Inter Milan vs Liverpool akan bertemu pada leg pertama Liga Champions babak 16 besar (Foto: Vidio)

Duel Inter Milan vs Liverpool di Liga Champions: Adu Ketajaman Lini Serang

Michael | Sepakbola | 16-02-2022

Parboaboa.com – Inter Milan akan menghadapi Liverpool dalam pertandingan 16 besar Liga Champions di Giuseppe Meazza, Kamis (17/2/2022) dini hari WIB. Duel ini adalah kesempatan Inter menabung modal untuk menyingkirkan The Reds.

Duel Inter lawan Liverpool merupakan salah satu duel terpanas di babak 16 besar. Dari segi historis, pertandingan Inter vs Liverpool bahkan lebih bergengsi dibanding duel Atletico Madrid vs Manchester United dan Paris Saint-Germain vs Real Madrid.

Pasalnya baik Inter dan Liverpool sama-sama sudah pernah berstatus sebagai raja Eropa. Inter punya tiga gelar juara sedangkan Liverpool memiliki enam trofi Liga Champions.

Di musim ini, penampilan kedua tim juga terbilang sangat baik. Inter sempat menguasai puncak klasemen meski baru saja turun ke posisi kedua pada akhir pekan lalu. Sedangkan Liverpool juga ada di peringkat kedua dan terus berupaya mengejar Manchester City di puncak klasemen.

Pada leg pertama ini, Inter menghadapi Liverpool setelah melalui tiga rangkaian duel yang cukup menguras stamina dan fokus. AC Milan, Roma, dan Napoli adalah lawan-lawan yang dihadapi Inter dalam satu pekan terakhir. Namun dengan kata lain, Inter juga sudah punya persiapan matang untuk menghadapi pertandingan dengan tensi tinggi.

Dalam duel lawan Liverpool, Inter wajib meraih kemenangan di kandang sebagai modal menghadapi The Reds di Anfield. Meski aturan gol tandang tak lagi berlaku di Liga Champions kali ini. kemenangan bisa mengantar Inter untuk membidik hasil imbang di Anfield.

Inter Kehilangan Banyak Pemain, Liverpool Kekuatan Penuh

Masalah utama Inter saat ini adalah lini belakang mereka yang kurang solid. Dalam lima duel terakhir, Inter hanya bisa mencatat satu clean sheet dan kebobolan enam gol.

Stefan de Vrij dan kawan-kawan harus lebih solid dalam menggalang formasi tiga bek sejajar andalan Simone Inzaghi.

Di lini tengah, Inter kehilangan Nicolo Barella lantaran sanksi kartu. Namun hal itu membuat Simone Inzaghi bisa menurunkan gelandang petarung macam Arturo Vidal.

Penampilan Vidal yang punya jam terbang tinggi bakal klop dengan aksi Hakan Calhanoglu dan Marcelo Brozovic sebagai gelandang pengatur serangan Inter.

Duel Inter lawan Liverpool ini sendiri kemungkinan bakal sengit di sisi lapangan. Mohamed Salah dan Sadio Mane selama ini dikenal sebagai penyerang sayap yang sering melakukan pergerakan ke kotak penalti.

Inter juga piawai memainkan serangan dari sisi lapangan lewat kehadiran Denzel Dumfries dan Ivan Perisic yang dimainkan sebagai wing back.

Mobilitas Dumfries dan Perisic bakal beradu langsung dengan Trent Alexander-Arnold dan Andy Robertson yang rajin naik membantu serangan.

Duel di sisi lapangan ini bakal punya peran krusial untuk menentukan arah permainan, tim mana yang pada akhirnya lebih dominan menyerang dan tim mana yang akhirnya terpaksa bertahan. Namun tak menutup kemungkinan justru celah dalam serangan balik dari kedua tim yang bisa jadi momen penentuan.

Di kubu Liverpool, Jurgen Klopp telah berhasil membawa The Reds melalui satu bulan tanpa Sadio Mane dan Mohamed Salah dengan baik. 

Tanpa Mane dan Salah, Liverpool mencatat lima kemenangan dan satu hasil imbang dalam enam pertandingan yang mereka mainkan. Liverpool berhasil membuktikan mereka bisa tetap tampil kompetitif tanpa kedua bintang tersebut.

Salah sudah bermain di dua pertandingan terakhir Liverpool disusul penampilan Mane yang kembali di pertandingan lawan Burnley. Namun ujian sesungguhnya Liverpool tentu adalah duel lawan Inter di 16 besar Liga Champions.

Pertarungan Lini Serang, Diogo Jota Bisa Menjadi Pembeda

Terlepas kembalinya Salah dan Mane, pemain yang patut untuk diperhatikan di pertandingan ini adalah Diogo Jota. Striker asal Portugal itu tampil gemilang dan mampu mencetak lima gol dalam lima pertandingan terakhir bersama Liverpool.

Di duel lawan Burnley, Diogo Jota baru masuk di babak kedua. Hal ini bisa jadi indikasi bahwa Jurgen Klopp akan menurunkan Diogo Jota sebagai starter di pertandingan lawan Inter Milan.

Beban Diogo Jota sebagai tumpuan untuk mencetak gol makin terasa besar bila melihat kondisi psikologis Salah dan Mane yang masih lelah setelah mengarungi perjalanan panjang di Piala Afrika.

Sedangkan di kubu Inter Milan, Edin Dzeko layak diapungkan sebagai ujung tombak dan andalan di lini depan. Dzeko punya pengalaman bermain di Liga Inggris dan hal ini bisa jadi modal bagi dirinya untuk percaya diri.

Di lini depan, Dzeko kemungkinan besar bakal ditemani oleh Lautaro Martinez. Namun bila serangan Inter mengalami kebuntuan, Alexis Sanchez bisa jadi opsi yang menarik untuk diturunkan ke lapangan.

Seperti halnya Dzeko, Liverpool adalah musuh yang tidak asing bagi Alexis Sanchez yang pernah berseragam Arsenal dan Manchester United.

Duel Inter vs Liverpool adalah duel terbuka dengan kedua tim bakal saling menyerang. Ketiadaan keuntungan gol tandang akan makin membuat Inter bersiap meladeni permainan Liverpool dengan berani.
 

Tag : #Liga Champions    #babak 16 besar    #Inter Milan    #Liverpool   

Baca Juga