Dzikir Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar: Arab, Latin dan Artinya

Ratni Dewi Sawitri | Islam | 24-12-2022

Ilustrasi Bacaan Dzikir. (Foto:Istimewa)

PARBOABOA, Pematang Siantar -  Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar merupakan bacaan dzikir yang sering dibaca oleh umat muslim. Sebagai seorang muslim, kita sangat dianjurkan untuk selalu berdzikir mengingat Allah SWT dalam situasi apapun, baik dalam keadaan suka maupun duka. Sebab, dengan kita mengingat Allah , maka hati kita akan terasa tenang.

Pada umumnya, kalimat dzikir mengandung pujian – pujian kepada Allah SWT. Salah satu bacaan dzikir sebagai pengingat dan berisi pujian – pujian kepada Allah adalah Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar.

Pengertian Dzikir

Dzikir adalah aktivitas ibadah yang dilakukan umat Islam untuk mengingat dan mendekatkan diri dengan Allah SWT. Mengingat Allah SWT dengan maksud untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Sebagai umat muslim, kita diperintahkan untuk selalu berdzikir kepada Allah SWT dengan selalu mengingat akan kekuasaan dan kebesaran-Nya, sehingga kita bisa terhindar dari penyakit sombong dan takabbur.

Orang yang beriman akan selalu berusaha mengingat Allah SWT dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi  segala larangan-Nya. Bentuk ketaatan seorang hamba Allah SWT ialah dengan mengerjakan sholat dan berdzikir.

Salah satu bacaan dzikir yang sering dibaca, terutama di sela – sela takbir saat sholat Idul Fitri adalah subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar.

Bacaan Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar dan Artinya

Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar adalah bacaan dzikir yang artinya “ Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada satu Tuhan pun yang disembah kecuali Allah, dan Allah Maha Besar.

Adapun tulisan Arab, latin dan artinya adalah:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَاللهُ أَكْبَرُ

Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar”.

Artinya: Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada satu Tuhan pun yang disembah kecuali Allah, dan Allah Maha Besar.

Lafadz tersebut berisi pujian – pujian terhadap Allah SWT yang Maha Besar dan Maha Suci. Dimana menjadi kalimat yang paling disukai Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW mengatakan bahwa kalimat tersebut lebih disukai daripada dunia dan segala isinya berdasarkan riwayat hadits berikut ini:

Abu Hurairah meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda: “ Membaca Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar lebih disukai daripada dunia dan seisinya.” (Hadits Riwayat Muslim)

Rasulullah SAW bersabda ,”Lazimkan membaca Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar, karena semua itu dapat menghapuskan dosa sebagaimana gugurnya daun dari pohon”. (HR Ibnu Majah)

Keutamaan Berdzikir

Lafadz Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar merupakan salah satu bacaan dzikir. Dzikir ini memiliki keutamaan yang wajib umat muslim ketahui. Adapun keutamaan berdzikir diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menghapus dosa
  2. Orang yang mengingat Allah SWT akan selalu diingat oleh Allah SWT
  3. Orang yang berdzikir termasuk orang yang beruntung
  4. Dzikir dihitung sebagai amal shaleh
  5. Orang yang berdzikir hakekatnya adalah orang yang hidup

Selain itu, manfaat dari berdzikir adalah sebagai berikut:

  • Hati akan menjadi tentram
  • Terhindar dari perbuatan keji dan munkar
  • Mendapat pahala
  • Menghapus dosa
  • Mendekatkan diri kita kepada Allah SWT

Demikianlah artikel tentang lafadz subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar Arab dan artinya. Semoga bermanfaat ya.

Tag : #pendidikan islam    #Subhanallah     #pendidikan    #walhamdulillah     #wala ilaha illallah    #wallahu akbar    #dzikir   

Baca Juga