Tombol fitur Cruise Control mobil (Dok: suara.com)

Mengenal Fungsi dan Cara Menggunakan Fitur Cruise Control Mobil

Dimas | Otomotif | 14-07-2022

PARBOABOA – Pada mobil keluaran terbaru, beragam fitur canggih telah disematkan untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Salah satu fitur canggih yang sangat populer saat ini adalah fitur Cruise Control.

Cruise Control merupakan sebuah perangkat elektronik untuk mengunci pedal gas pada kecepatan tertentu. Dengan fitur ini, para pengendara bisa melepaskan kaki dari pedal gas, namun mobil akan tetap berjalan pada kecepatan yang telah diatur pada Cruise Control.

Awal Kemunculan Fitur Cruise Control

 Keberadaan fitur cruise control memang sedang populer dalam dunia otomotif, tetapi fitur yang satu ini ternyata sudah ditemukan sejak lama. Penemu cruise control sendiri adalah seorang teknisi tunanetra asal Amerika yang bernama Ralph Teetor.

Adapun alasan utama Ralph dalam menciptakan fitur ini karena keterbatasan fisik yang menyebabkan dirinya tidak bisa mengemudikan mobil. Selain itu, kemunculan fitur cruise control dikabarkan terjadi akibat dari rasa jengkel Ralph kepada sopirnya yang terlalu lambat mengemudikan mobil.

Oleh karena itu, akhirnya Ralph pun mencoba untuk menciptakan sebuah teknologi yang bisa berfungsi untuk mengatur kecepatan mobil menjadi stabil, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat. Setelah melakukan sejumlah percobaan, Ralph kemudian berhasil menciptakan teknologi tersebut dan mematenkannya pada tahun 1948.

Usai dipatenkan, sekitar satu dekade kemudian,  perangkat tersebut lalu disempurnakan dan dipasang pada mobil-mobil komersial. Tahun 1958, mobil pertama dengan fitur cruise control dihadirkan pada Chrysler Imperial, New Yorker, dan Windsor. Dua tahun setelahnya, Cadillac menjadikan fitur ini sebagai bawaan standar mobil.

Hingga saat ini, perangkat ini mulai banyak ditemukan pada mobil keluaran terbaru, terutama segmen mobil mewah.   

Fungsi Cruise Control

Fungsi cruise control adalah penahan pedal gas otomatis ketika berkendara dengan kondisi jalan lurus dan panjang. Fitur canggih ini menawarkan kenyamanan sekaligus kemudahan ketika pengemudi berada di jalan tol.

Cruise control akan menjaga kecepatan mobil di angka yang sudah diatur tanpa menuntut pengemudi menahan pedal gas. Sederhananya, mobil akan berjalan semi autopilot dengan adanya fitur yang menahan pedal gas untuk pengemudi.

Sebagai contoh, ketika pengemudi berkendara di jalan lurus dan lengang, seperti tol, secara otomatis pedal gas harus tetap ditahan agar mobil dapat berjalan. Namun dengan adanya fitur ini, para pengemudi pun bisa melepaskan kaki dari pedal gas dan mobil bisa melaju denga kecepatan yang konstan.

Cara Menggunakan Fitur Cruise Control Mobil

Penggunaan dari cruise control cukup mudah. Biasanya, fitur ini bisa diaktifkan ketika mobil melaju dalam kecepatan 60 km/jam sampai dengan 80 km/jam. Pengemudi dapat mengaktifkan fitur cruise control dengan menekan tombol yang ada pada kemudi. Ketika fitur cruise control sudah aktif, lepaskan pedal gas secara perlahan.

Umumnya, mobil dengan fitur cruise control juga dilengkapi dengan sensor. Sensor ini dapat mendeteksi jarak dengan kendaraan di depan. Maka dari itu, jika kendaraan yang berada di depan Anda sedang mengurangi laju kecepatan, maka mobil Anda juga bakal melambat secara otomatis.

Nah, itulah seputar informasi mengenai fungsi dan cara menggunakan fitur cruise control pada mobil. Perlu diingat, jika Anda ingin mengaktifkan fitur ini, pastikan Anda mengaktifkannya saat kondisi jalan tidak terlalu padat atau macet guna meminimalisir risiko kecelakaan. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #cruise control mobil    #otomotif    #fitur canggih   

Baca Juga