Doa Naik Kendaraan (Dok: ujiansma.com)

7 Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, dan Udara Lengkap Dengan Arti dan Latinnya

Rahma | Pendidikan | 09-06-2022

PARBOABOA - Doa naik kendaraan merupakan salah satu amalan yang sering dikerjakan Rasulullah SAW yang dilakukan dengan tujuan agar diberi rasa aman dan keselamatan saat berkendara atau saat diperjalanan.

Untuk itu, setiap umat Islam sangat dianjurkan untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT ketika hendak bepergian atau safar.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas tuntas mengenai doa naik kendaraan dan artinya lengkap dengan hadis sebagai dasar hukumnya.

Baca juga: allahumma yassir wala tu'assir

Dalil Tentang Anjuran Berdoa Naik Kendaraan

Doa naik kendaraan adalah amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah untuk dibiasakan. Pernyataan ini sesuai dengan dalil Al-Quran maupun hadis yang ada, dan berbunyi:

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ: دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ، وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ

Artina: “Tiga waktu diijabahi (dikabulkan) doa yang tidak diragukan lagi yaitu: doa orang yang terzalimi, doa seorang musafir, dan doa orang tua pada anaknya.” (HR. Ahmad, 12:479; Tirmidzi, no. 1905; Ibnu Majah, no. 3862. Syaikh Al-Albani menghasankan hadis ini).

Selain itu di dalam Al-Quran, juga terdapat surah yang berisi firman Allah swt mengenai anjuran untuk membaca doa naik kendaraan, yakni:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Wa qāla rabbukumud'ụnī astajib lakum, innallażīna yastakbirụna 'an 'ibādatī sayadkhulụna jahannama dākhirīn

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina". (Q.S Al-Mu’min:60)

Kumpulan Doa Naik Kendaraan dan Artinya

1. Doa Sebelum Bepergian

Sebenarnya kita tidak hanya dianjurkan untuk berdoa naik kendaraan saja, melainkan sebelum melakukan apa pun kita juga perlu berserah diri kepada Allah swt.

Termasuk juga berdoa sebelum bepergian. Sesuai sunnah Rasulullah saw, berikut doa yang dapat kamu amalkan ketika sebelum mulai untuk bepergian.

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allahumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

2. Doa Keluar Rumah

Ketika hendak bepergian, doa keluar rumah dan naik kendaraan perlu untuk diamalkan juga. Doa keluar rumah ini berguna untuk memohon perlindungan dari Allah swt. Berikut ini doanya:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja.

3. Doa Naik Kendaraan Darat

Jika kamu berpergian menggunakan alat transportasi darat, maka jangan lupa untuk membaca doa naik kendaraan darat dibawah ini ya!

سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِ نِيْنَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhaanalladzii sakhkhara lanaa hadzaa wamaa kunnaa lahuu muqriniin, wa innaa ilaa rabbinaa lamunqolibuun.

Artinya: “Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari kiamat).”

4. Doa Naik Kendaraan Laut

Ketika naik kapal atau pun sampan, terkadang muncul rasa takut bila tiba-tiba celaka dan tenggelam kedalam air. Maka alangkah baiknya, jika kamu membaca doa naik kendaraan laut berikut ini.

Tujuannya agar Allah swt akan memberikan rasa aman dan keselamatan hingga sampai tujuan. Doa naik kendaraan laut ini juga sering dikenal dengan sebutan doa naik kendaraan Majreha.

بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرٰ۪ىهَا وَمُرْسٰىهَا ۗاِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Bismillaahi majreehaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya: "Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Selain doa diatas, menurut Ibnu Abbas terdapat pula doa naik kendaraan laut lainnya yang dapat kamu amalkan, yakni sebagai berikut.

وَقَالَ اَرْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Maha Raja, dan mereka tidak menghormati Allah dengan penghormatan yang semestinya, hingga akhir hayat.”

5. Doa Naik Kendaraan Udara

للهُ أَكْبَر، اللهُ أكْبر، الله أكْبَر، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا، وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ، اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Bacaan latin: Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas'aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal 'amal maa tardho, allahumma hawwin 'alaina safarona hadza wa athwi 'annaa bu'dahu, allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a'udzubika min wa'tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli

Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridloi.

Sesuai namanya, doa naik kendaraan udara dapat kamu amalkan ketika hendak berpergian menggunakan alat transportasi udara seperti pesawat, helikopter dan lainnya.

Karena di zaman nabi belum ada alat transportasi udara, maka doa naik kendaraan udara dibuat sesuai kesepakatan para ulama dan tetap bedasarkan dalil yang berkaitan.

6. Doa Perlindungan Dalam Perjalanan

Setelah membaca doa naik kendaraan sesuai dengan transportasi yang digunakan, kamu juga bisa menambahkan dengan membaca doa perlindungan dalam perjalanan berikut ini:

اَلْحَمْدُللهِ الَّذِيْ سَلَّمَنِيْ وَالَّذِيْ آوَانِيْ جَمَعَ الشَّمْلَ بِيْ

Alhamdu lillaahil-ladzii sallamanii wal-ladzii aawaanii wal-ladzii jama’asy-syamla bii

Artinya: “Segala puji milik Alloh yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku.”

7. Doa Naik Kendaraan yang Singkat Setelah Sampai Tujuan

Pada saat tiba di tempat tujuan, juga tetap dianjurkan untuk membaca doa. Berikut ini bacaan doa naik kendaraan yang singkat setelah sampai tujuan.

اَللّٰهُمَّ إِنِّىْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَافِيْهَا وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَافِيْهَا

Allaahumma innii as aluka lhairohaa wakhairo ahlihaa wakhairo maa fiihaa wa a'uudzubika min syarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.

Artinya: "Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya"

Itulah beberapa doa naik kendaraan yang dapat kamu amalkan ketika hendak bepergian. Sebenarnya materi diatas merupakan salah satu pelajaran mengenai doa naik kendaraan untuk anak tk.

Namun orang dewasa juga banyak yang sudah lupa dengan bacaan-bacaan doa naik kendaraan dan artinya. Oleh sebab itu, alangkah baiknya untuk mengulang pelajaran ini ya teman.

Tag : #pendidikan islam    #doa    #pendidikan    #doa naik kendaraan    #darat    #laut    #udara   

Baca Juga