Ducati Desert X 2022.

Ducati Hadirkan DessertX 2022 dengan tampilan ala Paris-Dakar

Maraden | Otomotif | 13-12-2021

PARBOABOA – Produsen sepeda motor terkemuka asal Italia, Ducati Motors Holding telah resmi meluncurkan produk terbarunya di segmen motor trail segala medan (offroad) yang dinamakan Ducati Desert X 2022.

Hadir setelah versi konsepnya pertama kali muncul di 2019, Ducati Desert X mengambil konsep retro yang kental dengan tampilan seperti motor ketahan (endurance) ditahun 1980-an yang mengkombinasikan desain ala Paris-Dakar.

Desert X 2 didesain sebagai motor serba guna untuk segala kondisi jalan yang dibekali dengan tangki bahan bakar berkapasitas 21 liter dan tangki sekunder berkapasitas delapan liter, yang diletakkan di bagian subframe belakang.

Tangki sekunder dapat aktif dengan otomatis ketika bahan bakar di tangki utama turun di bawah level tertentu.

Ada enam mode berkendara pada motor ini yang dapat diaktifkan menyesuaikan karakter lintasan aspal atau off road. Keenam mode itu yakni mode berkendara Sport, Touring, Urban, Wet, Enduro dan juga mode Rally.

Di bagian dashboardnya terdapat instrumen klaster TFT-LCD 5 inci yang menampilkan informasi penting. Juga ada fitur konektivitas Bluetooth ke ponsel pengendara sebagai opsi dengan biaya tambahan.

Selain itu terdapat fitur elektronik yang mencakup Engine Brake Control (EBC), Ducati Traction Control (DTC), Ducati Wheelie Control (DWC), Ducati Quick Shift (DQS) Up & Down dan ABS Cornering.

Fitur ABS Cornering tersebut dapat diatur ke dalam empat level mode berkendara yakni Sport, Touring, Urban dan Wet. Sedangkan dalam mode Enduro dan Rally, sistem ABS tersebut sepenuhnya dimatikan.

Pada bagian kaki-kakinya dipasangi suspensi depan Kayaba upside down berdiameter 46 mm dengan jarak main 230 mm. Sedangkan suspensi pada bagian belakang yakni model monoshock dari Kayaba dengan dengan jarak main 220 mm.

Bobot motor ini ditopang dengan pelek depan berukuran 21 inci dan belakang 18 inci. Motor ini dipasangi ban Pirelli Scorpion Rally STR tubeless bagian depan ukuran 90/90-21 dan belakang ukuran 150/70 R18.

Sedangkan pada bagian rem, motor ini memiliki rem depan Brembo jenis M50 Monobloc empat piston yang menjepit cakram ganda berdiameter 320 mm. Sedangkan pada rem belakang terdapat dua piston yang menjepit cakram tunggal selebar 265 mm.

Dapur pacu motor ini dicangkok dari Ducati Testastretta 11 937 cc V-twin yang sudah lolos standar emisi Euro-5. Mesin tersebut menghasilkan 110 tenaga kuda pada putaran 9.250 rpm dan juga mengeluarkan torsi sebesar 92 Nm pada putaran 6.500 rpm.

Tag : #ducati    #desertx    #offroad    #dakar    #paris    #otomotif   

Baca Juga