Fakta Menarik Capybara, Hewan Viral yang Dipanggil Mas Bro

Kathleen | Pendidikan | 10-02-2023

Fakta menarik Capybara (Foto: ihatemycomfortzone.wordpress.com)

PARBOABOA - Hewan capybara atau yang kerap dipanggil dengan sebutan 'Mas Bro' oleh warganet ini tengah viral di media sosial terutama TikTok. Mengapa dipanggil Mas Bro? Simak penjelasannya berikut ini.

Capybara (Hydrochoerus hydrochaeris) merupakan hewan pengerat berukuran besar yang masih tersisa di bumi. Hewan ini termasuk hewan liar namun memiliki sifat yang ramah kepada manusia.

Hewan pengerat ini paling banyak ditemukan di wilayah Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Meski tergolong hewan liar, beberapa orang di Amerika kadang menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Sedangkan di Venezuela, capybara dibudidayakan untuk diambil dagingnya.

Bagi kamu yang penasaran dengan hewan ini, berikut Parboaboa sudah merangkum seputar fakta menarik capybara. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Mirip dengan Marmut

(Foto:reddit.com)

Secara fisik, hewan capybara sangat mirip dengan marmut karena masih termasuk ke dalam family yang sama, yaitu Caviidae. Kedua hewan ini lebih aktif pada siang hari dibandingkan malam hari. Capybara bergerak lebih gesit dibandingkan marmut dan memiliki badan yang lebih besar.

2. Hewan Pengerat Terbesar di Dunia

(Foto:Pinterest/@atlas obscura)

Capybara merupakan hewan pengerat terbesar di dunia. Tubuhnya memiliki panjang 1 hingga 135cm, sedangkan tinggi tubuhnya dapat mencapai hingga 50cm. Capybara betina berukuran lebih besar di mana beratnya dapat mencapai 66kg, dan yang jantan memiliki berat hampir 65kg.

3. Menyukai Air

(Foto: creativemarket.com)

Kapibara memiliki sifat semi-akuatik dengan kaki yang sedikit berselaput dan ekor yang sangat pendek. Kondisi tubuh tersebut berfungsi untuk menjaga keseimbangan ketika kapibara berenang. Selain itu, kaki berselaput yang dimilikinya berfungsi untuk berjalan di tanah berlumpur.

Kapibara dikatakan sebagai perenang yang handal karena mampu terendam di dalam air selama lima menit. Hal tersebut memudahkan kapibara untuk menghindari predator dengan bersembunyi di bawah air. Bahkan, hewan ini dapat tidur di bawah air dengan hidung berada di permukaan air untuk bernapas.

4. Memiliki Indra Penciuman yang Kuat

(Foto: livejapan.com)

Capybara memiliki dua tipe penciuman, yaitu morillo dan kelenjar anal yang membuat penciumannya baik. Kapibara jantan dapat mencium aroma dari bulu yang melekat pada tanaman atau objek lainnya. Sehingga kapibara dapat mencari makanan dengan jarak yang jauh dan kembali ke rumahnya.

5. Memakan Kotorannya Sendiri

(Foto: Pinterest/@inebelgium)

Capybara adalah hewan herbivora yang biasanya memakan rumput dan tanaman air. Namun, hewan ini juga makan kotoran mereka sendiri.

Kotoran kapibara dianggap kaya protein yang berasal dari mikroba pencerna makanannya dihari sebelumnya. Rumput yang dimakan oleh kapibara sulit dicerna, sehingga memakan kotoran dianggap sebagai cara mencerna untuk kedua kalinya.

6. Dipanggil dengan Sebutan Mas Bro

(Foto: Pinterest/@Lil Sunt)

Capybara dikenal dengan hewan paling ramah karena perilakunya yang sangat friendly kepada spesies hewan lain, mulai dari manusia, anjing, kucing, termasuk predator seperti buaya.

Hewan ini viral di sosial media usai beredar sebuah video di TikTok yang menampilkan seekor capybara yang dengan santai nya menaiki punggung seekor buaya seperti sedang jalan-jalan bersama.

Akan Tetapi, dibalik sifatnya yang sangat ramah, capybara sering diburu untuk diperjual belikan, mulai dari daging, kulit, ataupun minyaknya. Sifatnya yang tidak takut dengan siapapun, membuat hewan ini sangat mudah untuk ditangkap. Namun, satwa ini kini dilindungi.

Itulah tadi penjelasan seputar hewan capybara dan fakta menariknya. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

Saksikan juga ulasan selengkapnya di platform media sosial Parboaboa:

YouTube: https://youtube.com/shorts/OCtkZidoWTk?feature=share

Twitter: https://twitter.com/parboaboa/status/1632651876398432256?s=20

TikTok: https://vm.tiktok.com/ZS8QYbb25/

Instagram: https://www.instagram.com/reel/CpcYcrmjD57/?hl=id

Editor : Juni Sinaga

Tag : #capybara    #hewan pengerat    #pendidikan    #marmut    #fakta menarik   

BACA JUGA