Profil dan Biodata Feby Putri, Lengkap Agama, Keluarga, Pendidikan, Single, dan Perjalanan Karier

Feby Putri (Foto: Instagram/@fbyputrinc)

PARBOABOA – Bagi para penikmat musik tanah air, nama Feby Putri pastinya sudah tidak asing lagi. Penyanyi sekaligus penulis lagu ini tengah digandrungi anak muda, karena suara merdu dan lirik lagunya yang indah.

Feby Putri adalah penyanyi wanita asal Makassar yang memiliki vokal merdu, serta lirik lagu yang mampu membangkitkan emosi para pendengarnya. Dia terkenal berkat video cover lagunya di akun YouTube miliknya.

Kepopulerannya dalam industri musik di awali dengan debut single pertamanya berjudul ‘Halu’ yang dirilis 2019 lalu.

Kesuksesan single pertamanya menarik perhatian seorang penulis dan musisi Fiersa Besari untuk berkolaborasi dengannya.

Lagu kolaborasi antara Feby dan Fiersa Besari menjadi lagu yang paling banyak didengarkan  dalam sejarah Spotify Indonesia dengan lebih dari 240 juta streaming.

Tak ayal hal tersebut membuat nama Feby Putri ramai di sosial media. Untuk mengenalnya, Parboaboa sudah merangkum profil dan biodata lengkapnya. Yuk, simak sampai habis!

Profil Feby Putri

Feby Putri Nilam Cahyani (Foto: Instagram/@fbyputrinc)

Feby Putri merupakan seorang penyanyi sekaligus penulis lagu berkebangsaan Indonesia yang lahir pada 5 Februari 2000 di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia dengan nama lengkap Feby Putri Nilam Cahyani.

Feby merupakan bungsu dari tujuh bersaudara, orang tuanya bernama Muhammad Djida (Ayah) dan Endang Suciaty (Ibu) yang berdarah Bugis. Ia tumbuh dan berkembang dalam keluarga yang menganut agama Islam.

Selain berprofesi sebagai penyanyi, bungsu dari tujuh bersaudara ini juga dikenal sebagai selebgram. Ia cukup aktif membagikan kesehariannya kepada para pengikutnya melalui akun Instagram-nya.

Kehadiran Feby dalam industri musik Indonesia ternyata mendapat perhatian positif dari khalayak ramai khususnya para pecinta musik. Perempuan berdarah Bugis ini membawa nuansa baru dalam musik Indonesia dengan lirik-lirik lagu yang melodius dan vokal yang khas.

Dilansir dari channel YouTube MOTION FM 975, Feby Putri sudah memiliki pacar dan kerap menemaninya saat manggung di beberapa tempat.

Bungsu dari tujuh bersaudara ini juga sempat melanjutkan kuliahnya di Universitas Bosowa jenjang S1 jurusan Ilmu Hubungan Internasional pada tahun 2018 namun, ia memutuskan untuk berhenti kuliah pada tahun yang sama.

Biodata Feby Putri

Feby Putri Nilam Cahyani (Foto: Instagram/@fbyputrinc)

Nama Asli : Feby Putri Nilam Cahyani

Nama Panggung : Feby Putri

Tempat Lahir : Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Tanggal Lahir : 05 Februari 2000

Umur : 23 tahun

Zodiak : Aquarius

Agama : Islam

Kewarganegaraan : Indonesia

Pekerjaan : Penyanyi, Penulis Lagu

Tahun Aktif : 2019 - sekarang

Tinggi Badan : -

Orangtua : Muhammad Djida (Ayah) dan Endang Suciaty (Ibu)

Saudara : -

Pasangan : -

Pendidikan : SMA Negeri 2 Makassar

Genre: Pop, Indie Pop, dan Folk

Akun Instagram : @fbyputrinc

Akun TikTok : @fbypnc

Channel YouTube : Feby Putri NC

Perjalanan Karier

Feby Putri Nilam Cahyani (Foto: Instagram/@fbyputrinc)

Sejak kecil, Feby telah memiliki ketertarikan dalam dunia musik. Video pertama kali dirinya bernyanyi diunggah saat ia masih duduk di kelas 3 SMP pada tahun 2014 di akun Instagram pribadinya, walaupun saat itu ia belum begitu aktif.

Ketika SMA, Feby mulai lebih sering mengunggah video cover lagu-lagu. Namun, perhatian besar dari netizen datang saat ia meng-cover lagu "Ramadhan Kareem" dengan menggabungkannya dengan melodi dari lagu "Love Yourself" milik Justin Bieber pada tahun 2016.

Pada awal tahun 2019, Feby memutuskan untuk mendirikan kanal YouTube dan mulai aktif sebagai kreator konten dengan meng-cover lagu-lagu. Salah satu cover yang mendapat banyak perhatian adalah lagu Celengan Rindu karya Fiersa Besari, yang telah ditonton lebih dari 50 juta kali.

Setelah sukses sebagai penyanyi cover, Feby kemudian membuktikan bakatnya dengan merilis single perdananya berjudul "Halu." Lagu ini merupakan ciptaannya sendiri dan berhasil mendapatkan respons positif dari penikmat musik Indonesia.

Lagu "Halu" yang diciptakan oleh Feby ternyata terinspirasi dari orang-orang yang menderita skizofrenia. Keberhasilannya dalam menyampaikan pesan melalui lagu ini membuat jutaan orang tergerak setelah menonton video klip-nya.

Perempuan berdarah Bugis ini akhirnya mengadakan tur pertamanya yang diberi nama "Showart 3600 Second Halu," dengan mengunjungi 23 kota di Indonesia. Tidak hanya menyanyi, Feby juga mengekspresikan bakat musikalisasi puisi dan tampil dalam pertunjukan lain seperti mini drama musikal dan pertunjukan seni pasir.

Setelah kesuksesan lagu "Halu," bungsu dari tujuh bersaudara ini kembali merilis single berjudul "Usik." Lagu ini mengisahkan tentang perjuangan seseorang untuk bangkit dari masa-masa sulitnya yang juga mendapat respon positif dari khalayak ramai.

Pada 9 April 2021, Feby kembali merilis lagu ketiganya berjudul "Cahaya." Prestasi Feby Putri semakin meningkat, pada 21 Januari 2022, ia meluncurkan album pertamanya dengan judul "Riuh."

Keberhasilannya dengan single "Halu" membawanya ke kolaborasi pertamanya dengan Fiersa Besari dalam lagu berjudul "Runtuh." Meski awalnya tidak mengira bahwa Fiersa akan menerima tawarannya, namun kolaborasi mereka berhasil dan keduanya terlibat langsung dalam proses penciptaan lagu ini.

Lagu "Runtuh" yang mereka bawakan ternyata sangat relate atau berhubungan dengan banyak orang khususnya para pasangan kaum muda-mudi, maka tak heran bila lagu ini berhasil mendapatkan tempat istimewa di hati para pendengarnya.

Prestasinya semakin terbukti dengan masuknya lagu ini dalam Top 50 lagu paling populer di Spotify, dengan mencapai lebih dari 240 Juta Streaming.

Album studio

  • Riuh rilis pada tanggal 21 Januari 2022 dengan label Bync Records

Album kompilasi

  • Masterpiece Maia Estianty rilis pada 15 Oktober 2020 dengan label Le Moesiek Revole

Single

  • Halu (2019)
  • Usik (2019)
  • Naradira (2020) bersama Luthfi Aulia)
  • Cahaya (2021)
  • Liar Angin (2021
  • Runtuh (2021) bersama Fiersa Besari

Sebagai Penyanyi yang Ditampilkan

  • Rindu Tak Bersuara (2019)

Serial web

  • Jalangkote Rasa Keju the Series (2018)

Penghargaan dan Nominasi

  • Pada 2022, Feby masuk nominasi Penghargaan Anugerah Musik Indonesia  dengan kategori Artis Solo Pria/Wanita Alternatif Terbaik.
  • Pada 2022, Feby masuk nominasi Penghargaan Anugerah Musik Indonesia  dengan kategori Karya Produksi Folk/Country/Balada Terbaik.
  • Pada 2022, Feby masuk nominasi Penghargaan Anugerah Musik Indonesia  dengan kategori Karya Produksi Kolaborasi Terbaik.

Itulah profil dan biodata Feby Putri, wanita muda berbakat yang berani mengekspresikan dirinya melalui lagu-lagunya yang begitu melodius. Nantikan profil dan biodata artis tanah air lainnya hanya di Parboaboa.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS