2 Kuda Nil Positif Covid-19 di Kebun Binatang Belgia.

Dua Ekor Kuda Nil di Kebun Binatang Belgia dilaporkan Positif Covid-19

Maraden | Internasional | 07-12-2021

PARBOABOA – Dua ekor kuda nil di kebun binatang Antwerpen, Belgia terkonfirmasi positif terpapar Covid-19.

Dua ekor kuda nil tersebut ialah Imani (14) dan Hermien (41). Pihak kebun binatang menyebut walau terjangkit Covid-19, kedua kuda nil itu tidak menunjukkan gejala Covid-19, selain pilek.

Walau belum diketahui bisa Imani dan Hermien terjangkit Covid-19, namun kebun binatang Antwerpen menyebut dua ekor kuda nil itu dalam keadaan baik-baik saja.

Namun pihak pengelola kebun binatang segera memperketat pembatasan dengan menutup gedung kuda nil ditutup sementara untuk menghindari penularan dari hewan tersebut ke pengunjung sampai tes terhadap hewan koleksinya negatif Covid-19.

Kedua hewan mamalia itu terkonfirmasi positif Covid-19 beberapa hari setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan temuan varian baru virus corona B1.1.529 atau Omicron pada Kamis (25/11/2021) lalu.

Kasus infeksi virus corona pada spesies ini adalah yang pertama kalinya dilaporkan. Sejauh ini, infeksi Covid-19 telah ditemukan pada beberapa hewan, termasuk pada kucing besar seperti singa dan harimau, juga mamalia lain yakni rusa.

Imani dan Hermien diketahui positif Covid-19 setelah dokter hewan di Kebun Binatang Antwerpen memutuskan untuk melakukan tes Covid-19 terhadap keduanya.

Test dilakukan menyusul beberapa kasus infeksi virus corona yang ditemukan di penangkaran dan perawatan hewan secara global.

 “Ini adalah kontaminasi pertama yang tercatat pada spesies ini (kuda nil). Di seluruh dunia, virus ini sebagian besar terlihat pada kera besar dan kucing,” kata dokter hewan Kebun Binatang Antwerpen, Francis Vercammen.

Kebun binatang Antwerpen keudian menyelidiki penyebab Imani dan Hermien terjangkit Covid-19 . Mereka juga mengonfirmasi tidak ada satu pun dari penjaga kebun binatang yang menunjukkan gejala positif saat dites Covid-19.

Kandang Imani dan Hermien pun untuk sementara telah disegel dan pawang mereka yang telah dites negatif Covid-19 harus memakai masker dan kacamata pengaman, serta mendisinfeksi alas kaki mereka sebelum berinteraksi dengan hewan itu.

Tag : #kuda nil    #covid-19    #kuda nil positif covid-19    #belgia    #berita internasional   

Baca Juga