Ilustrasi gempa

Dua Gempa Dahsyat Guncang Nias Selatan Hari ini

Sarah | Daerah | 14-03-2022

PARBOABOA, Nias - Wilayah Nias Selatan, Sumatera Utara (Sumut) tengah dilanda bencana alam. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, wilayah Nias Selatan diguncang gempa sebanyak dua kali pada hari ini, Senin (14/3/2022).

Gempa yang pertama terjadi pada pukul 04.09 WIB dengan kekuatan 6,9 M yang berpusat di 0,71 Lintas Selatan, 98,50 Bujur Timur, atau 161 km tenggara Nias Selatan dengan kedalaman 25 kilometer.

Gempa kedua kemudian terjadi pada pukul 04.38 WIB dengan kekuatan 6,0 M pada kedalaman 26 km di 154 km tenggara Nias Selatan.

Adapun wilayah yang turut merasakan guncangan gempa tersebut yakni, Padang, Siberut, Nias Selatan, Gunungsitoli, Padang Panjang, Bukit Tinggi, Pasaman Barat, Tua Pejat, Pariaman, Dhamasraya, Payakumbuh, Kerinci, Tapanuli Selatan, Pesisir Selatan, Batusangkar, Padang Pariaman dan Solok.

Namun, BMKG tidak menyebutkan apakah gempa tersebut berpotensi tsunami atau tidak. Karena itu, BMKG mengimbau warga di sekitar lokasi untuk waspada akan adanya gempa susulan yang terjadi kembali.

Masyarakat bisa melakukan langkah antisipasi untuk menjaga keselamatan dengan cara melindungi badan dan kepala dari reruntuhan bangunan di bawah meja dan lain-lain. Cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan goncangan, lari ke luar apabila masih dapat dilakukan.

Jika berada di luar rumah, menghindarlah dari bangunan yang ada di sekitarnya seperti gedung, tiang listrik, pohon, dan lain-lain. Dan menghindarlah jika ada retakan tanah.

Tag : #gempa bumi    #nias selatan    #berita daerah    #BMKG   

Baca Juga