Logo Serie A (Foto: Lega Serie A)

Format Baru Diberlakukan Mulai Serie A 2022/2023, Akan Ada Playoff Scudetto

Michael | Sepakbola | 29-06-2022

PARBOABOA – Ada yang baru di Serie A 2022/2023. Federasi Sepakbola Italia (FIGC) mengizinkan diberlakukannya Playoff Scudetto.

Selama ini, penentuan juara Serie A jika ada dua tim dengan poin sama adalah melalui rekor head to head semusim. Namun hal itu akan berubah mulai musim depan.

Sebab Presiden FIGC Gabriele Gravina baru saja menerima proposal Lega Serie A untuk memakai sistem Playoff apabila kondisi itu terjadi di musim depan.

Jika tidak ada lagi penentuan juara melalui head to head, selisih gol, jumlah gol, atau jumlah kebobolan. Sebab Playoff akan menentukan siapa yang berhak meraih Scudetto.

Format laganya adalah satu pertandingan selama 90 menit dan langsung masuk adu penalti apabila skor tetap imbang. Playoff hanya dipakai untuk menentukan juara Serie A.

Sementara untuk persaingan memperebutkan tiket Eropa dan degradasi masih memakai head to head. FIGC memakai format ini agar persaingan lebih sengit dan menarik penonton lebih banyak.

Faktanya sepanjang sejarah Serie A, baru sekali  penentuan juara dilakukan lewat Playoff pada Juni 1964, saat Bologna mengalahkan Inter Milan 2-0. 
 

Tag : #liga italia    #serie a    #sepakbola    #ac milan    #inter milan    #juventus    #bologna   

Baca Juga