Aplikasi media sosial Facebook dikabarkan akan mengganti nama pekan depan

Facebook Bakal Ganti Nama Pekan Depan, Jadi Apa?

Wanovy | Teknologi | 20-10-2021

Raksasa media sosial Facebook Inc (FB.O) berencana mengubah citra perusahaan dengan mengganti nama. Menurut sumber yang dikutip oleh The Verge, rencana itu akan dilaksanakan pekan depan.

Chief Executive Officer Facebook Mark Zuckerberg berencana membahas perubahan nama tersebut pada konferensi tahunan perusahaan pada 28 Oktober. Namun perubahan bisa dilakukan lebih

Alasannya, menurut sumber yang mengetahui persoalan tersebut, adalah untuk merefleksikan fokus baru Facebook untuk membangun "metaverse".

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa CEO Facebook Mark Zuckerberg berencana mengumumkan penggantian nama ini pada ajang konferensi tahunan Facebook Connect pada 28 Oktober mendatang.

Pergantian nama Facebook bisa jadi dilakukan lewat restrukturisasi perusahaan Facebook, serupa dengan yang dilakukan Google pada 2015.

Jika benar, maka Facebook akan menjadi salah satu layanan di bawah sebuah perusahaan induk yang membawahi beberapa layanan lain yang selama ini tergabung dengan Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Oculus.

Mirip seperti Google berada di bawah Alphabet. Dengan melakukan rebrand, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (20/10/2021), Zuckerberg juga bisa memisahkan proyek-proyek masa depannya seperti metaverse tadi, dengan jejaring sosial Facebook yang belakangan banyak mendapat sorotan.

Langkah mengubah citra juga akan mencerminkan fokus Facebook dalam membangun metaverse. Layanan metaverse memungkinkan orang menggunakan perangkat berbeda untuk bergerak dan berkomunikasi dalam lingkungan virtual, menurut laporan tersebut.

Metaverse sendiri didefinisikan oleh Facebook sebagai  dunia online yang ditinggali orang-orang, di mana mereka saling berkomunikasi di ruang virtual. Zuckerberg memiliki visi bahwa metaverse adalah kelanjutan dari internet mobile yang menggabungkan virtual reality (VR) dan augmented reality (AR)

Seperti diketahui, Facebook telah banyak berinvestasi dalam virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Facebook bermaksud menghubungkan hampir tiga miliar penggunanya melalui beberapa perangkat dan aplikasi.

Nampaknya, Facebook serius dengan ide metaverse ini, seperti terlihat dari komitmennya merekrut 10.000 karyawan di Eropa dalam kurun waktu 5 tahun untuk membangun visinya tersebut.

Lantas, apa nama baru Facebook? Calon brand masa depan jejaring sosial itu konon masih dijaga rapat-rapat dan belum diketahui orang di luar Facebook. Bahkan disebutkan pula bahwa sebagian pimpinannya juga tidak tahu.

Namun, ada kemungkinan nama baru ini berkaitan dengan Horizon, yakni aplikasi Facebook versi VR yang telah dikembangkan selama beberapa tahun terakhir, tapi belum dirilis.

Kendati begitu, Facebook sendiri masih belum bersedia menanggapi berita tersebut. Sebagaimana dikutip dari Reuters, Facebook menyatakan tidak mengomentari rumor atau spekulasi. Jadi, kita tunggu saja.

Tag : teknologi, apps, facebook

Berita Terkait