Flyboarding (Dok: yuktravel.com)

Flyboarding: Penjelasan, Cara Bermain, Lokasi dan Biayanya

Rahma | Olahraga | 06-06-2022

PARBOABOA - Flyboarding adalah salah satu permainan sekaligus olahraga air ekstrem yang diciptakan oleh seorang mantan atlet jetski profesional asal Perancis yang bernama Franky Zapata.

Permainan ini pertama kali diciptakan pada tahun 2012, dengan menggabungkan 4 jenis olahraga, yakni snowboard, ski air, jet ski dan acrobatic dive.

Permainan ini menggunakan alat bernama flyboard. Alat ini adalah sepasang sepatu menyatu dengan papan, yang sudah dilengkapi dengan mesin berteknologi canggih.

Flyboard memiliki cara kerja yang hampir sama seperti wakeboard, namun alat olahraga air menggunakan pipa sepanjang 18 meter yang dihubungkan ke turbin jet ski (PWC / personal water craft).

Cara kerja mesin ini cukup simpel, yakni mesin personal water craft akan menyerap air laut dengan daya sedot yang sangat besar.

 Kemudian mesin yang diberi nama Nozzle akan menyemburkan air laut keluar dari mesin, sehingga menghasilkan daya tekan yang sangat besar.

Nozzle yang berada di bawah kaki, bisa menerbangkan pengendaranya hingga mencapai ketinggian 10 meter di atas permukaan air.

Cara Bermain Flyboarding

Permainan ini memiliki peminat yang banyak loh! Hal ini disebabkan, karena olahraga air ini dapat memberikan sensai yang berbeda saat menikmati waktu berwisata di laut.

Selain itu, olahraga Flyboarding tidak terlalu menguras tenaga yang dapat membuat kamu menjadi kelelahan.

Disaat bermain, kamu hanya perlu menjaga keseimbangan tubuh agar tidak jatuh dan mengatur pola nafas sambil mengikuti arahan dari instruktur yang ada. Berikut cara bermain Flyboarding yang harus kalian ikuti!

1. Sebelum masuk ke air dan memulai permainan, pemain terlebih dahulu harus mempelajari arahan dari instruktur.

2. Setelah itu, barulah pemain akan diperbolehkan memasukkan kakinya ke dalam sepatu Flyboard dengan posisi tangan memegang handle yang telah disediakan.

3. Fungsi handle sebagai alat untuk menyeimbangkan tenaga jet air saat melayang terhadap posisi tubuh.

4. Ketika semua perangkat Flyboard sudah aman terpasang, maka pemain dapat melompat ke air dengan kaki diarahkan terlebih dahulu.

5. Ketika pemain masih berada di dalam air, maka pungung diusahakan dalam kedaan lurus dengan kaki berada di dalam air dan kepala di atas permukaan air.

6. Jika semua persiapan telah matang, maka mesin jetski akan mulai dinyalakan agar dapat menghasilkan tekanan tinggi melalui perangkat Flyboard.

7. Di saat itu, pengendara akan perlahan menyeimbangkan badan yang terangkat dari air dan melayang hingga ketinggian tertentu sesuai keinginan.

8. Saat sudah melayang di atas air inilah, keseimbangan tubuh sangat diperlukan. Usahakan tubuh disesuaikan dengan arah gerak Flyboard.

9. Usahakan tubuh dalam kedaan rileks dan hindari gerakan yang terlalu tergesa-gesa.

10. Ketika sudah mulai nyaman, barulah kuasai terbang dengan gerakan mundur dengan posisi tubuh agak dicondongkan kearah depan.

Itulah informasi mengenai permainan Flyboarding beserta cara bermainnya. Diketahui di Indonesia sendiri, wahana olahraga air ini hanya terdapat di Pantai Losari di Makasar dan Pantai Tanjung Benoa di Bali.

Sementara untuk Internasional, wahana air ini sudah ada di pantai Dubai di Uni Emirat Arab dan pantai Karibia yang berada di Benua Amerika.

Untuk mencoba wahana olahraga air ekstrem ini, kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam. Biaya yang dikeluarkan sekitar Rp700.000 sampai Rp1.200.000 untuk sekali bermain.

Tag : #flyboarding    #ekstrem    #olahraga    #permainan ekstrem    #olahraga air   

Baca Juga