Mak Domu (Tika Panggabean) dan Pak Domu (Arswendi Nasution) (Foto: Imajinari via YouTube)

Bangga! Film Ngeri-Ngeri Sedap Terpilih Mewakili Indonesia ke Oscar 2023

Sari | Hiburan | 13-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Indonesia kembali mengirim perwakilannya untuk kategori The International Feature Film Award di ajang bergengsi Oscar 2023 atau Academy Awards ke-95. Kali ini, Film Ngeri-Ngeri Sedap terpilih untuk mewakili Indonesia.

Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022, yang diketuai Deddy Mizwar, kemudian beranggotakan Zairin Zain, Armantono, Cesa Davin Luckmansyah, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Niniek L Karim, Slamet Rahardjo, dan Yadi Sugandi.

Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 menyampaikan, Ngeri-Ngeri Sedap merupakan film Indonesia bergenre komedi yang kedua dikirim ke Oscar, film pertama adalah Nagabonar (1986).

"Namun, sejauh ini belum pernah berhasil memboyong pulang piala Oscar dari kompetisi yang diikuti film di seluruh dunia," kata Ilham Bintang, selaku anggota Komite dalam pernyataan mereka.

Pihak komite mengatakan, film-film yang terpilih merupakan hasil seleksi secara khusus yang dilaksanakan pada Senin (12/09/2022), dan dilanjutkan dengan diskusi dengan anggota juri.

Komite menyebut, dalam sesi ini hanya Garin Nugroho dan Yadi Sugandi yang tidak hadir. Sementara tujuh dari Sembilan anggota komite secara aklamasi memutuskan Ngeri-Ngeri Sedap untuk maju ke ajang Oscar 2023.

"Inilah maksimal yang dihasilkan Komite Seleksi Oscar Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film itu bisa berjaya di ajang Oscar," kata Deddy dalam pernyataannya.

Hasil keputusan Komite Seleksi Indonesia untuk Oscar ini terbilang mengejutkan, mengingat Ngeri-Ngeri Sedap belum pernah melaju pada festival film Internasional, sebelumnya seperti film berjudul Yuni (2021), Perempuan Tanah Jahanam (2019), Turah (2016), Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (2017), dan Kucumbu Tubuh Indahku (2018).

Hingga saat ini, Ngeri-Ngeri Sedap hanya tercatat sebagai penerima nominasi Festival Film Bandung (FFB). Dalam FFB 2022, film ini menuai banyak ulasan positif dari penerima lima nominasi, termasuk Film Bioskop Terpuji.

Sebagai informasi, film Ngeri-Ngeri Sedap merupakan film drama komedi yang berlatar belakang kuat dari keluarga Batak di Sumatera Utara (Sumut). Film ini diadaptasi dari novel bertajuk serupa, karya sutradara Bene Dion.

Cerita film ini berpusat pada tiga anak keturunan Batak yang merantau jauh dari Sumut, yakni Domu (Boris Bokir), Gabe (Lolox), dan Sahat (Indra Jegel). Sementara, anak perempuannya bernama Sarma (Gita Bhebhita) yang harus tinggal bersama orang tuanya, Pak Domu (Arswendi Nasution) dan Mak Domu (Tika Panggabean).

Suatu ketika, Pak Domu dan Mak Domu merindukan kehadiran anak-anaknya, mereka ingin berkumpul bersama, namun terhalang kesibukan anaknya di perantauan. Akhinya, mereka merancang skenario perceraian agar dapat mengumpulkan kembali keluarganya di kampung halaman.

Hingga saat ini, film Ngeri-Ngeri Sedap telah disaksikan lebih dari 2,8 juta penonton, dan menjadi film ketiga terlaris pada tahun ini.

Tag : #ngeri ngeri sedap    #oscar 2023    #hiburan    #tika panggabean    #film indonesia    #deddy mizwar   

Baca Juga