Maskot Piala Dunia 2022, Laeeb (Foto: FIFA)

Resmi! FIFA Resmikan Maskot Piala Dunia 2022

Michael | Sepakbola | 07-07-2022

PARBOABOA – Perhelatan Piala Dunia 2022 akan menjadi momen unik dalam sejarah turnamen bergengsi itu. Qatar menjanjikan berbagai pengalaman dan suguhan yang unik, yang mungkin akan sulit ditemui pada edisi Piala Dunia yang lain. 

Qatar sudah memperkenalkan pernik-pernik menjelang perhelatan Piala Dunia 2022. Tentu saja, maskot dan lagu resmi termasuk di antaranya.

FIFA mengungkapkan tentang maskot dan lagu resmi Piala Dunia 2022 pada 1 April 2022 di Doha, Qatar. Perkenalan maskot Piala Dunia 2022 ini melalui video animasi yang juga FIFA bagikan ke media sosial.

Dalam video berdurasi 4 menit 23 detik ini diungkapkan nama maskot resmi Piala Dunia 2022 adalah La'eeb. Cerita dalam video juga menjelaskan asal usul terciptanya maskot ini.

Karakter yang Menyenangkan dan Nakal

Jika dipandang sekilas La'eeb memiliki penampilan serupa ghutra, hiasan kain penutup kepala di Qatar. Namun, FIFA tidak menjelaskan secara ekplisit terkait bentuk dan membiarkan setiap orang menafsirkannya sendiri.

"La'eeb adalah karakter yang menyenangkan dan nakal yang berasal dari ruang virtual maskot, dunia paralel di mana semua maskot turnamen hidup," tulis FIFA.

"La'eeb bisa hadir dari imajinasimu. Dia bisa menjadi siapa pun sesuai dengan imajinasi pencinta sepak bola," lanjutnya.

FIFA menjelaskan maksud bisa menjadi apapun sesuai imajinasi seseorang. La'eeb bisa menjadi maskot yang bersifat berani, semangat, menyenangkan, nakal, muda, dan jiwa petualang.

Motto ‘Now is All’

Dalam video perkenalannya, La'eeb mengatakan telah hadir dalam setiap edisi Piala Dunia. Bahkan dia mengaku telah berkontribusi dalam setiap momen yang terjadi di turnamen empat tahunan ini.

La'eeb mengklaim membantu Maradona saat mencetak gol dengan tangannya ke gawang Inggris di Piala Dunia 1986. Kemudian membantu Robin van Persie melakukan sundulan melawan saat menghadapi Spanyol di Piala Dunia 2014.

Sementara jenis kelamin La'eeb belum secara eksplisit dinyatakan, FIFA menggambarkannya menggunakan kata ganti pria. Yang jelas tujuan La'eeb adalah jelas untuk membawa getaran positif dengan motto "Now is All".

Arti Nama La’eeb

FIFA menjelaskan arti nama La'eeb sebagai maskot Piala Dunia 2022. Pengertian La'eeb dalam bahasa Arab berarti pemain super terampil.

Sementara itu, Wakil Direktur Jenderal, Deputy Director General, Marketing, Communications and Tournament Experience, Supreme Committee for Delivery & Legacy, Khalid Ali Al Mawlawi yang pertama kali memperkenalkan La'eeb berharap dunia menyukai maskot ini.

"Kami senang untuk memperkenalkan La'eeb sebagai maskot resmi untuk Piala Dunia FIFA pertama di Timur Tengah dan dunia Arab. Dia berasal dari tempat yang tak tergambarkan. Kami mendorong semua orang untuk membayangkan seperti apa bentuknya,” kata Khalid Ali Al Mawlawi.
 

Tag : #fifa    #piala dunia 2022    #sepakbola    #maksot piala dunia 2022   

Baca Juga