Dikaitkan Satu Keluarga Tewas di Kalideres, Apa Dampak Dehidrasi Pada Tubuh Kita?

Krisna | Kesehatan | 14-11-2022

Dikaitkan Satu Keluarga Tewas di Kalideres, Apa Dampak Dehidrasi Pada Tubuh Kita? (Foto: DetikNews)

PARBOABOA, Jakarta - Apa dampak dehidrasi pada tubuh kita? Hal ini dikaitkan dengan penemuan mayat satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat, dalam kondisi ‘mengering’.

Menurut laporan Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pasma Royce, dari hasil autopsi terhadap empat mayat tersebut tidak ditemukan tanda-tanda bekas kekerasan pada mayat. Namun, ada dugaan bahwa korban tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman yang cukup lama.

"Di dalam lambungnya tidak ada isi makanan, artinya ini sudah berlangsung beberapa waktu yang lalu tidak ada mengkonsumsi makanan dan otot-ototnya sudah mengecil. Artinya, ini ada kekurangan cairan, dehidrasi, sehingga tubuh mayat ini menjadi kering," ujar Pasma kepada wartawan di Mapolres Metro Jakarta Barat, Jumat (11/11/2022).

Apa Dampak Dehidrasi pada Tubuh Kita?

Dilansir dari University of Texas MD Anderson Cancer Center. Dehidrasi merupakan kondisi saat cairan tubuh yang masuk lebih sedikit dibandingkan dengan cairan tubuh yang keluar. Hal ini bisa menyebabkan tubuh tidak mampu berfungsi dengan baik atau normal.

Rata-rata sekitar 60 persen tubuh manusia terdiri dari air, sebab air berguna untuk mengatur suhu, melindungi sumsum tulang belakang dan jaringan vital lainnya, serta membantu membuang racun dalam tubuh dan kotoran ke luar.

Jika seseorang kekurangan cairan melebihi yang dibutuhkan oleh tubuh, hal itu dapat memicu sejumlah komplikasi yang cukup serius dalam tubuh.

Adapun dampak dari komplikasi dehidrasi antara lain:

1. Kejang

2. Pembengkakan otak

3. Gagal ginjal atau masalah kemih

4. Kelelahan dan heatstroke

5. Kematian.

Tanda dan Gejala Dehidrasi

Sama seperti gangguan lainnya, gejala dehidrasi bisa dilihat dari tanda-tanda yang dialami tubuh, antara lain:

1. Sakit kepala atau pusing

2. Sering mengantuk

3. Penurunan buang air kecil

4. Urine berwarna kuning gelap

5. Kulit menjadi kering atau keriput

6. Detak jantung menjadi lebih cepat dari normalnya

7. Mudah sesak Nafas

8. Tubuh Mudah lesu

9. Sering mengalami syok

10. Iritabilitas atau kebingungan

11. Kram otot

Itulah dampak dan gejala dari dehidrasi cukup menyeramkan bukan? Sebab dehidrasi parah yang dibiarkan tanpa penanganan bisa menyebabkan kematian.

Jadi kita jangan pernah sepelekan kondisi dehidrasi dan selalu ingat untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh setiap harinya, ya!

Tag : #dampak dehidrasi    #mayat kalideres    #kesehatan    #komplikasi dehidrasi    #gejala dehidrasi   

Baca Juga