Fakta menarik Ryomen Sukuna, Raja Kutukan dalam serial Jujutsu Kaisen (Foto: walpaper.dog)

4 Fakta Menarik Ryomen Sukuna, Raja Kutukan Dalam Serial Jujutsu Kaisen

Andre | Hiburan | 26-05-2022

PARBOABOA - Beberapa anime yang langka dan bagus adalah ketika karakter antagonis lebih terkenal daripada protagonis. Begitulah gambaran sosok Ryomen Sukuna.

Ryomen Sukuna adalah antagonis utama dalam serial Jujutsu Kaisen. Bergelar Raja Kutukan, ia memiliki kekuatan yang luar biasa besar dibarengi sifat yang dingin, egois, tidak bermoral, dan sangat kejam.

Bisa dibilang, Sukuna merupakan wujud dari “Kesenangan” dan “Ketidaksenangan” atas dirinya sendiri. Hal itu pula yang menjadi alasan mengapa ia selalu bersikap sombong dan angkuh.

Sejauh ini Sukuna adalah kutukan terkuat dalam seri Jujutsu Kaisen yang secara tidak sengaja bersemayam di tubuh protagonis utama, Itadori. Hal itu terjadi karena Itadori memakan salah satu jari Sukuna.

Sejak awal kemunculannya dalam manga Jujutsu Kaisen, banyak misteri yang ada pada sosok Raja Kutukan ini. Daripada penasaran, yuk simak beberapa fakta menarik tentang Roymen Sukuna Jujutsu Kaisen berikut ini!

1. Asal Usul Sukuna

Yuji dan Sukuna (Foto: wall.alphacoders)

Sebelum menjadi rok terkutuk, Sukuna dulunya merupakan seorang manusia dan sempat menjadi Penyihir Jujutsu. Hal ini bermula ketika zaman keemasan Jujutsu sekitar seribu tahun yang lalu.

Ia digambarkan sebagai penyihir yang sangat kuat sehingga penyihir lainnya takut padanya. Bahkan, ada sebuah teori yang mengatakan bahwa kekuatan Sukuna dulu (saat masih wujud manusia) sangat mirip dengan Gojo Satoru sekarang.

Entah mengapa, ia merasa muak dengan para Jujutsu dan kutukan, sehingga berubah menjadi penjahat yang membunuh banyak penyihir. Ia pun kemudian menjadi target para penyihir di masa itu.

Para penyihir Jujutsu takut bahwa Sukuna akan menjadi alasan akhir dari umat manusia. Saking kuatnya, roh terkutuk yang ada dalam dirinya masih terlalu kuat bahkan saat Sukuna sudah mati.

Meskipun banyak korban yang berjatuhan, Sukuna akhirnya mampu dikalahkan, namun tidak bisa “dihancurkan”. Hal ini terlihat dari 20 sisa jarinya yang menjadi Benda Terkutuk Level Tinggi yang tersebar di seluruh dunia.

2. Wujud Asli Ryomen Sukuna

Wujud asli Ryomen Sukuna (YouTube/TheFakeWeeb)

Jika melihat versi manga dan anime, Sukuna memiliki penampilan yang mirip dengan Itadori karena menjadi wadahnya. Ia juga terlihat layaknya manusia normal dengan dua tangan dan dua kaki.

Dalam manga Jujutsu Kaisen chapter 3, Gojo menceritakan tentang Sukuna merupakan sosok dewa gahar yang mempunyai 4 lengan dan 2 kepala.

Hal tersebut tentu mengundang pertanyaan bagi para penggemar tentang bagaimana dia bisa memiliki jumlah tangan dan kepala seperti itu. Sayangnya, belum ada informasi valid mengenai sejarah transformasi tubuh Sukuna, yang mana kita tahu bahwa dulunya ia adalah manusia.

3. Diadataptasi Dari Mitologi Jepang

Patung Ryomen Sukuna dalam pose berdiri (kiri) dan pose duduk (kanan). Foto: kyodonews.net

Ternyata, sosok Ryomen Sukuna ini diadaptasi dari mitologi Jepang dengan berbagai versi.

Dalam sejarah kuno Jepang yang diselesaikan pada abad kedelapan yang tertulis dalam buku Nihon Shoki, Ryomen Sukuna digambarkan sebagai iblis dengan dua wajah dan delapan anggota tubuh yang memberontak melawan istana kekaisaran selama periode Yamato.

Dengan empat lengan tersebut, Sukuna bisa memegang beberapa senjata sekaligus dan menyerang desa demi desa di Jepang. Sebuah sumber mengatakan, bahwa Sukuna dikalahkan oleh seorang Komandan yang diutus oleh kekaisaran.

Di sisi lain, ada yang mengatakan bahwa Sukuna merupakan sosok yang berjasa dalam penyebaran agama Buddha di Jepang di wilayah Hida (sekarang dikenal dengan Prefktur Gifu). Ia juga dianggap sebagai pahlawan dan sosok yang dermawan.

Sedangkan di daerah Nyukawa, Sukuna dianggap sebagai perwujudan dari Tuhan dan membangun kuil di sana.

Sementara itu, ada juga versi cerita Sukuna yang beredar di daerah Kanayamacho dan hampir mirip dengan Nihon Shoki. Mengisahkan sosok Sukuna yang dianggap sebagai pejuang lokal yang tewas saat melawan Takefurukuma no Mikoto (komandan kekaisaran).

4. Tidak Menghabisi Mahito Karena Tidak Peduli

Jika memang ia merupakan sosok Raja Kutukan yang memiliki kekuatan besar, mengapa ia tidak membunuh Mahito padahal ia mampu dengan mudah menghabisinya?

Pertanyaan ini mungkin sempat terbesit di pikiran para penggemar Jujutsu Kaisen saat menyaksikan adegan di mana Sukuna hanya memberi goresan pada tubuh Mahito.

Sebenarnya, Sukuna adalah sosok yang arogan, egois, dan tidak peduli dengan orang lain, bahkan dengan wadahnya sendiri. Hal ini bisa disaksikan ketika wadahnya (Itadori) beberapa kali dalam kondisi berbahaya, namun ia tidak mau ikut campur.

Sukuna juga tidak mau terlibat dalam pertempuran Yuji dan Aoi Todo saat melawan Hanami. Akan tetapi, ia tidak akan diam jika ada roh kutukan yang berani memasuki wilayahnya atau menyentuh jiwanya.

Oleh sebab itu, bantuan Sukuna hanyalah hasil dari Mahito yang secara tidak sengaja menyentuh jiwa Sukuna. Ia sebenarnya tidak peduli apakah Mahito mati atau tidak. Yang pasti, ia hanya akan merasa senang jika Yuji merasa tidak berdaya, sementara jika membunuh Mahito mungkin akan menguntungkan Yuji,

Ketidakpedulian dan egois yang besar tersebutlah yang menjadikan Sukuna sebagai sosok terkuat. Hal senada juga disampaikan oleh Ryu dalam Manga Jujutsu Kaisen chapter 181.

Itulah beberapa fakta menarik tentang Ryomen Sukuna, sang Raja Kutukan yang penuh misteri sejak awal kemunculannya di serial Jujutsu Kaisen.

Tag : #jujutsu kaisen    #anime    #hiburan    #ryomen sukuna    #fakta menarik   

Baca Juga