Naskah Proklamasi (Dok. tribunnews.com)

Fakta Menarik Tentang Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945

Juni | Pendidikan | 10-08-2022

PARBOABOA – 17 Agustus dikenal sebagai hari bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia. Dimana pada hari itu diperingati sebagai Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI).

Momen bersejarah ini adalah buah manis dari perjuangan para pahlawan di masa lampau. Di tahun ini, Indonesia akan memperingati hari kemerdekaannya yang ke-77 tahun. Namun, tahukah kamu jika ternyata ada banyak fakta menarik di balik proklamasi kemerdekaan indonesia ini.

Apa saja itu? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Naskah Asli Proklamasi Sempat Terbuang di Tempat Sampah

Ternyata naskah proklamasi yang ditulis langsung oleh Soekarno sempat dibuang ke tong sampah di rumah Laksamana Maeda. Naskah tersebut ditulis pada 17 Agustus 1945 sekiar pukul 04.00 WIB. Setelah selesai, Bung Karno menyerahkan naskah itu kepada para pemuda yang ada di rumahnya, di Jalan Pengangsaan Timur No. 56 dan selanjutnya diketik oleh Sayuti Melik.

Selanjutnya, Melik meremas-remas naskah proklamasi yang asli itu dan membuangnya ke tong sampah. Ia berfikir bahwa kertas itu tak diperlukan lagi karena sudah digantikan dengan naskah ketikan.

Untungnya, naskah itu ditemukan oleh BM Diah, seorang wartawan asal Aceh. Ia menyimpan naskah Proklamasi tersebut selama 47 tahun lamanya sebelum akhirnya diserahkan ke Museum Arsip Nasional tahun 2022.

2. Suara Pembacaan Teks Proklamasi Adalah Rekaman Ulang

Tak banyak yang mengetahui bahwa ternyata rekaman teks proklamasi yang sering kita dengar merupakan hasil rekaman ulang. Dilansir dari lama resmi Kemdikbud, teknologi disaat itu belum secanggih sekarang dan belum bisa merekam video dengan suara.

Rekaman suara asli Bung Karno dilakukan enak tahun kemudian. Berlokasi di studio RRi, Soekarno membacakan kembali teks proklamasi untuk direkam ulang.

3. Kain Bendera Didapat dari Pasukan Jepang

Kain yang digunakan untuk bendera merah putih pertama kali ternyata didapat dari pasukan Jepang. Kain itu diberikan oleh Chairil Basri, seorang perwira dari departemen buatan Jepang yang saat itu sedang berada di Kantor Jawa Hokokai.

4. Dokumentasi Proklamasi Nyaris Disita Jepang

Hasil dokumentasi proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia nyaris disita oleh Jepang. Akan tetapi, berhasil diselamatkan oleh Frans Mendur, seorang fotografer yang mengabadikan momen bersejarah ini.

Hasil rekaman proklamasi itu ditanam oleh tepat di bawah pohon yang ada di Harian Asia Raja, agar tak ditemukan oleh pihak Jepang.

5. Ir. Soekarno Sedang Sakit Saat Proklamasi Berlangsung

Pembacaan teks proklamasi oleh Bung Karno dilangsungkan saat dirinya dalam keadaan sakit malaria. Ia bahkan masih berada di rumahnya 2 jam sebelum proklamasi. Saat itu, Ir. Soekarno diberikan madu sehingga kesehatannya berangsur pulih. Tepat pada pukul 10.00 WIB, Bung Karno siap untuk menyatakan kemerdekaan indonesia dengan suara yang lantang.

Itulah lima fakta menarik seputar Hari Kemerdekaan Republik indonesia yang tak banyak diketahui orang. Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaranmu ya!

Tag : #proklamasi    #hari kemerdekaan    #pendidikan    #17 agustus    #soekarno    #sejarah   

Baca Juga