangannya, deh.

Nah, untuk meminimalisasi penggunaan ruang sekaligus mempercantik tampilan, pastikan menggunakan kayu sebagai material pembuat tangga.

3. Manfaatkan Ruang di Bawah Tangga

Agar interior rumah yang sempit terlihat rapi, ruang di bawah tangga pun dapat dimanfaatkan. Misalnya, kamu bisa membuat ruang di bawah tangga sebagai gudang atau lemari untuk menyimpan berbagai perabotan.

4. Model Tangga Rumah Minimalis Lurus

(Sumber: Tokopedia)

Model desain tangga rumah sempit sederhana tipe ini dikenal dengan bentuknya yang memanjang ke atas.  Selain itu, tangga lurus juga dikenal tak memiliki cabang atau belokan.

Bentuk tangga rumah minimalis ini kerap disebut sebagai tangga model linear atau lurus.  Meski banyak diterapkan pada hunian luas, rumah dengan lahan terbatas juga bisa menerapakannya.

5. Model Tangga Rumah Minimalis Sederhana Multifungsi

(Sumber: italianbark.com)

Salah satu desain tangga rumah sempit sederhana yang baik adalah memiliki fungsi ganda atau multifungsi.

Seperti gambar di atas, lebar tangga rumah ini tidak lebar namun bagian sisi tangga dilengkapi rak untuk menyimpan berbagai barang. Material kayu pinus membuat tangga ini terlihat cerah dan memberikan kesan natural.

6. Model Tangga Rumah Melengkung

(Sumber: Pinterest)

Jika tidak memungkinkan untuk menggunakan desain tangga rumah sempit yang lurus karena alasan keselamatan, coba desain tangga rumah sempit yang melengkung seperti ini.

Sekilas mirip dengan tangga bentuk huruf L, hanya saja terlihat lebih soft karena sudutnya melengkung.

Supaya tidak menciptakan kesan ruangan yang sempit, gunakan teralis besi yang memiliki jarak satu sama lain.

7. Model Tangga Rumah Minimalis Sederhana Cubism

Ingin desain tangga rumah sempit sederhana dengan gaya modern kontemporer? Bisa banget.

Hidupkan kembali elemen-elemen kontemporer pada tangga dengan ruang-ruang berbentuk square. Sebagai penunjang konsep modern kontemporer, kamu bisa menambahkan elemen dari kayu dan sedikit sentuhan bernuansa monokrom dari besi.

Selain mendapatkan kesan dinamis, desain tangga rumah sempit sederhana model cubism seperti ini tidak akan menghabiskan seluruh bagian ruangan, bisa dibilang hemat ruang.

8. Model Anak Tangga Sempit

(Sumber: Media Gambar)

Desain tangga rumah sempit sederhana model ini akan menyesuaikan dengan ketersediaan ruangan, jika anak tangga dipersempit, maka akan mengoptimalkan luas area lantai. Sehingga area lantai tidak terbuang sia-sia untuk area tangga yang tidak perlu.

9. Desain Tangga Rumah Sempit Irit Tempat Tapi Kreatif

(Sumber: contemporist.com)

Sebenarnya desain tangga rumah sempit yang satu ini hampir sama dengan tangga lainnya yang berbentuk lurus.

Yang membedakan dan membuatnya terlihat unik adalah bentuk susunan anak tangganya yang dibuat zig zag.

Tingkat keselamatan penggunanya juga sangat terjamin karena di sisi kanan dan kiri ada dinding yang menjaganya. Sangat kreatif dan membuat rumah sempitmu menjadi lebih menarik!

10. Model Tangga Rumah Minimalis Tegak dan Zig-Zag

(Sumber: Idea.grid)

Desain tangga rumah sempit sederhana tegak lurus juga masih bisa diakali untuk meningkatkan keselamatan penggunanya dengan menggunakan desain anak tangga yang sedikit zig-zag.

Anak tangga zig-zag sendiri wajib kamu pilih di rumah kecil modernmu karena dapat memudahkan penggunanya, terutama bagi anak-anak maupun lansia.

Secara desain pun jenis tangga yang satu ini terlihat unik dan lebih cantik. Dijamin cocok, deh, buat kamu yang ingin memiliki interior rumah berkarakter.

Kelemahan dari jenis tangga yang satu ini mungkin soalnya harganya. Dikarenakan butuh dirancang oleh ahli desain interior atau arsitektur agar dapat digunakan dengan baik dan optimal.

Nah, itulah beberapa desain tangga rumah sempit sederhana terbaru yang bisa jadi inspirasi kamu. Semoga bermanfaat!

Tag : #rumah    #desain rumah    #model rumah    #tangga rumah    #model tangga   

Baca Juga