Fitur-fitur baru iOS 15

Fitur Eksklusif iOS 15 Ini Hanya Tersedia di iPhone XS ke Atas

Wanovy | Teknologi | 22-09-2021

Update iOS 15 menghadirkan segudang fitur baru untuk pengguna iPhone di seluruh dunia. Apple belum lama ini telah mengumumkan daftar perangkat iPhone yang akan mendapat update iOS 15. Mulai dari iPhone 6s sampai iPhone 12 Pro Max bakal kebagian update iOS 15 ketika sudah resmi dirilis.

Sayangnya, tak semua perangkat iPhone yang mendapat update bisa menikmati fitur iOS 15 secara utuh. Pasalnya terdapat beberapa fitur eksklusif yang hanya dapat dinikmati lewat perangkat iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone Xr dan yang lebih baru. Berikut ini fitur-fitur iOS 15 yang tersedia di iPhone XS hingga iPhone 13 yang dikutip dari MacRumors, Selasa (21/9/2021).

Fitur iOS 15 untuk iPhone XS hingga iPhone 13

  • Spatial Audio di Face Time

Pada saat memperkenalkan iOS 15, Apple menerangkan bahwa Spatial Audio di FaceTime akan memberi pengalaman conference call yang lebih baik.

Dengan fitur tersebut, pengguna dapat mendengar arah suara orang dalam conference call sesuai dengan posisinya. Fitur ini diklaim akan memberikan pengalaman video call yang lebih baik, seolah-olah suara lawan bicara ada di sekeliling pengguna.

  • Portrait Mode di Face Time

Fitur ini memungkinkan penguna membuat efek blur di latar belakang saat melakukan video call. Fitur ini hanya hadir di perangkat yang ditenagai chip A12 Bionic atau yang lebih baru.

  • Interactive Globe di Apple Maps

Fitur ini menampilkan Apple Maps dalam bentuk 3D interaktif. Apple juga meningkatkan detail obyek khusus seperti pegunungan, hutan, laut, dan sebagainya.

  • Immersive Walking Direction di Map

Fitur ini akan menuntun pengguna untuk menemukan jalan dengan teknologi realitas ganda (augmented reality).

  • Live Text Photos

Live Text menjadi fitur iOS 15 berikutnya yang hanya tersedia di iPhone XS ke atas.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyalin, mencari, hingga menerjemahkan teks di dalam foto secara langsung.

Live Text akan tersedia di Photos, ScreenShot, Quick Look, Safari, dan live previews di Camera.

  • Visual Look up

Dengan fitur ini pengguna bisa lebih mudah mencari informasi lebih lanjut melalui foto secara langsung. Pengguna cukup mengusap layar ke atas (swipe up) atau klik untuk menyoroti obyek tertentu dalam foto yang ingin dikulik lebih lanjut.

  • On-device Speech Processing

Fitur ini memungkinkan suara audio permintaan pengguna, seperti saat mengaktifkan Siri, diproses sepenuhnya di dalam iPhone menggunakan teknologi Apple Neural Engine.

  • Keys in Wallet

Pengguna bisa menambahkan berbagai kunci di satu perangkat, seperti kunci mobil, rumah, kantor dan sebagainya.

  • Background animasi di fitur Cuaca

Ada ribuan background (latar belakang) animasi di fitur Cuaca yang memposisikan matahari dan awan lebih akurat. Mungkin sepele, tapi pembaruan ini cukup menarik bagi sebagian pengguna.

Fitur iOS 15 untuk iPhone 12

  • Panorama

Fitur Panorama di iPhone 12 dan iPhone 12 Pro telah ditingkatkan dengan distorsi geometrik. Selain itu, pengambilan gambar obyek bergerak juga disebut lebih baik dari sebelumnya. Fitur ini juga akan mengurangi noise pada gambar.

  • Peningkatan koneksivitas 5G

Dengan koneksivitas 5G yang ditingkatkan, pengalaman akses beberapa sistem dan aplikasi akan ikut tertunjang

Misalnya dukungan pencadangan (backup) ke iCloud dan memulihkan cadangan dari iCloud, streaming audio maupun video di aplikasi Apple maupun pihak ketiga, mengunduh konten Apple TV+ berkualitas tinggi, dan masih banyak lainnya.

  • Prioritas 5G

Fitur ini memungkinkan perangkat memprioritaskan koneksivitas 5G ketika koneksi WiFi melambat atau ketika pengguna sedang terhubung ke jaringan yang tidak aman.

Fitur iOS 15 untuk iPhone 13

iOS 15 juga membawa beberapa fitur khusus yang akan hadir hanya di lini iPhone 13. Meskipun saat ini, iPhone 13 baru akan dijual secara global 24 September mendatang.

  • Photographic Styles.

Fitur ini akan memberikan tampilan personal di foto pengguna. Fungsinya seperti filter, tapi pengaturannya hanya diterapkan di area tertentu pada foto sambil tetap mempertahankan skin tone.

  • Cinematic Mode

Pengguna bisa menerapkan efek bokeh ke rekaman video dengan mengaktifkan mode ini.

Tag : #teknologi ios    #upgrade    #fitur baru    #iphone    #apple   

Baca Juga