Ilustrasi penggunaan sealt bealt pada mobil (dok:lifepal.co.id)

Mengenal Berbagai Fitur Keselamatan pada Mobil

Dimas | Otomotif | 10-05-2022

PARBOABOA, Jakarta – Sebelum membeli mobil baru, seharusnya Anda tidak hanya berpatok pada desain dan harga mobil. Sebab, ada hal lain yang mesti Anda perhatikan, salah satunya adalah fitur keselamatan pada mobil.

Fitur keselamatan pada mobil sangat penting untuk diperhatikan. Karena, hal ini akan berguna untuk meminimalisir risiko pengemudi dan penumpang mengalami kecelakaan yang parah. Selain itu, jika mobil dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap, tentu saja hal itu akan membuat Anda lebih tenang dan nyaman saat berkendara.

Saat ini, banyak pabrikan mobil yang mulai menyadari bahwa fitur keselamatan mobil sudah menjadi keharusan dan bukan lagi pilihan. Perubahannya pun sangat signifikan jika dibandingkan dengan era dua dekade lalu.

Untuk itu, berikut ini adalah fitur-fitur keselamatan pada mobil yang penting untuk Anda ketahui sebelum membeli mobil baru.

1. Airbag

Airbag atau yang lebih dikenal sebagai kantung udara adalah salah satu fitur keselamatan yang penting saat berkendara. Sebab airbag berfungsi sebagai pelindung pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan.

Umumnya, airbag akan mengembang dari bagian setir atau dari dashboard ketika mobil mengalami tabrakan dengan kecepatan 300 Km/Jam. Sehingga, kepala, leher, dan dada aman dari benturan.

Ketika kepala pengemudi telah mengenai airbag, kantung udara itu akan mengempis secara perlahan sehingga memungkinkan pengemudi selamat keluar dari mobil.

2. Seal Belt

Sealt bealt atau sabuk pengaman mungkin sudah tidak asing lagi terdengar dikalangan umum. Sabuk pengaman sendiri berfungsi sebagai penahan tubuh ketika terjadi kecelakaan agar Anda tidak terlempar dari mobil.

Maka dari itu, sangatlah penting untuk selalu menggunakan sabuk pengaman ketika berkendara.

3. Anti-lock Braking System (ABS)

Saat mobil dalam kecepatan tinggi, fitur ABS ini akan memudahkan pengemudi untuk mengendalikan mobil serta membantu Anda saat hendak melakukan pengereman mendadak.

Pada mobil yang tidak menggunakan ABS saat dilakukan pengereman mendadak kemungkinan besar roda akan terkunci dan mobil tergelincir. Berbeda dengan mobil yang menggunakan sistem ABS, sistem ini akan mencegah roda terkunci walaupun kamu melakukan pengereman mendadak, di kondisi hujan dan jalanan licin pun sistem ABS akan membantu mobil tidak tergelincir.

4. Electronic Stability Control (ESC)

ESC merupakan sistem keamanan yang dapat mencegah pengemudi kehilangan kontrol pada mobil saat dikendarai. Sebab, jika mobil kehilangan kontrol, sensor dan sistem komputerisasi yang ada pada ESC akan secara otomatis mengatur rem dan gas untuk memperlambat laju mobil agar mudah dikendalikan.

5. Otonom Emergency Braking (AEB)

Sistem AEB merupakan invovasi terbaru dalam keamanan komputerisasi pada mobil. Sistem AEB menggunakan kamera dan sensor untuk mendeteksi kecepatan dan jarak benda yang mendekat dengan mobil saat dikendarai.

Secara garis besar, Jika pengemudi tidak sadar dengan adanya potensi benturan, sistem AEB akan secara otomatis melakukan pengereman untuk menghalau benturan.

6. Blind Spot Monitoring (BSM)

Sistem BSM bekerja dengan menggunakan berbagai sensor otomatis yang bergun sebagai pendeteksi benda-benda yang ada di sekitar mobil. Jika ada kendaraan mendekati salah satu blind spot mobil maka sinyal mulai berubah, sistem peringatan untuk pengemudi akan menyala dengan ditandai lampu berkedip atau peringatan suara.

Fitur ini dinilai sangat penting, karena setiap kendaraan memiliki titik-titik buta, yakni daerah di sekitar mobil yang tidak bisa dilihat pengemudi ketika melihat ke depan atau menggunakan cermin.

7. Daytime Running Light (DRL)

DRL merupakan teknologi yang dibuat untuk menunjang keselamatan berkendara khususnya dari sektor visibiliti. Alat ini akan memancarkan cahaya yang akan menyala pada siang hari untuk memberi informasi kepada pengguna jalan lain.

8. Tire Pressure Monitoring System (TPMS)

TPMS merupakan fitur keselamatan mobil terbaru dan canggih yang disediakan beberapa pabrikan mobil. Fitur ini berfungsi sebagai pemantau tekanan angin pada ban. TPMS juga dinilai sangat membantu bila Anda malas melakukan pengecekan angin ban secara rutin.

Nah, itulah seputar informasi mengenai fitur-fitur keselamatan yang ada pada mobil. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #fitur keselamatan    #otomotif    #kecelakaan mobil    #Airbag    #sealt bealt   

Baca Juga