Tangkapan layar video Erick Thohir sentil direksi Pertamina, soal toilet SPBU berbayar

Sentil Diresksi Pertamina, Erick Thohir Minta Gratiskan Toilet SPBU

rini | Ekonomi | 23-11-2021

PARBOABOA, Probolinggo - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyentil direksi Pertamina terkait uang yang dikutip untuk pengunaan toilet di SPBU.

Dalam sebuah video yang diunggah di Instagram pribadinya Erick tampak berbicara dengan penjaga toilet menanyakan bayaran untuk penggunaan toilet di sebuah SPBU di daerah Kecamatan Malasan, Probolinggo.

Penjaga toilet tersebut menyebutkan, untuk masyarakat yang menggunakan toilet untuk BAK dan BAB dikenakan biaya Rp 2.000 sedangkan untuk mandi, masyarakat harus membayar Rp 4.000.

"Kalau yang mau pakai bayar Rp2.000 kalau kencing dan mandi Rp4.000. Kenapa enggak gratis ini? Kan ini fasilitas umum," kata Erick, dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagramnya (22/11/2021).

Penjaga toilet mengaku tidak tahu-menahu terkait aturan tersebut, dia mengaku hanya dipekerjakan pihak swasta sebagai penjaga toilet tersebut.

Menangggapi hal tersebut, Erick meminta seluruh direksi Pertamina untuk segera melakukan perbaikan. Karena menurutnya toilet Pertamina adalah fasilitas umum yang tidak seharusnya dipungut biaya.

"Saya minta direksi Pertamina harus perbaiki. Dan saya minta nanti seluruh kerja sama dengan pom bensin swasta yang di bawah Pertamina toiletnya enggak boleh bayar harus gratis," katanya.

Erick menyebut aturan penggratisan toilet ini berlaku untuk semua SPBU Pertamina, termasuk yang dikelola swasta.

“Karena kan sudah dapat dari jualan bensin. Sudah gitu, ada juga toko kelontong. Jadi, masyarakat mestinya mendapatkan fasilitas tambahan," kata Erick.

Tanggapan Pertamina Soal Teguran Erick Thohir

Menanggapi video tersebut, Corsec Subholding Commercial And Trading Pertamina Irto Ginting mengatakan akan segera menggratiskan penggunaan toilet di seluruh SPBU Pertamina, sesuai dengan permintaan Erick Thohir tersebut.

"Toilet merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU. Kami sosialisasikan kembali ke para pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat. Tidak hanya layanan BBM, namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya," ungkap Irto, Senin (22/11/2021).

Pihak Pertamina juga menyampaikan terima kasih atas perhatian Erick Thohir terhadap layanan SPBU. Irto berharap seluruh kritikan tersebut dapat membuat Pertamina lebih baik ke depannya.

Tag : #pertamina    #toilet di spbu gratis    #erick thohir    #menteri bumn    #ekonomi   

Baca Juga