Ilustrasi Berdoa di dalam Kristen (Dok. TribunBatam)

6 Contoh Doa untuk Kedua Orang tua secara Kristen

Olivia | Nasional | 23-04-2022

PARBOABOA – Di dalam agama Kristen, anak-anak diajarkan mengenal kasih. Selain itu, mereka juga dididik untuk menghormati kedua orang tua seperti yang tertulis pada perintah Allah yang ke-5. Dan Efesus 6  Ayat 1 yang berbunyi, ”Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian”.

Karena Tuhan yang kita lihat di dunia ini adalah mereka, orang tua kita sendiri.

Oleh karena itu, sudah menjadi sebuah kewajiban bagi seorang anak untuk selalu mendoakan kedua orang tuanya. Karena itu salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membalas kebaikan mereka yang sudah kita terima sampai saat ini.

Doa untuk kedua orang tua yang sering dipanjatkan, seperti doa meminta kesehatan, kesembuhan, bahkan doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal. Berikut beberapa doa orang Kristen untuk orang tua.

I. Bacaan Doa untuk Kedua Orang tua Agar Sehat Selalu

1. Allah Bapa yang penuh kasih sayang, kami bersyukur kepada-Mu atas kedua orang tua kami. Melalui mereka Engkau menciptakan kami. Lewat kasih sayang mereka, Engkau mencintai kami. Mereka tidak pernah berhenti mendidik, mendampingi, serta membesarkan kami.

Kami mohon berkatilah mereka, berilah mereka kesabaran, berilah mereka kesehatan supaya senantiasa sanggup melaksanakan tugas mereka selaku pembina keluarga. Haleluya, Amin.

2. Ya Allah, Tuhan kami. Kami berdoa untuk kedua orang tua kami, berikan kesehatan yang sempurna, dilindungi dari berbagai penyakit dan dijauhkan dari marabahaya. Berikan perlindunganMu untuk kehidupan mereka, teguhkan hati dan iman mereka dalam menjalankan terangMu.

Peluk mereka dengan kasihMu, supaya kedamaian dan kebahagiaan menyelimuti usia mereka yang beranjak semakin tua. Kami panjatkan doa ini dengan penuh pengharapan sepenuh hati kepada Tuhan Yesus. Semoga orang tua kami selalu diberi berkat kesehatan. Haleluya, Amin.

II. Bacaan Doa untuk Kedua Orang tua yang sedang Sakit

1. Allah Bapa yang bertahta di kerajaan surga. Saat hari ini orangtua kami sakit. Mereka telah banyak berusaha dan akhirnya tidak sanggup lagi hingga jatuh dan harus dirawat di rumah sakit. Tentu kami merasakan kesakitan seperti apa yang kedua orang tua kami rasakan.

Kami mohon Tuhan, dengan segala kerendahan hati. Kami mohon agar penyakit yang ada di dalam tubuh orang tua kami dicabut. Bebaskan orang tua kami dari penderitaan yang menyiksa. Gantilah sakit menjadi sehat, berikan harapan untuk menggantikan keputusasaan.

Karena kami tidak sanggup melihat orang tua kami jatuh sakit. Tidak sanggup melihat mereka terpuruk di atas ranjang rumah sakit. Kami ingin mereka sehat, kami ingin mereka seperti sedia kala. Tuhan, hanya kepada-Mu kami mampu berdoa. Haleluya, Amin.

2. Bapa yang baik, tidak bosan-bosannya hambaMu ini mengucap syukur atas apa yang sudah Engkau berikan kepada kami. Saat ini Bapa, hati kami tengah terluka karena orang tua yang kami cintai sedang menderita penyakit yang membuat dirinya putus asa.

Kami sudah mencoba memberikan pengobatan secara medis, namun belum membuahkan hasil. Kami tidak tahu mau kemana lagi mengadu selain memohon pengasihanMu.

Angkatlah dan buanglah jauh-jauh penyakit yang diidap mama kami. Jangan biarkan dia merasakan penderitaan lebih dari ini. Kabulkanlah doa hambaMu ini, didalam nama anakMu Tuhan Yesus Jurus’lamat kami. Haleluya, Amin.

III. Bacaan Doa untuk Kedua Orang tua yang Sudah Meninggal

1. Allah yang maha besar, betapa banyak kenangan bersama orangtua semasa kami hidup bersama dalam satu rumah. Ada sukacita dan ada duka dalam menjalani kehidupan sebagai keluarga yang tentu membuat saya teringat akan masa lalu.

Bapa, saat ini kedua orangtua saya telah meninggal dunia, meninggalkan saya bersama adik-adik yang telah dewasa, namun rasa sedih ini rasanya belum mau hilang, ketidakikhlasan masih menyelimuti hati dan itu jelas bukan perasaan yang baik.

Maka dari itu, Tuhan, kiranya bantulah saya dan adik-adik agar dapat ikhlas merelakan kepergian mereka, bantulah kami melewati kegelapan dan genggam tangan kami menuju cerah dan sukacita. Bantulah kami melewati kesedihan supaya tidak berlarut-larut. Dalam nama Tuhan Yesus Jurus’lamat kami berdoa. Haleluya, Amin.

2. Bapa yang Maha baik. Pada kesempatan ini kami berkumpul dengan tujuan ingin mendoakan orangtua kami yang telah meninggal dunia. Mereka telah meninggalkan ilmu yang bermanfaat bagi kami, anaknya. Mereka telah mendidik kami dengan baik agar selalu ingat akan Engkau.

Tuhan, sudah satu tahun sejak orang tua kami meninggal dunia. Banyak yang terjadi setelah itu namun kenangan akan mereka masih membekas dalam hati kami. Kadang kami teringat ketika orang tua kami menahan sakit hingga menghembuskan nafas terakhir, itu membuat kami cukup sedih.

Jujur kami masih belum dapat melupakan orangtua kami. Oleh karena itu, berikan kami kekuatan untuk menghadapinya. Bimbinglah kami keluar dari kesedihan. Tempatkan mereka di tempat yang terbaik, agar kami tenang. Hanya itu permohonan kami. Engkau pasti mendengar suara kami, Tuhan. Haleluya, Amin.

Itulah keenam doa untuk kedua orang tua yang bisa kita panjatkan setiap harinya, agar mereka mendapatkan kesehatan, penyembuhan bagi yang masih hidup, serta ditempatkan disisi-Nya, bagi orang tua yang telah meninggal. Semoga kita semua senantiasa berada didalam naungan kasih Kristus.

Tag : #Doa untuk kedua orang tua    #Doa    #Nasional    #Keluarga    #Kristen    #Doa Kristen    #Doa Pengasih    #orang tua   

Baca Juga