Doa ketika ada petir ( Dok: m.oase.id)

Doa Ketika Ada Petir Berdasarkan Dalil Beserta Arti dan Terjemahannya

Rahma | Pendidikan | 10-06-2022

PARBOABOA - Hujan adalah salah satu fenomena alam yang tidak jarang disertai petir dengan sambaran kilatan cahaya dan suara menggelegar.

Sepeti yang telah kita bahas sebelumnya, hujan merupakan salah satu bentuk curahan rahmat dari Allah swt kepada seluruh makhluknya yang ada di Bumi.

Untuk itu, umat Islam sangat dianjurkan untuk membaca doa turun hujan. Bila hujan turun disertai dengan petir, teman-teman bisa menambahkannya dengan doa ketika ada petir.

Dalil Membaca Doa Ketika Ada Petir

Doa ketika ada petir ini sangat dianjurkan untuk dibaca. Selain agar dijauhkan dari bencana yang ada, ini juga termasuk ibadah sunnah yang sering dilakukan oleh Rasulullah saw. Berikut ini hadisnya:

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

“Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan.” (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shohihul Jaami’ no. 3078).

Di dalam hadis diatas, Rasulullah saw mengatakan bahwa saat hujan merupakan salah satu waktu yang sangat baik untuk memperbanyak doa.

Maka tidak ada salahnya, bila membaca doa ketika ada petir agar mendapat rasa aman. Selain hadis diatas, dalil tentang membaca doa ketika ada petir juga terdapat pada QS Al Furqan ayat 48 yakni:

وَهُوَ الَّذِيْٓ اَرْسَلَ الرِّيٰحَ بُشْرًاۢ بَيْنَ يَدَيْ رَحْمَتِهٖۚ وَاَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً طَهُوْرًا

Artinya: "Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih."

Ibnu Baththah mengatakan, “Terdapat hadis yang berisi tentang anjuran untuk berdoa ketika turun hujan agar kebaikan dan keberkahan semakin bertambah, begitu pula semakin banyak kemanfaatan.” (Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 5: 18, Asy Syamilah).”

Hadis yang dimaksud adalah sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh salah satu Ummul Mukminin (istri Nabi Muhammad saw) yang bernama Aisyah RA, berkata:

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ  اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”. (HR. Bukhari no. 1032)

Baca juga: Allahumma Yassir Wala Tu'assir Artinya

Kumpulan Doa Ketika Ada Petir Arab Beserta Latin dan Terjemahannya

Berikut ini bacaan doa mendengar petir dari beberapa sumber yang  dapat kalian amalkan. Teman-teman cukup memilih salah satu dari doa-doa hujan petir dibawah ini ya!

1. Menurut NU

Doa mendengar petir ini dianjurkan sesuai riwayat dari Imam Tirmidzi dari Ibnu Umar dan pernah dicontohkan oleh Rasulullah saw, sehingga muncullah hukun sunnah tentang mengamalkan doa ini.

اللَّهُمَّ لا تَقْتُلْنَا بِغَضَبِكَ، وَلا تُهْلِكْنَا بِعَذَابِكَ ، وَعَافِنَا قَبْلَ ذَلِكَ

Bacaan latin: Allahumma laa taqtulna bighadlabika walaa tuhlikna biadzabika wa 'afinaa qabla dzaalik.

Artinya: Ya Allah, janganlah kau matikan kamu dengan kemarahan-Mu, dan janganlah kau rusak diriku dengan siksa-Mu, dan maafkanlah aku sebelum semua itu terjadi.

2. Menurut Amalan Para Sahabat Rasulullah saw 

Doa ini diambil sesuai riwayat dari Yazid bin Abdul Qadir Jawas yang tertulis dalam kitab Almuwaththa’ dari sahabat Abdullah bin Zubair. Doa hujan petir ini juga sering diamalkan oleh para sahabat Rasulullah loh!

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Bacaan latin: Subhanalladzi yusabbihur ro'du bi hamdihi wal mala-ikatu min khiifatih

Artinya: "Maha Suci Allah SWT, petir, dan malaikat memuji Allah menyucikanNya karena takut kepadaNya." (HR Imam Malik).

3. Menurut Para Tabi'in

Doa ini diambil dari contoh amalan dari Imam Syafii yang tertulis dalam kitab Al Umm yang bersumber dari Imam Thawus. Dalam kata lain, doa ketika ada petir ini berasal dari para tabi’in. Doa ini juga memiliki hukum sunnah untuk diamalkan 

سُبْحَانَ مَنْ سَبَّحَتْ لَهُ

Bacaan latin: Subhana man sabbahat lahu.

Artinya: “Maha suci zat yang mana petir bertasbih kepada-Nya".

Sampai disini dulu pembahasaan kita mengenai doa ketika ada petir. Menurut beberapa pendapat para ulama, petir adalah suara malaikat saat mengatur awan.

Sementara kilat (barq) merupakan kilatan cahaya yang berasal dari cambuk malaikat tersebut saat menggiring awan mendung.

Pernyataan ini terdapat dalam buku tafsir yang benama Tafsir Jalalain dan Hasyiyah ash Showi, yang ditulis sesuai pendapat dari para ulama, salah satunya adalah As Suyuthi.

Tag : #pendidikan islam    #doa    #pendidikan    #doa ketika ada petir    #doa anak    #dalil    #sunnah   

Baca Juga