Si Juki The Movie penghargaan Piala Citra untuk kategori Film Animasi Terbaik

Film Animasi Terbaik Karya Anak Bangsa yang Mendunia

rini | Hiburan | 02-10-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Film animasi adalah salah satu tontonan seru yang populer dan dapat ditonton bersama seluruh anggota keluarga. Ada banyak film animasi yang sudah populer sejak dulu, salah satunya animasi produksi dari Disney yang selalu menghiasi layar kaca, sebagai tontonan akhir pekan dan hari libur khususnya anak Indonesia.

Seolah tak ingin ketinggalan, animator asal Indonesia juga berjuang hebat untuk memproduksi film animasi lokal yang mampu bersaing dengan animasi buatan luar negeri.

Berikut ini Parboaboa rangkum daftar film animasi terbaik karya anak bangsa:

1. Si Juki the Movie (2017)

Film yang diadaptasi dari komik karya Faza Meonk ini menceritakan, Si Juki sebagai seorang selebriti terkenal. Suatu hari dia melakukan kesalahan sehingga membuatnya dimusuhi banyak orang.

Pada 2018, Si Juki the Movie meraih penghargaan Piala Citra untuk kategori Film Animasi Terbaik dan mendapat kesempatan kolaborasi bersama Spongebob Squarepants. 

2. Kiko and Friends

Film animasi berjudul Kiko and Friends ini bercerita mengenai petualangan dalam air karakter ikan mas koki yang bermutasi serta teman-temannya.

Film ini diproduksi oleh MNC Animation pada tahun 2016 pernah mendapatkan penghargaan Asian Academy Creative Award 2019. Tak hanya itu, "Kiko and Friends" telah ditayangkan di lebih dari 56 negara di dunia.

3. Candy Monster (2020)

Film animasi Candy Monster menceritakan tentang seorang anak bernama Chloe yang sangat menyukai permen. Tapi, sang nenek mempunyai aturan ketat yang harus dipatuhi olehnya.   Suatu hari, Chloe mencoba melanggar peraturan, ia dihantui kawanan monster yang akan mencuri permen-permen miliknya.

Film karya Universitas Multimedia Nusantara (UMN) ini pernah terlibat dalam Festival Film di Ceko dan tayang di Chaniartoon International Comic and Animation Festival 2020.

4. Knight Kris (2017)

Film ini bercerita tentang anak kecil yang bertualang untuk mencari lima keris yang telah terpisah.

Film ini berhasil memenangkan banyak pernghargaan seperti Piala Maya 2017 kategori Film Animasi Layar Lebar Terpilih 2017, penghargaan internasional Cartoon on Bay di Italia, penghargaan di London Independent Film Awards, Inggris, dan pemenang ajang Calcutta Film Festival di India.

5. Battle of Surabaya

Film ini bercerita seorang pemuda bernama Musa yang menjadi tukang semir sepatu sekaligus kurir bagi para pejuang di Surabaya saat peristiwa 10 November 1945.

Film animasi ini berhasil meraih penghargaan International Movie Trailer Festival 2013, Seoul International Cartoon and Animation Festival 2016, serta International Filmmaker Festival of World Cinema 2018.

Itu dia 5 film animasi terbaik karya anak bangsa yang sudah mendapat penghargaan di dunia perfiliman internasional. Sudah kamu menonton semuanya?

Tag : #hiburan    #animasi Indonesia    #mendunia    #terbaik    #tontonan anak   

Baca Juga