Ilustrasi Doa Keselamatan (Dok. theAsianparent)

4 Bacaan Doa Keselamatan Dunia Akhirat Serta Memohon Perlindungan

Mei | Pendidikan | 18-06-2022

PARBOABOA - Tak hanya melafazkan allahumma yassir wala tu'assir sebagai sebuah doa untuk memperoleh kemudahan, melafalkan doa keselamatan juga merupakan sebuah sebuah keutamaan untuk mendapatkan perlindungan selalu dari Allah SWT.

Kita sebagai hamba Allah SWT  pasti senantiasa ingin mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa doa keselamatan yang dapat kalian lafazkan di kehidupan sehari-hari untu mendapatkan perlindungan-Nya.

Nah, berikut ini beberapa doa keselamatan yang dapat kalian lafazkan setiap harinya kepada Allah SWT.

1. Doa Keselamatan Dunia Akhirat

Doa yang pertama adalah doa keselamatan dunia akhirat, yang jika di lafazkan setiap saat akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT  dan juga dihindarkan dari berbagai macam penyakit.

Ayat :

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

"Allahumma inna nas aluka salamatan fiddiini wa 'aafiyatan fil jasadi waziaadatan fil'ilmi wabarakatan firrizqi wataubatan qablal maut warahmatan 'indal maut wamaghfiratan ba'dal maut allahumma hawwin'alainaa fii sakaraatil maut wa najjata minanaari wal'afwa indal hisaab."

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.

2. Doa Keselamatan untuk Menolak Bala atau Malapetaka

Doa berikutnya yang dapat kalian lafazkan adalah doa keselamatan untuk memohon perlindungan dari segala mala petaka dan juga bala,

Secara garis besar, doa ini berikana permohonan kepada Allah SWT dari segala macam bencana dan ujian di dunia serta siksaan di akhirat.

Ayat :

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ

اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

"Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni‘mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal ‘āfiyah, wa abwābal jannah.

Allāhumma ‘āfinā min kulli balā’id duniyā wa ‘adzābil ākhirah, washrif ‘annā bi haqqil Qur’ānil ‘azhīm wa nabiiyikal karīm syarrad duniyā wa ‘adzābal ākhirah.

Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūn, wa salāmun ‘alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn."

Artinya: “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Alquran yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang Maha Pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam,”

3. Doa Keselamatan di Jalan

Doa ini sangat perlu kalian lafaz kan agar senantiasa diberikan perlindungan dan juga keselamatan selama dalam perjalanan yang sedang ditempuh.

Ayat :

اللَّهُمَّ اطْوِ لَهُ البَعِيْدَ (البُعْدَ)، وَهَوِّنْ عَلَيْهِ السَّفَرَ

"Allahummathwi lahul ba‘īda (bu’da) wa hawwin ‘alayhis safara."

Artinya: “Ya Allah, dekatkan jarak tempuhnya yang jauh dan mudahkanlah perjalanan baginya.”

4. Doa Keselamatan Orang Tua

Mendoakan orangtua merupakan suatu kewajiban bagi seorang anak, agar orangtua tetap dalam keadaan yang sehat dan senantiasa diberikan perlindungan.

Ayat :

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

"Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā."

Artinya: "Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

Nah, itulah beberapa doa keselamatan yang dapat kalian lafaz kan di setiapa harinya untuk senantiasa mendapatkan perlindungan dan juga keselamatan dari Allah SWT.

Tag : #pendidikan islam    #doa islam    #pendidikan   

Baca Juga