Elon Musk menepati janji untuk menjual saham Tesla miliknya

Elon Musk Tepati Janji Jual Saham Tesla Miliknya

rini | Internasional | 12-11-2021

PARBOABOA, Amerika - Chief Executive Officer (CEO) Tesla Inc Elon Musk telah menjual sahamnya dengan nilai penjualan yang mencapai Rp 71 triliun. Penjualan saham ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh Musk dalam lima tahun terakhir.

Dilansir dari CNBC, Jumat (12/11/2021), Elon Musk menjual saham Tesla dalam dua kali transaksi, yang pertama Musk melepas sebanyak  934 ribu lembar saham. Penjualan saham ini diperkirakan akan mengumpuklan uang senilai US$ 1,1 miliar atau setara dengan Rp 15,62 triliun (bila dihitung dengan kurs Rp 14.200/dolar AS).

Kemudian pada penjualan kedua Musk melepas sebanyak 3,5 juta lembar saham dengan nilai USD 3,88 miliar atau setara dengan Rp 55,096 miliar pada perdagangan Selasa (9/11) dan Rabu (10/11).

Meski melakukan penjualan saham dengan jumlah yang banyak, saat ini Elon Musk diperkirakan masih memegang 170 juta saham dari Tesla.

Sebelumnya Elon Musk mengadakan jejak pendapat di akun Twitternya pada Sabtu (6/11) untuk menanyakan apakah dia harus menjual 10 persen saham Tesla yang dimilikinya.

Musk berjanji akan melakukan hasil dari jejak pendapat tersebut. Hasilnya, dari 3,5 juta orang yang ikut dalam voting itu, 58 persen diantaranya menyetujui penjualan saham tersebut. Musk mengaku melakukan penjualan saham ini dilakukannya untuk membayar pajak terkait dengan pelaksanaan opsi saham.

Langkah Musk tersebut memicu kekhawatiran pasar. Banyak investor yang khawatir keinginan Musk menjuak saham akan mempengaruhi harga saham Tesla yang sepanjang 2021 ini sudah naik lebih dari 51 persen.

Akibat sentimen itu, saham Tesla sempat anjlok dan kehilangan nilai pasar sampai dengan US$150 miliar pada minggu ini. Beruntung, kondisi tersebut tak berlangsung lama. Saham Tesla kembali menguat 4,3 persen ke level US$1,067.95 pada perdagangan Rabu (10/11) kemarin.

Sebagai informasi, sebelumnya langkah penjualan saham Tesla ini telah dilakukan oleh pimpinan perusahaan Robyn Denholm, saudara laki-laki Elon Musk, Kimbal Musk, Ira Ehrenpreis, dan juga Antonio Gracias. Mereka melepas ratusan juta dolar saham Tesla sejak 28 Oktober setelah kapitalisasi pasar Tesla melampaui US$ 1 triliun.

Tag : #elom musk    #saham tesla    #musk jual saham tesla    #ekonomi    #internasional   

Baca Juga