Rayakan Mental Health Day dengan Tontonan yang Bikin Hati Tenang

Rayakan Mental Health Day dengan Tontonan yang Bikin Hati Tenang

Sondang | Hiburan | 13-10-2021

Rayakan Mental Health Day dengan Tontonan yang Bikin Hati Tenang

PARBOABOA, Siantar – Mental Health Day atau Hari Kesehatan Mental serentak dirayakan pada Minggu (10/10) di seluruh dunia. Selain kesehatan fisik, kita perlu menjada kesehatan mental di situasi pandemi COVID-19 seperti ini.

Kamu dapat menjaga kesehatan mental dengan tontonan yang menghibur dan membuat hati tenang, salah satunya dengan drama korea. Drama korea gak melulu tentang percintaan. Parboaboa akan suguhi kamu dengan drama korea yang mengandung kesehatan mental. Yuk simak kelanjutannya!

Drama Korea Bertema Kesehatan Mental:

1. My Mister

Drama ini dibintangi oleh Park Dong-hoon (Lee Sun-kyun) dan Lee Ji-an (IU) yang menceritakan keduanya sama-sama mengidap depresi dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dalam drama ini, kita akan mendapatkan pelajaran bahwa masalah kita bisa menjadi ringan jikalau membantu kesulitan dari orang lain.

Lee Ji-an merupakan seorang wanita muda yang hidup miskin, penuh utang, serta kerap mengalami kekerasan. Di sisi lain, Dong-hoon mengetahui bahwa istrinya telah selingkuh dengan bosnya. Namun, Dong-hoon dan Ji-an yang merupakan rekan kerja akhirnya saling membagi pengalaman pahit mereka tersebut dan menolong satu sama lain.

Drakor ini pun dianggap sukses menggambarkan realita sesungguhnya dari seseorang yang mengalami depresi. Buktinya, My Mister berhasil meraih piala “Drama Terbaik” dan “Naskah Terbaik” di ajang Baeksang Awards.

2. Chocolate

Drama ini dibintangi oleh Lee Kang (Yoon Kye-sang) dan Moon Cha-yeong (Ha Ji-won) yang menceritakan keduanya merupakan sepasang teman masa kecil dan bertemu kembali setelah beranjak dewasa.

Lee Kang berprofesi sebagai dokter bedah syaraf meski bercita-cita sebagai koki dan Moon Cha-yeong merupakan juru masak.

Selain karena telah berteman sejak kecil, keduanya memiliki satu hal lagi yang mengikat hubungan mereka, yaitu trauma yang tragis. Dalam salah satu adegannya, kita pun digambarkan bagaimana kondisi seseorang yang menderita gangguan stres pascatrauma (PTSD) saat mengingat memori buruk tersebut. Pada akhirnya, mereka pun saling membantu dalam mengatasi trauma tersebut dan menjalin hubungan romantis.

3. It's Okay That's Love

Drama ini dibintangi oleh Ji Hae-soo (Gong Hyo-jin) dan Jang Jae-yeol (Jo In-sung) yang menceritakan gangguan genophobia atau rasa takut untuk melakukan hubungan seks yang dialami oleh Hae Soo. Hal itu diakibatkan trauma masa lalunya. Drama ini bisa dibilang sukses menggambarkan bagaimana sebuah penyakit mental memengaruhi aktivitas sehari-hari dari orang yang mengidapnya.

Phobia miliknya tersebut tentunya memengaruhi kehidupan percintaannya dengan penulis novel fiksi, Jae-yeol. Namun, sang cowok juga mengidap gangguan obsesif-kompulsif (OCD) yang membuatnya hanya bisa tidur di bathub-nya dan juga mengalami skizofrenia yang membuatnya kerap berhalusinasi.

Penyelesaian gangguan kesehatan mental dari mereka berdua pun dikemas dengan cara yang emosional dan juga terkadang bikin tertawa. Berkat penggambaran apiknya tentang kesehatan mental, It’s Okay, That’s Love mendapatkan plakat penghargaan dari Korean Society for Schizophrenia Research. Tak cuma itu, drakor ini juga meraih piala “Drama Inspirasional Terbaik” di Asia Rainbow TV Awards 2016.

4. Kil Me, Heal Me

Drama ini dibintangi oleh  Ji Sung (Cha Do-hyun) dan Oh Ri-jin (Hwang Jung-eum) yang menceritakan perjuangan Do-hyun untuk mengatasi gangguan kepribadian ganda. Meskipun sudah menjalani terapi selama bertahun-tahun, kondisinya tak kunjung membaik.

Ji Sung berperan sebagai pebisnis terkemuka  yang ternyata pernah mengalami kekerasan sewaktu kecil. Akibatnya, Do-hyun memiliki gangguan kepribadian ganda dan punya enam identitas berbeda yang dia sembunyikan selama 11 tahun.

Untuk mengatasi gangguan mentalnya dan menghindari salah satu identitas alternatifnya mengambil alih, Do-hyun pun meminta bantuan dari seorang psikiater bernama Jung-eum. Berkat jalan ceritanya yang unik tersebut, drakor ini meraih rata-rata rating penonton sebesar 10%. Tak cuma itu, Kill Me, Heal Me juga meraih penghargaan “Drama Terbaik” di WorldFest-Houston International Film Festival 2016.

5. It’s Okay to Not be Okay

Drama ini dibintangi oleh Moon Gang-tae (Kim Soo-hyun), Moon Sang-tae (Oh Jung-se) dan Ko Moon-young (Seo Ye-ji). Drama ini menceritakan Gang tae yang bekerjas sebagai perawat di rumah sakit jiwa dan memiliki kakak yang mengidap autisme, Sang tae. Ia kemudian bertemu dengan penulis buku anak yang memiliki trauma masa kecil dan punya gangguan kepribadian antisosial, Moon young.

Ketiganya pun dikisahkan saling membantu menyembuhkan luka emosi dan kesehatan mental satu sama lain meski memiliki kepribadian yang sangat bertolak belakang. Tak cuma itu, di rumah sakit jiwa tempat Gang-tae bekerja kita juga kerap disajikan dengan berbagai jenis masalah penyakit mental. Mulai dari kepribadian ganda hingga kecanduan.

Selamat Menonton!

Tag : #hiburan    #mental    #drakor    #rekomendasi   

Baca Juga