Prabowo Subianto unggul dalam hasil survei SPIN (Dok: voi.id)

Duet Prabowo-Ganjar Ungguli Anies-AHY dalam Hasil Survei SPIN

Dimas | Politik | 08-07-2022

PARBOABOA, Jakarta – Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) telah merilis hasil survei sejumlah tokoh yang disebut-sebut bakal maju dalam kontestasi politik Pilpres 2024.

Survei SPIN kali ini diketahui menempatkan Prabowo dengan tingkat popularitas dan elektabilitas tertinggi dari beberapa nama lain seperti Ganjar dan Anies.

Direktur SPIN Igor Dirgantara mengatakan bahwa Prabowo bakal jadi pemenang seandainya Pilpres digelar hari ini.

"Jadi kita sodorkan nama-namanya, Prabowo Subianto tetap menduduki tempat pertama dengan 29,3 persen," ucap Igor dalam rilis survei secara daring, Jumat (8/7).

Prabowo unggul dari beberapa nama potensial, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam simulasi dua pasangan capres-cawapres yang dilakukan oleh SPIN, Prabowo yang dipasangkan dengan Ganjar Pranowo mengungguli Anies yang dipasangkan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Temuan pada kategori pertama menunjukkan bahwa dalam kondisi Prabowo berpasangan dengan siapapun, pasti memenangkan pertarungan di mana persentase keterpilihannya selalu di atas 60 persen," demikian dikutip dari situs SPIN, Jumat (8/7).

Masih dalam simulasi dua pasangan, Prabowo kemudian dipasangkan dengan Ketua DPR RI Puan Maharani. Hasilnya, Prabowo-Puan unggul dengan pasangan Ganjar-Anies. Begitu juga saat Prabowo dipasangkan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin), yang juga unggul dari pasangan Anies-Andika Perkasa.

Sementara dalam skenario tiga pasangan, SPIN coba memasangkan Prabowo dengan Khofifah Indar Parawansa. Keduanya menang melawan pasangan Puan-Ganjar, dan Airlangga-Erick Thohir dengan perolehan 52,1 persen.

Sebagai informasi, survei SPIN dilakukan pada 25 Juni hingga 5 Juli 2022. Survei itu dilakukan terhadap 1.230 responden dengan menggunakan teknik, probably sampling, multistage random sampling, dan varian area sampling, dengan margin of error sekitar 2,8 persen.

 

Tag : #pilpres 2024    #hasil survei spin    #politik    #capres cawapres 2024    #prabowo subianto    #ganjar pranowo    #anies baswedan    #ahy   

Baca Juga