Fajar/Rian Juara Malaysia Open 2023, Jokowi: Selamat!

Sondang | Olahraga | 16-01-2023

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil memenangkan Malaysia Open 2023 pada Minggu (15/1/2023) di Axiata Arena, Kuala Lumpur. (Foto: Dok PBSI)

PARBOABOA, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat kepada ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang sukses membawa pulang gelar juara Malaysia Open 2023.

"Pemain bulutangkis Indonesia yang kini menempati peringkat satu ganda putra dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, sukses meraih gelar juara Malaysia Open 2023," kata Jokowi di Twitter resminya.

"Dari Tanah Air, saya menyampaikan selamat kepada Fajar/Rian, para pelatih, dan tim bulutangkis Indonesia," sambung Jokowi.

Fajar/Rian berhasil memenangkan Malaysia Open setelah mengalahkan Liang Wei Keng/Wang Chang di partai final. Fajar/Rian menang lewat duel rubber game yang berakhir dengan skor 21-18, 18-21, 21-13.

Bermain di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Minggu (15/1/2023), Liang /Wang membuka keunggulan lebih dulu yang lantas bisa segera disamakan Fajar/Rian. Setelah kedudukan 1-1, pasangan asal China terus berada dalam situasi memimpin, sampai skor sama lagi 5-5.

Pengembalian Liang Wei Keng yang menyangkut di net akhirnya membuat Fajar/Rian berhasil unggul untuk pertama kalinya dalam gim ini, pada kedudukan 6-5. Interval pertama ditutup Fajar/Rian dengan unggul empat poin 11-7.

Liang Wei Keng/Wang Chang kemudian mencoba bangkit usai jeda. Namun, smash keras Rian mengembalikan jarak keunggulan pasangan Indonesia menjadi 14-10.

Sergapan cepat Rian membantu ganda putra nomor satu dunia asal Indonesia mencapai game point pada kedudukan 20-14. Set pertama diamankan Fajar/Rian dengan kemenangan 21-18.

Pukulan Fajar yang gagal dikembalikan Wang Chang mengakhiri laju empat poin beruntun ganda China. Liang Wei Keng/Wang Chang, penakluk andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, di 16 besar Malaysia Open 2023, mengawali set kedua dengan mantap.

Mereka sempat unggul 4-0. Namun, Fajar/Rian menunjukkan karakter mereka dan bangkit menyamakan skor menjadi 4-4, setelah Liang Wei Keng membuat kesalahan. Pasangan Indonesia berbalik unggul 10-9 begitu pukulan backhand Fajar gagal diantisipasi Liang Wei Keng.

Ketika interval set kedua, Fajar/Rian unggul 11-9. Smash keras Wang Chang, yang merupakan ujung dari sebuah serangan bertubi-tubi, sempat membuat pasangan China ganti memimpin 13-12. Liang /Wang terus menjaga keunggulan dan menutup gim kedua dengan skor 21-18.

Set ketiga sempat terhenti sejenak karena bagian samping dekat lapangan tampak robek dan mesti diplester. Saat itu, Fajar/Rian unggul 4-2. Ketika momen pindah lapangan tiba, ganda Indonesia memimpin 11-9.

Pertunjukan defense apik diciptakan oleh Fajar/Rian ketika mereka memastikan unggul 15-9. Setelah dibuat pontang-panting oleh lawan, pengembalian cerdik Rian justru mampu memberikan poin untuk ganda Indonesia. Fajar/Rian pun menutup gim ketiga dengan kemenangan 21-13.

Meski menang dengan selisih poin jauh di gim penentuan, Fajar/Rian mengakui mereka melewati tantangan yang berat di duel lawan Liang/Wang.

"Pertandingan tadi ramai. Gim pertama kami bisa menang tapi di gim kedua kami kecolongan dari servis mereka yang sangat bagus."

"Di gim ketiga, kondisi kami sebenarnya sudah menurun tapi dengan semangat dan tekad yang besar kami bisa maksimal dan memenangkan pertandingan," kata Fajar seperti dikutip dari rilis PBSI.

Fajar juga mengaku senang dengan dukungan yang mereka terima dari suporter di Malaysia. Fajar/Rian merasa mendapat banyak dukungan dari suporter

"Di Malaysia alhamdulillah rezeki kami selalu bagus. Kami nyaman main di sini, kurang lebih sama dengan Indonesia."

"Makanannya, suasananya, atmosfer pertandingannya dan yang terpenting dukungan di stadion yang selalu untuk kami bila tidak melawan wakil tuan rumah," tutur Fajar.

Editor : -

Tag : #Malaysia Open 2023    #Indonesia    #Olahraga    #PBSI    #Bulutangkis    #Fajar Alfian    #Muhammad Rian Ardianto   

BACA JUGA