Aktor kenamaan Amerika Serikat, Morgan Freeman (kiri) melakukan dialog dengan duta Piala Dunia 2022, Ghanim Al Muftah (Foto: AP/Natacha Pisarenko)

Fakta Menarik Pembukaan Piala Dunia 2022, Qatar dan Jungkook BTS Cetak Sejarah

Sari | Sepakbola | 21-11-2022

PARBOABOA, Pematang Siantar – Perhelatan sepakbola terbesar di jagat raya, Piala Dunia 2022 telah resmi dibuka di Stadion AL-Bayt, Al Khor, Qatar pada Minggu (20/11/2022) malam WIB.

Ribuan penonton dan petinggi negara menyaksikan kemegahan opening ceremony, sekaligus menjadi pertandingan pertama antar tuan rumah Qatar melawan Ekuador.

Piala dunia edisi kali ini terasa begitu spesial dan berbeda dibandingkan dengan event sebelumnya. Selain kali pertama digelar di Qatar, event yang biasa berlangsung pada Juni-Juli, kali ini digelar pada Desember.

Pembukaan turnamen empat tahunan ini menyimpan sejumlah fakta menarik, mulai dari pelantunan ayat suci Al-Quran, hingga Jungkook BTS yang bernyanyi theme song Piala Dunia 2022 berjudul “Dreamers”.

Tentu masih banyak fakta menarik pembukaan Piala Dunia 2022 lainnya, penasaran? berikut Parboaboa sudah menghimpun dari berbagai sumber. Langsung sikat ulasan di bawah ini ya.

1. Tema Pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar

Qatar sebagai tuan rumah ingin memperkenalkan kepada dunia melalui kebudayaannya, tema yang diusung pada pembukaan perhelatan akbar Piala Dunia 2022 adalah “Menjembatani Jarak”.

Dirancang oleh Direktur Kreatif, Ahmad AL Baker, upacara pembukaan tersebut sebagai penanda pertemuan seluruh umat manusia. Di mana para undangan dari seluruh dunia berkumpul, dan Qatar sebagai jembatan perbedaan, dan menyatukan manusia dengan rasa hormat, dan inklusi.

Emir atau pemimpun Negara Qatar, Syekh Tamim bin Hamad Al Thani dalam sambutannya mengatakan, betapa indahnya jika orang-orang bisa mengesampingkan apa yang memisahkan mereka, kemudian merayakan keragaman dan menyatukan mereka pada saat yang sama.

"Dan biarlah ada hari-hari yang menginspirasi dengan kebaikan dan harapan," kata Sheikh Tamim, kata-katanya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris di layar video di dalam stadion.

2. Kehadiran Sejumlah Pemimpin Negara Timur Tengah dan Afrika

Kehadiran sejumlah pemimpin negara Timur Tengah dalam upacara pembukaan Piala Dunia Qatar 2022 menjadi hal yang sangat menarik.

Duduk di kursi VVIP stadion Al Bayt dengan tenda yang mengusung konsep ala suku Badui, selain Sheikh Tamim, ayahnya Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani, Presiden FIFA Gianni Infantino, dan juga sang putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman, turut duduk bersama.

Selain itu, Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sessi, Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune, Presiden Senegal Macky Sall, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Presiden Rwanda Paul Kagame, Raja Yordania Abdullah II, Putra mahkota Kuwait Sheikh Meshal al-Ahmad al-Sabah, dan Presiden Djibouti Ismail Omar Guelleh, tampak hadir

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO )Tedros Adhanom Ghebreyesus, dan Sekretaris Jenderal PBB António Guterres, juga terlihat ada di antara tamu istimewa yang hadir di stadion.

Para pemimpin dari Bahrain dan Uni Emirat Arab, yang selama ini terlibat dalam hubungan yang kurang baik dengan Qatar malah memilih untuk absen. Hal tersebut kemungkinan dengan sorotan ketat atas perlakukan Qatar terhadap para pekerja migran, serta polemik kaum LGBTQ yang dipaksa mematuhi aturan yang berlaku saat datang ke Qatar.

3. Lantunan Ayat Suci Al-Quran

Upacara pembukaan atau opening ceremony Piala Dunia 2022 kali ini begitu istimewa, di mana seorang penghafal Al-Quran difabel bernama Ghanim Al Muftah membacakan surat Al Hujurat ayat ke-13. Hal ini menjadi sejarah baru di dunia persepakbolaan.

“Wahai manusia, kami menciptakan kamu dari laki-laki dan perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal,” kata Ghanim Al Muftah membacakannya.

Pembacaan ayat suci Al-Quran itu juga didampingi aktor dunia, Morgan Freeman. Melalui narasi pamungkasnya yang legendaris berjudul “Panggilan”.

“Kita semua berkumpul di tempat ini sebagai satu keluarga,” kata Morgan Freeman.

“Bagaimana bisa banyak negara, bahasa, dan kebudayaan datang berkumpul jika hanya ada satu jalan yang diterima?” lanjut Morgan bertanya pada Ghanim.

“Ketika kalian dipanggil, kalian disambut ke dalam rumah kami,” jawab Ghanim Al Muftah.

Kemudian, Morgan melanjutkan narasinya dengan mengedepankan rasa persatuan di atas segala perbedaan.

"Saya mendengar sesuatu yang indah, bukan hanya musik, tetapi juga panggilan untuk merayakan perbedaan, sepak bola menyatukan semua negara dan kecintaan akan sepak bola membawa kita semua satu dalam keluarga," kata Morgan Freeman.

4. Era K-Pop, Jungkook BTS Memeriahkan Upacara Pembukaan

Siapa yang tidak tahu dengan personil BTS yang satu ini, ya Jungkook. Penyanyi asal Korea Selatan ini membawakan soundtrack resmi turnamen Piala Dunia 2022 yang berjudul “Dreamers”.

Jungkook berkolaborasi dengan panyanyi lokal Qatar bernama Fahad AL-Kubaisi. Dalam momen itu juga, pentolan BTS itu mengharapkan Timnas Korea Selatan bisa meraih hasil maksimal di Piala Dunia 2022.

5. Maskot Piala Dunia

Fakta menarik berikutnya dari pembukaan Piala Dunia Qatar 2022 adalah hadirnya sejumlah maskot dari perhelatan Piala Dunia sebelumnya. Mulai dari Naranjito maskot Piala Dunia Spanyol 1982, Ciao dari Italia 1990, Footix dari Prancis 1998, Ato Nik Kaz dari Jepang-Korea 2002, hingga Zabivaka maskot Piala Dunia Rusia 2018 lalu.

Parade maskot Piala Dunia sebelumnya turut mengiringi kehadiran maskot Piala Dunia 2022, La’eeb yang hadir dengan ukuran yang lebih besar di panggung utama.

Para penonton yang hadir seakan mengingat kembali memori gelaran Piala Dunia yang pernah mereka saksikan.

Kesuksesan upacara pembukaan Piala Dunia 2022 ini, sayangnya tak diikuti oleh keberhasilan sang tuan rumah Qatar dalam pertandingan pembukaan yang berlangsung setelah upacara tersebut.

Qatar harus mengaku kalah dari Ekuador dengan skor 0-2. Hal ini juga menjadi sejarah baru bahwa tuan rumah pertama yang kalah dalam laga pembukaan Piala Dunia, hingga saat ini.

Tag : #piala dunia 2022    #fakta menarik    #sepakbola    #qatar    #opening ceremony    #world cup 2022   

Baca Juga