Ilustrasi Facebook Reels

Facebook Reels Sudah Bisa Dinikmati Pengguna Indonesia Mulai Hari Ini

Wanovy | Teknologi | 23-02-2022

PARBOABOA - Setelah rilis di Amerika Serikat beberapa waktu lalu, Meta akhirnya resmi meluncurkan Facebook Reels di seluruh dunia pada Rabu, 23 Februari 2022. Fitur baru tersebut digadang-gadang akan menarik pengguna Facebook.

Fitur video pendek Reels yang semula hanya bisa diakses di Instagram, kini juga tersedia di aplikasi Facebook untuk smartphone.

"Kami telah memberikan pengalaman video pendek yang menghibur untuk konten kreator di Instagram. Kini kami juga akan menghadirkan pengalaman tersebut ke lebih banyak konten kreator di aplikasi Facebook," tulis Facebook dalam sebuah posting blog.

Sama halnya dengan Instagram, pengguna Facebook bisa membuat konten video Reels yang diiringi dengan beragam musik, audio, efek, dan lainnya. Caranya juga tidak jauh berbeda. Untuk membuat video Reels di Facebook, pengguna cukup meng-klik tombol "Create" (ikon kamera) yang berada di pojok kanan atas.

Di platform Android, Facebook Reels ditemukan di aplikasi Facebook versi 354.0.0.22.110. Apabila versi aplikasi yang Anda gunakan adalah versi lebih lama, cobalah lebih dulu untuk memperbarui aplikasi di Play Store.

Fitur Reels muncul di tampilan beranda (home) Facebook. Tepatnya, Facebook Reels terletak di antara tab “Stories” dan “Rooms”.

Pengguna bakal bisa menemukan tab "Reels" di antara tab "Stories" dan "Rooms" di halaman depan aplikasi Facebook.

Ketika tab "Reels" diklik, pengguna bisa membuat video Reels di menu "Create reel" yang memiliki tampilan sangat mirip dengan menu create reels di Instagram.

Di tab "Reels" pula, pengguna bisa melihat seluruh video Facebook Reels yang diposting pengguna lain dengan cara menggulirkan ke atas, seperti di Instagram Reels. Pengguna juga bisa memberikan komentar, tanda suka (like), dan berbagi video Facebook Reels.

Fitur-fitur di Facebook Reels

Reels di Facebook ini memiliki beberapa akses serta fitur-fitur lainnya yang menarik untuk dikenali, seperti fitur Remix dimana pengguna bisa bisa membuat Reels balasan berdampingan dengan Reels sebelumnya yang sudah diunggah di Facebook.

Fitur ini memungkinkan kreator untuk membuat Reel-nya sendiri di samping Reel yang sudah ada di Faceboook. Selain itu, durasi Facebook Reels kini diperpanjang menjadi 60 detik, sama seperti Instagram Reels.

Dua fitur lainnya, Drafts dan Video Clipping, akan segera hadir. Drafts memungkinkan kreator untuk membuat konten dan menyimpannya untuk diunggah kemudian. Sementara Video Clipping akan membantu kreator mengedit video live atau konten panjang menjadi cocok untuk Reels.

Mark Zuckerberg sendiri berharap Reels dapat menjadi tempat terbaik bagi kreator konten untuk terhubung dengan penggemar/komunitasnya sekaligus menjadi tempat mencari nafkah. Untuk itulah, Meta menambahkan fitur editing dan monetisasi baru ke Facebook Reels.

Selain itu, dalam beberapa bulan ke depan, Facebook Reels juga bakal kedatangan fitur video clipping, yang akan memudahkan kreator yang memublikasikan video live atau berdurasi panjang, menguji berbagai format.

"Kami juga memperluas pengujian alat monetisasi baru untuk Facebook Reel dengan iklan overlay," tulis Zuckerberg.

Fitur monetisasi alias mendapatkan uang dari Facebook Reels itu berupa dua tampilan iklan overlay semi transparan di konten video Reels.

Pertama iklan dalam bentuk spanduk transparan yang terletak di bawah video Reels. Sementara yang kedua adalah iklan dalam bentuk stiker semi transparan yang bisa dipajang di mana saja di video Reels pengguna.

Dalam sebuah unggahan di situs resminya, Meta menyebutkan bahwa dua bentuk iklan overlay tersebut tidak mengganggu pandangan penonton dan justru memungkinkan kreator untuk memperoleh pendapatan dari iklan.

Tag : #facebook    #instagram    #reels   

Baca Juga